image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat soda kue

Ini 6 Manfaat Soda Kue untuk Wajah!

Eva Mulia – Soda kue atau baking soda adalah bahan yang digunakan untuk mengembangkan kue. Tetapi, selain digunakan untuk pembuatan kue, ternyata soda kue juga diklaim mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan. Bagi para pencinta masker DIY pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan soda kue untuk wajah. Biasanya soda kue ini digunakan sebagai bahan masker atau scrub wajah alami. Cara membuatnya cukup dikombinasikan dengan bahan lain atau cukup dicampurkan dengan air. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan setelah mengaplikasikan soda kue di wajah? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Manfaat Soda Kue untuk Wajah

manfaat soda kue

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat soda kue untuk wajah yang pertama adalah mempu mencerahkan warna kulit. Soda kue bisa dijadikan sebagai ekfoliator yang akan membantu mencerahkan dengan cara mengangkat sel kulit mati. Ada bisa mencampurkan baking soda dengan perasan lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Vitamin C yang ada pada lemon berguna untuk mengontrol produksi melanin pada kulit.

2. Mengangkat Komedo

Manfaat soda kue untuk wajah yang kedua adalah bisa mengangkat komedo. Anda bisa menggunakan soda kue sebagai scrub di bagian hidung. Tujuannya yaitu untuk mengeluarkan komedo ke permukaan kulit. Kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antifungal dalam soda kue bertujuan untuk mencegah komedo tidak kembali lagi.

3. Meredakan Gatal dan Iritasi

Sifat antiinflamasi dan antibakteri dari soda kue juga mampu meredakan gatal dan iritasi. Bukan hanya berguna untuk wajah, tapi manfaat soda kue juga bisa digunakan untuk seluruh kulit tubuh kita. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air, lalu aplikasikan kedua bahan tersebut pada bagian kulit yang terasa gatal dan terkena iritasi

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat yang sudah hilang sering meninggalkan bekas yang sangat mengganggu di wajah berupa flek hitam. Soda kue dipercaya dapat mengurangi flek hitam tersebut. Manfaat soda kue untuk wajah yang satu didapatkan dari sifat soda kue yang bisa menjadi eksfoliator.

Terkadang jerawat yang sudah hilang sering meninggalkan bekas diwajah berupa flek hitam. Soda kue diklaim bisa mengurangi flek hitam tersebut. Anda bisa menggunakan baking soda sebagai scrub wajah alami berjerawat. Jika Anda menggunakannya secara rutin, ini akan membatu menggangkat sel kulit mati. Sehingga kulit baru pun akan tumbuh dan bekas jerawat akan ikut tersamarkan.

5. Mengatasi Sunburn

Tidak hanya membuat kulit menghitam, sunburn juga bisa membuat kulit kering dan gatal. Salah satu solusi untuk mengatasi sunburn yaitu dengan menggunakan soda kue. Sifat antiinflamsinya dalam baking soda mampu mengatasi masalah kulit akibat sunburn tersebut. Cara menggunakannya, cukup campurkan soda kue dengan air dingin hingga membentuk pasta. Oleskan masker tersebut pada bagian kulit yang mengalami sunburn. Biarkan masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Anda akan merasakan sensasi dingin di kulit saat menggunakan masker tersebut.

6. Mengatasi Kulit Bersisik

Manfaat soda kue untuk wajah yang terakhir yaitu bisa mengatasi kulit bersisik. Kulit bersisik terjadi akibat penumpukan sel kulit mati. Cara menggunakannya yaitu cukup mencampurkan baking soda dengan air. Kemudian aplikasikan bahan tersebut pada wajah. Masker baking soda ini mampu untuk mengelupakan sisik yang ada di kulit.

Baking soda memang merupakan bahan yang sangat berguna untuk kecantikan. Tetapi bukan berarti Anda dapat menggunakan soda kue dengan bebas untuk wajah Anda. Terdapat beberapa penelitian yang menyarankan untuk tidak menggunakan baking soda untuk kulit wajah karena baking soda merupakan bahan yang cukup keras untuk kulit.

Baca juga: Cara Menggunakan Mandelic Acid untuk Exfoliating Berdasarkan Jenis Kulit

Leave a Reply