Eva Mulia - Perawatan Wajah - Bahan Alami Mengatasi Flek Hitam - Cara alami dalam menghilangkan flek hitam banyak sekali dicari anak muda dan remaja yang mengalami masalah kepercayaan diri karena jerawat pada wajahnya. Biasanya ini membuat minder setiap orang yang engalaminya.

Ketahui! Inilah Munculnya Jerawat pada Remaja

Evamuliaclinic – Jerawat pada Remaja – Jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum. Ini sering dimulai selama masa pubertas dan sangat umum antara usia 12 dan 24. Jerawat yang muncul dapat berkisar dari ringan sampai parah dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri remaja.

Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah timbulnya jerawat. Namun, harus dipahami bahwa pola makan tidak secara langsung bertanggung jawab atas timbulnya jerawat. Ini hanya terjadi jika anak memiliki kulit sensitif atau terlalu keras.

Kesehatan usus yang buruk dan kurangnya eliminasi yang tepat juga merupakan faktor yang menyebabkan makanan tertentu menyebabkan jerawat.

Di sini, evamuliaclinic.com telah merangkum beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat pada remaja. Simak ulasannya berikut ini!

Gula

Selain gula putih yang sering digunakan di rumah, juga sering dijumpai dalam bentuk lain, seperti soda, jus buah kemasan, madu, dan makanan berkarbohidrat olahan.

Sebuah studi 2012 di Journal of European Academy of Dermatology and Venereology menunjukkan bahwa gula cepat diserap ke dalam aliran darah, yang meningkatkan kadar gula anak.

Kadar insulin ini juga mendorong kelebihan gula ke dalam sel-sel tubuh, yang pada gilirannya menyebabkan jerawat.

Produk susu

Menurut penelitian bertajuk “Konsumsi Susu pada Remaja Dengan dan Tanpa Jerawat” yang dilakukan pada remaja menunjukkan bahwa konsumsi susu rendah lemak dan susu skim dapat menyebabkan peningkatan jerawat.

Namun, dilansir skinkraft.com, hubungan antara susu dan jerawat masih perlu penelitian lebih lanjut. Jika Anda melihat jerawat setelah anak Anda mengonsumsi susu, yang terbaik adalah mengurangi atau menghindari pemberian produk susu.

Makanan cepat saji

Remaja yang makan makanan cepat saji atau junk food dalam jumlah besar, seperti hamburger dan kentang goreng, diketahui meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut tentang hubungan jerawat antara makanan cepat saji dan bahan-bahan yang dapat memicu jerawat.

Cokelat

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Aesthetic Dermatology (JCAD), konsumsi cokelat tanpa pemanis 100% ditemukan menyebabkan peningkatan jerawat yang signifikan pada subjek pria.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa makan cokelat, yang biasanya mengandung susu dan gula, meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab jerawat.

Biji-bijian olahan

Biji-bijian olahan atau tepung putih halus biasanya ditemukan dalam roti, pasta, sereal, dan bihun. Menurut foodrevolution.org, makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi dan meningkatkan gula darah.

Insulin membuat hormon androgen lebih aktif, yang mempercepat pertumbuhan sel dan produksi sebum, yang menyebabkan jerawat.

Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-6

Jenis diet barat dengan cornflake, minyak kedelai, dll diketahui meningkatkan risiko jerawat karena mengandung asam lemak omega-6, yang bersifat inflamasi. Jika anak Anda sudah memiliki kulit sensitif, mengonsumsi makanan ini bisa membuat anak lebih sensitif.

Daging tanpa lemak dan protein hewani

Jika anak remaja Anda memiliki jerawat yang cukup besar yang berwarna merah tua dan muncul di sepanjang rahang dan leher, selain di pipi. Hal ini bisa terjadi karena konsumsi daging yang berlebihan seperti ayam dan kambing.

Daging merah juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat, meski saat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Makanan berlemak

Makanan yang digoreng atau makanan seperti burger, kentang goreng, chicken nugget, dll tinggi lemak dan juga mengandung lemak berlebih pada dagingnya. Kelebihan minyak dan lemak dapat menyebabkan jerawat.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa memicu munculnya jerawat. Setiap remaja memiliki pemicu yang berbeda-beda tergantung dari jenis masalahnya. Untuk alasan ini, penting untuk mengamati bagaimana kulit bereaksi terhadap makanan yang berbeda.

Jika jerawat muncul segera setelah makan salah satu makanan yang disebutkan di atas, anak Anda dapat memilih untuk mengurangi atau menghindarinya sama sekali.

Seperti halnya jerawat yang harus dihindari untuk dicegah, ada juga makanan yang bisa dikonsumsi anak-anak untuk memastikan kulit mereka bersih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.