Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Jerawat Menstruasi Dan Cara Mnegatasinya - Penyebab jerawat saat menstruasi adalah hormon estrogen dan hormon testosteron yang berkembang selama masa haid tersebut. Ketika menstruasi mulai dialami oleh remaja putri yang sudah mulai menginjak usia dewasa.

Mengapa Jerawat pada Remaja Tak Kunjung Hilang?

Eva Mulia Clinic – Jerawat pada Remaja Tak Kunjung Hilang – Jerawat merupakan masalah yang paling sering menyerang remaja pada masa pubertas. Jika anak remaja ┬ámemiliki jerawat, mereka mungkin sudah mencoba semua jenis produk untuk membersihkan kulitnya. Namun tak jarang jerawat tak kunjung hilang dan terus bermunculan.

Jerawat yang selalu muncul seringkali membuat frustasi para remaja yang akhirnya mencoba mengingatnya. Padahal memencet jerawat bisa menimbulkan bekas atau bopeng yang membuatnya sulit untuk dihilangkan.

Untuk mengatasi masalah jerawat, penting untuk mengetahui penyebab jerawat remaja tidak kunjung keluar.

Di sini, evamuliaclinic.com akan membahas tentang lima alasan mengapa jerawat menjadi sulit dihilangkan dan terus muncul bahkan setelah menggunakan perawatan. Yuk simak informasinya!

1. Remaja belum paham penyebab jerawat

Salah satu masalah terbesar dengan remaja dengan jerawat adalah bahwa mereka tidak memahami jerawat mereka, seperti apa, mengapa itu terjadi, dan apa yang membuatnya lebih buruk atau lebih baik.

Jerawat terjadi sekitar masa pubertas ketika kelenjar sebaceous, yang memproduksi sebum, mulai berfungsi. Ketika terlalu banyak sebum diproduksi, minyak dapat menyumbat pori-pori dan folikel rambut, memungkinkan bakteri penyebab jerawat tumbuh.

Tidak hanya remaja putri, remaja laki-laki juga sering mengalami masalah yang sama. Jadi, jika anak remaja sedang menjalani perawatan kulit dan masih belum terlatih menggunakan toilet, ia harus memeriksa asupan makanannya.

Secara khusus, produk susu dan makanan diketahui menyebabkan masalah pada penderita jerawat yang juga memiliki efek negatif pada kulit.

2. Remaja tidak mengikuti program pengobatan yang tepat

Produk bebas yang efektif untuk jerawat termasuk asam salisilat dan benzoil peroksida. Asam salisilat bertindak sebagai exfoliant, membersihkan pori-pori dari bakteri yang menyumbat folikel dari sebum berlebih, sekaligus menghilangkan iritasi.

Benzoil peroksida telah terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat. Ketika digunakan bersama-sama, kedua bahan ini dapat membantu membersihkan kulit dalam beberapa minggu.

Ada sejumlah pembersih, krim, dan gel yang dapat digunakan untuk merawat kulit anak remaja yang sedang dipersiapkan. Ikuti petunjuknya agar anak remaja tidak menyalahgunakannya. Plus, dapatkan informasi lengkap tentang bahan-bahan yang digunakan dalam produk perawatan kulit remaja.

3. Remaja menggunakan produk secara berlebihan

Dalam hal merawat kulit, anak remaja mungkin berpikir bahwa semakin banyak produk, semakin cepat perawatannya. Dengan demikian, anak remaja dapat menggunakan beberapa perawatan beberapa kali sehari atau mencampur produk yang berbeda dalam satu penggunaan.

Namun, menggunakan terlalu banyak justru dapat memperbaiki kondisi kulit remaja. Anak remaja-anak remaja tidak boleh menggunakan lebih dari satu produk salisilat atau benzoil peroksida pada wajah sekaligus dan tentu saja tidak dengan Retin-A atau produk resep lainnya.

Juga, pilih produk perawatan kulit khusus remaja yang dirancang hanya untuk kulit remaja, karena persentase produk perawatan kulit dewasa mungkin terlalu keras untuk remaja.

4. Remaja tidak konsisten menggunakan perawatan kulit atau mengganti perawatan dengan cepat

Kulit yang meradang membutuhkan waktu untuk tenang dan sembuh. Beri anak remaja  setidaknya enam minggu hingga dua bulan rutinitas wajah sebelum menyerah atau apa pun.

Dan anak remaja-anak remaja pastikan untuk menerapkan perawatan ke semua area masalah. Jika hanya dirawat di satu area, bakteri bisa tumbuh di area wajah lainnya. Beberapa remaja dapat dengan mudah menyerah jika mereka melihat jerawat semakin parah atau berulang.

Namun, jika kulit anak remaja  menjadi bersih setelah menemukan perawatan yang tepat, penting untuk mempertahankan rutinitas ini untuk sementara waktu dan kemudian perlahan-lahan berkurang sesuai kebutuhan.

5. Remaja tidak mau ke dokter kulit.

Beberapa jenis jerawat tidak dapat diobati secara efektif dengan produk yang dijual bebas. Jika jerawat anak remaja  tidak kunjung hilang, segera temui dokter kulit.

Ada obat resep topikal yang dapat menghilangkan jerawat lebih baik daripada obat yang dijual bebas, dan dokter yang tepat dapat membantu  memilih jenis perawatan yang tepat untuk anak remaja .

Nah sekarang sudah tahu kan apa penyebab jerawat remaja tidak kunjung hilang? Jika remaja sudah melakukan satu atau lebih tindakan di atas, segera kurangi atau hentikan hal tersebu. Nah, Selain membuat wajah menjadi bersih, anak remaja juga harus menjaga kesehatan kulitnya dengan tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.