image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Tips Memilih Sabun Untuk Jerawat dan Badan - Sepertinya kulit berjerawat menjadi keluhan banyak orang. Tanpa melakukan perawatan yang tepat, jerawat dapat semakin parah, menyebabkan jaringan parut, dan menyebabkan seseorang jadi minder hingga depresi.

Tips Memilih Sabun Untuk Jerawat

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Tips Memilih Sabun Untuk Jerawat dan Badan Sepertinya kulit berjerawat menjadi keluhan banyak orang. Tanpa melakukan perawatan yang tepat, jerawat dapat semakin parah, menyebabkan jaringan parut, dan menyebabkan seseorang jadi minder hingga depresi.

Oleh karena itu, untuk merawatnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memilih sabun jerawat untuk muka dan badan yang sesuai. Yuk, simak ulasan berikut untuk membantu Anda memilih produk yang tepat. Dalam memilih sabun jerawat kunci utamanya yaitu meperhatikan kandungan yang terdapat pada bahan pembersih.

Tips Memilih Sabun Untuk Jerawat

Timbulnya jerawat pada kulit menandakan bahwa kondisi kulit sedang bermasalah dan jadi lebih sensitif. Bila kulit Anda sudah sensitif, maka zat apapun yang masuk ke kulit pasti akan sangat berpengaruh, bukan? Maka dalam memilih sabun jerawat tidak boleh sembarangan. Beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk memilih sabun jerawat antara lain:

Perhatikan Bahan Baku Aktif

Sabun jerawat untuk muka dan tubuh itu berbeda. Jangan sampai Anda tertukar atau salah memilih. Baik itu untuk muka atau tubuh, keduanya mempunyai konsentrasi bahan aktif yang berbeda.

Sabun untuk badan biasanya mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi sekitar 10 persen, sementara untuk wajah hanya 5 persen saja. Apabila salah dalam memakai produk bisa membuat kondisi kulit bertambah parah.

Pertimbangkan Kebutuhan Sabun

Mengatasi jerawat dapat Anda lakukan dengan minum obat atau produk perawatan, seperti sabun jerawat. Bila Anda ingin mengatasi jerawat dengan obat jerawat yang diminum, maka tanyakan konsultasikan pada dokter kulit Anda, bolehkah Anda menggunakan sabun khusus antijerawat atau tidak.

Hal ini karena, kombinasi perawatan dapat membuat dosis zat antijerawat menjadi lebih tinggi. Sehingga, kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Maka itu, sebaiknya memang untuk perawatan kulit berjerawat Anda berkonsultasi dulu ke dokter kulit.

Pemilihan Bahan Aktif Yang Sesuai

Harus Anda tahu bahwa tidak semua produk pembersih dibuat untuk tujuan yang sama. Ada yang diformulasikan untuk kulit sensitif, kulit kering, atau kulit normal. Nah, bagi Anda yang berjerawat, maka pilihlah  produk yang mengandung bahan aktif khusus antijerawat.

Pilihlah sabun untuk jerawat di wajah atau badan yang berbahan aktif  seperti benzoyl proxide atau asam salisilat. Kedua bahan aktif ini dikenal untuk mencegah pembentukan komedo, mengurangi minyak berlebih dan sel kulit mati, serta mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Patikan Produk Bebas Pewangi

Selain bahan aktif, produk pembersih yang harus Anda pilih juga bebas tambahan pewangi (fragrance-free). Kenapa? Bukannya yang beraroma lebih baik untuk digunakan?

Jangan salah, aroma tambahan memang bisa memanjakan hidung Anda. Sayangnya, sabun jerawat yang beraroma bisa mengiritasi kulit Anda. Aroma wangi baik itu dari bahan alami maupun sintesis bisa memengaruhi kondisi kulit berjerawat jadi lebih parah.

Pilih Produk Yang Non-Komedogenik

Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan non-komedogenik, terutama minyak yang membantu melembapkan kulit. Minyak yang tidak menyumbat pori-pori ini memungkinkan kulit untuk bernapas, tidak kering, dan bebas dari jerawat.

Jika masih menimbulkan efek alergi atau merasa ketidak cocokan, segera hubungi atau kunjungi dokter ahli untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply