image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Perbedaan Jerawat dan Biang Keringat

Apa Sih Perbedaan Jerawat dan Biang Keringat? Yuk Cari Tau!

Perbedaan jerawat dan biang keringat- Masih banyak orang yang merasa bingung dengan perbedaan jerawat dan biang keringat. Sebab keduanya merupakan masalah kulit yang menjadi sesuatu menakutkan bagi setiap orang. Jerawat dan biang keringat adalah masalah kulit yang sama-sama disebabkan karena adanya penyumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit.

Keduanya juga sangat mudah dilihat sehingga bukan hanya dampak psikologis akibat jerawat saja yang ditimbulkan namun ternyata biang keringat juga bisa menurunkan kepercayaan diri untuk beraktivitas sehari-hari. Belum lagi dengan efek samping biang keringat dan jerawat yang ditimbulkan dengan memberikan rasa tidak nyaman.

Sama halnya dengan perbedaan jerawat dan komedo, jerawat dan biang keringat juga berbeda di beberapa hal. Apa saja perbedaan jerawat dan biang keringat tersebut disamping sama-sama merupakan masalah kulit yang ditakuti? Simak ulasan berikut ini mengenai perbedaan jerawat dan biang keringat.

Perbedaan Jerawat dan Biang Keringat

Perbedaan Jerawat dan Biang Keringat

1. Penyebab

Jerawat dan biang keringat memang sama-sama disebabkan oleh sumbatan pada pori-pori kulit. Tetapi, beberapa penyebab tersumbatnya pori-pori kulit yang menimbulkan jerawat dan biang keringat berbeda. Penyebab utama dari jerawat yaitu karena adanya penyumbatan pori-pori kulit oleh produksi minyak berlebih yang terperangkap bersama dengan tumpukan sel kulit mati dan bakteri penyebab jerawat. Nah, produksi minyak berlebih pada kulit  ini biasanya disebabkan karena adanya perubahan hormon penyebab jerawat di dalam tubuh yang tidak stabil.

Sedangkan biang keringat lebih disebabkan karena adanya produksi sebum atau minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kulit bersama dengan sel-sel kulit mati dan kotoran. Sama seperti yang di alami anak kecil saat kelenjar keringat masih belum terbentuk secara sempurna dan mudah pecah, maka mudah terperangkap di bawah kulit. Untuk itulah, , anak kecil lebih sering mengalami biang keringat dibanding dengan orang dewasa. Dengan kata lain, orang-orang yang mudah berkeringat berlebih maka lebih mudah pula mengalami biang keringat.

2. Bentuk

Perbedaan antara jerawat dan biang keringat dapat dilihat dari bentuk keduanya. Biasanya jerawat akan muncul dalam bentuk benjolan di kulit yang cukup terlihat oleh mata,  Apalagi jika jerawat yang timbul mengalami peradangan sehingga bentuknya akan merah membesar. Ada juga jerawat yang berbentuk besar dan bintik putih berisi nanah didalamnya. Berbeda dengan jerawat, biang keringat biasanya akan muncul dalam bentuk bintik-bintik kecil yang bergerombol. Jika dibandingkan dengan jerawat, maka bentuk biang keringat lebih kecil. Jika tidak terlalu diperhatikan secara dekat juga biasanya biang keringat tidak terlalu terlihat.

3. Tempat Kemunculan

Perbedaan jerawat dan biang keringat selanjutnya adalah dimana keduanya biasanya timbul dibagian badan. Dimana jerawat dapat timbul dimana saja, tetapi lebih sering timbul di bagian wajah. Sebagian besar orang biasanya akan mengeluh karena jerawat muncul dibagian wajah yang mudah terlihat, seperti hidung, bibir, dagu, dan bagian wajah lainnya.

Berbeda dengan jerawat, biang keringat biasa nya akan muncul dibagian-bagian tumbuh yang tertutup dan mudah berkeringat. Beberapa diantaranya seperti bagian leher, dada, daerah sekitar ketiak, pangkal paha, dan bagian tubuh lainnya. Tapi banyak pula kasus dimana biang keringat muncul didaerah dahi, hal ini juga yang sering menyebabkan orang bingung apakah itu jerawat atau hanya biang keringat.

4. Jumlah Kemunculan

Jumlah kemunculan jerawat dan biang keringat juga berbeda, dimana biasanya jerawat hanya akan muncul dalam jumlah satu atau dua saja, sedangkan biang keringat muncul dalam jumlah yang banyak dan bergerombol. Walaupun begitu, namun tidak jarang pula seseorang mengalami jerawat dalam jumlah yang cukup banyak dan juga bergerombol, hanya saja kasus seperti ini jarang terjadi atau tidak umum. Keduanya memang memiliki jumlah yang berbeda, namun keduanya biasanya akan menimbulkan warna kemerahan pada kulit sekitarnya.

5. Efek Samping

Perbedaan jerawat dan biang keringat yang terakhir adalah efek samping yang ditimbulkan oleh keduanya. Dimana jerawat biasanya akan menimbulkan rasa nyeri saat jerawat meradang, dan juga rasa gatal disekitar jerawat. Belum lagi jerawat juga dapat menimbulkan flek hitam bekas jerawat pada kulit yang juga sulit untuk dihilangkan. Sama halnya dengan jerawat, biang keringat juga dapat menimbulkan rasa gatal dan perih. Hanya saja dalam kasus biang keringat yang lebih serius, biang keringat dapat mengganggu mekanisme panas dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan demam.

Itulah beberapa perbedaan jerawat dan biang keringat secara umum, semoga bermanfaat.

Baca juga: Berbagai Macam Skincare Memiliki Kandungan Salicylic Acid untuk Jerawat

Leave a Reply