image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

flek hitam bekas jerawat

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat di Wajah

Klinik Eva Mulia – Flek hitam bekas jerawat terjadi karena adanya peradangan pada kulit. Peradangan ini membuat kulit memproduksi melanin secara berlebihan sehingga menyebabkan hiperpigmentasi. Terjadinya hiperpigmentasi bisa menimbulkan bintik atau noda hitam di wajah.

Selain itu, munculnya flek hitam juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, efek samping pemakaian kosmetik, polusi udara. Lalu, bagaimana cara ampuh menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel?

Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

1. Gunakan serum atau krim berbahan hydroquinone

flek hitam bekas jerawat

Dengan menggunakan krim atau serum yang berbahan dasar zat hydroquinone dinilai cukup ampuh untuk menyamarkan noda hitam di sekitar wajah.

Namun, penggunaan krim berbahan dasar zat hydroquinone harus dibatasi. Karena krim ini hampir sama dengan zat pemutih wajah, yang sangat berbahaya jika digunakan dalam jumlah banyak.

2. Gunakan retinol

flek hitam bekas jerawat

Selain menggunakan krim hydroquinone, retinol juga banyak dipakai untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah. Krim atau serum retinol ini mengandung bahan-bahan seperti asam alfa-hidroksi dan asam retinoat.

Semua bahan tersebut berguna untuk mempercepat pengelupasan kulit, meningkatkan produksi sel pada kulit, dan mendukung pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat.

Tetapi, ada yang harus diperhatikan. Penggunaan bahan retinol ini dapat membuat kulit wajah terasa kering dan sensitif terhadap sinar matahari. Sebaiknya jika Anda ingin menggunakan retinol, berikan juga pada wajah yanga dilapisi dengan tabir surya (sunblock) sehingga flek hitam di wajah bisa cepat hilang tanpa efek samping.

3. Laser flek hitam

flek hitam bekas jerawat

Terlepas dari penggunaan krim, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan laser flek hitam bekas jerawat di wajah. Metode laser ini menargetkan cahaya untuk menghilangkan lapisan kulit satu per satu hingga bintik hitam memudar. Sayangnya, ada beberapa efek samping berikut ini yang mungkin muncul ketika melakukan laser.

Alternatif lainnya bisa menggunakan laser flek hitam bekas jerawat di wajah. Metode menggunakan laser ini menargetkan cahaya untuk menghilangkan lapisan kulit satu per satu hingga bintik hitam memudar. Namun ada beberapa efek samping berikut ini yang mungkin muncul ketika melakukan laser.

  • Perubahan tekstur kulit
  • Wajah bengkak
  • Memar dan kemerahan
  • Muncul jaringan parut (keloid)
  • Infeksi

4. Mikrodermabrasi

flek hitam bekas jerawat

Anda juga bisa melakukan perawatan mikrodermabrasi, yang berguna untuk mengurangi adanya flek hitam. Ini dilakukan dengan mengangkat sel kulit mati menggunakan vakum mikrodermabrasi.

Cara ini juga membantu mencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan menghaluskan kulit. Umumnya perawatan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter ahli dan sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena akan menipiskan lapisan kulit secara perlahan.

Baca juga: manfaat teh hijau untuk jerawat

Leave a Reply