image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Bahaya Lemak Di Perut - Orang yang gemuk atau kurus pastinya memiliki lemak pada bagian peru, bahkan ada juga pada perut yang rata. Hal ini adalah normal, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui tentang lemak pada bagian perut.

Lemak Di Perut

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahBahaya Lemak Di Perut Orang yang gemuk atau kurus pastinya memiliki lemak pada bagian peru, bahkan ada juga pada perut yang rata. Hal ini adalah normal, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui tentang lemak pada bagian perut.

Umumnya lemak berada tepat dibawah kulit kalian. Lemak lainnya berada di bagian lebih dalam, di sekitar jantung, paru-paru dan organ lainnya. Lemak yang lebih dalam ini juga disebut lemak visceral, yang mungkin menjadi masalah besar bahkan untuk orang kurus.

Bahaya Lemak di Perut Terlalu Banyak

Lemak di perut adalah salah satu contoh lemak visceral yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak ini memberikan bantalan untuk organ-organ penting dalam tubuh. Tetapi jika kalian memiliki terlalu banyak lemak visceral, termasuk lemak yang ada di perut, kalian mungkin cenderung mengalami:

  • tekanan darah tinggi
  • diabetes tipe 2
  • penyakit jantung
  • demensia

kanker tertentu (termasuk kanker payudara dan kanker usus besar)
Lemak selalu berdiam di bawah kulit. Jika berat badan kalian berlebih, tubuh kalian akan mulai menyimpan lemak di area yang tidak biasa.

Bagaimana cara mengetahui apakah lemak di perut berlebih atau tidak?

Cara yang mudah untuk melihat lemak visceral yang kalian miliki adalah dengan CT scan atau MRI. Tapi ada cara yang lebih mudah dan murah untuk memeriksanya. Ambil meteran pengukur, lilitkan di sekitar pinggang kalian pada bagian pusar, dan lihat berapa lingkar perut Anda. Lakukanlah dalam keadaan berdiri.

Standar ukuran lemak perut bisa dilihat dari ukuran pinggang kalian yang tidak lebih dari 89 cm untuk wanita, dan lebih dari 101 untuk pria. Memiliki tubuh berbentuk pir (pinggul dan paha besar bagian atas tubuh, yakni perut, lebih kecil) dikatakan lebih sehat daripada bentuk tubuh apel (lebar pinggang dan pinggul sama besar mirip tanpa lekukan).

Lemak visceral di tubuh orang kurus

Berapa banyak lemak visceral yang kalian miliki juga diakibatkan oleh gen kalian, dan beberapa lagi diakibatkan gaya hidup, khususnya oleh seberapa aktif diri kalian. Lemak visceral menumpuk pada orang yang pasif dan jarang bergerak.

Dalam sebuah penelitian, orang kurus yang menjaga diet mereka akan tetapi tidak berolahraga mungkin memiliki banyak lemak visceral. Kunci untuk sehat adalah untuk tetap aktif bergerak dan melakukan pola gaya hidup sehat, tidak peduli seberapa besar ukuran tubuh Anda.

Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Diet :Tidak ada diet instan untuk lemak di perut. Tetapi ketika kalian menurunkan berat badan dengan diet apa pun, lemak perut biasanya adalah yang pertama menghilang. Cobalah makanan berserat. Beberapa penelitian mengatakan bahwa pada orang yang makan 10 gram serat per hari.

Penumpukan lemak visceral-nya dari waktu ke waktu lebih rendah daripada yang lain. Untuk melakukan hal ini paling sederhana, seperti memakan dua buah apel kecil, secangkir kacang hijau, atau setengah cangkir kacang kedelai dalam sehari.

Stres: Setiap orang pernah dan mungkin sering merasakan stres. Tetapi bagaimana cara kalian menanganinya, itulah yang penting. Hal terbaik yang bisa kalian lakukan adalah bersantai dengan teman dan keluarga, bermeditasi, berolahraga, dan melakukan konseling.

Cukup Istirahat: Memiliki waktu istirahat yang cukup dapat membantu mengecilkan jumlah lemak di perut Anda. Dalam penelitian, orang yang tidur sekitar 6 sampai 7 jam per malam memiliki lebih sedikit lemak visceral, lebih dari 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang istirahat 5 jam atau kurang dari per malam, atau 8 jam atau lebih per malam.

Olah Raga: Olahraga rutin akan mengurangi semua lemak, termasuk lemak visceral. Lakukan minimal 30 menit olahraga ringan, paling tidak 5 hari seminggu. Jalan santai keliling perumahan juga bisa, ini membuat kalian berkeringat dan bernapas lebih berat, dengan detak jantung akan lebih cepat dari biasanya.

Leave a Reply