image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

lactic acid adalah

6 Manfaat Lactic Acid untuk Wajah yang Perlu Diketahui

Eva Mulia ClinicBeberapa belakangan ini, Lactic acid atau asam laktat menjadi primadona di industri produk perawatan wajah. Lactic acid masuk kedalam golongan alpha-hydroxy acid (AHA) yang berasal dari sejumlah sumber alami, seperti pada produk susu fermentasi. Jenis asam ini makin banyak digunakan pada beberapa produk perawatan wajah. Mulai dari pembersih wajah, eksfoliator, hingga lotion. Berikut ini beberapa manfaat lactic acid yang digunakan sebagai bahan pembuatan skincare.

Manfaat Lactic Acid Untuk Kulit Wajah

lactic acid adalah

1. Melembapkan Kulit

Manfaat lactic acid untuk wajah mampu melembabkan kulit wajah. Lactic acid sering kali dibandingkan dengan asam glikolat yang masuk ke dalam golongan AHA dan banyak digunakan diberbagai produk perawatan wajah. Bedanya, lactic acid mampu melembabkan kulit dan jarang sekali menyebabkan iritasi kulit. Sehingga mampu meminimalkan terjadinya kemerahan pada wajah.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat lactic acid untuk wajah yang kedua yaitu mengangkat sel kulit mati di bagian kulit lapisan terluar (epidermis). Sehingga membantu mengatasi kulit yang kusam dan kasar, baik itu dari paparan polusi, sinar UV maupun penggunaan produk perawatan wajah yang tidak tepat.

Selain itu, lactic acid juga bisa meningkatkan regenerasi jaringan sel, untuk membuat kulit menjadi lebih muda, halus, dan bersinar. Maka tak heran, lactic acid digunakan sebagai salah satu bahan favorit di Korea Selatan, yang kini tengah mengikuti tren glowing skin.

3. Mengatasi Hiperpigmentasi

Bagi Anda yang memiliki warna kulit wajah yang tidak rata, penggunaan bahan yang mengandung lactic acid bisa dijadikan solusi untuk mengatasinya. Asam ini mampu mengatasi hiperpigmentasi dan tanda-tanda lain yang menyebabkan warna kulit tidak merata. Seperti bintik hitam serta bercak-bercak. Lactic acid juga bisa mencerahkan warna kulit dan menyamarkan pori-pori.

4. Mengencangkan Kulit

Produk yang mengadung lactic acid ini mampu memperbaiki tekstur kulit melalui proses pengelupasan kulit. Sehingga bisa mengurangi bekas jerawat, kerutan, dan garis-garis halus yang sering dikaitkan dengan penuaan kulit. Selain itu, asam ini juga bisa membantu produksi kolagen di kulit wajah hingga membuat kulit terasa lebih kencang.

5. Menutrisi Kulit Kering

Beberapa produk krim atau lotion yang memasukan bahan asam laktat mampu menutrisi kulit kering. Asam ini juga mampu mengikat air dengan cara meningkatkan produksi minyak alami di kulit. Hal ini bisa membantu kulit tetap lembab dan lentur. Bagi pemilik kulit kering, produk-produk dengan kandungan lactic acid bisa masuk ke dalam daftar wajib produk perawatan wajahmu.

6. Cocok Digunakan Semua Jenis Kulit

Berbeda dengan glycolic acid yang memiliki kandungan asam lebih berat, lactic acid cukup aman digunakan untuk semua jenis kulit. Mulai dari kulit normal, berjerawat, ataupun sensitif. Jenis asam ini punya kadar asam yang lebih lembut.

Jadi, apakah produk perawatan wajahmu sudah mengandung lactic acid ?

Baca juga: 5 Manfaat Tranexamic Acid untuk Kulit

Leave a Reply