evamuliaclinic - adult acne

Cara mencegah jerawat datang kembali

Eva Mulia Clinic – Cara mencegah jerawat – Berbagai cara untuk mencegah jerawat kerap dilakuka demi memiliki kulit yang bersih dan sehat. Tidak perlu perawatan kulit yang mahal, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jerawat, mulai dari membersihkan wajah secara rutin hingga mengonsumsi makanan sehat.

Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering muncul di wajah. Memang, kulit wajah mengandung banyak kelenjar sebaceous yang dapat menyumbat pori-pori jika terjadi produksi sebum yang berlebihan.

Penyumbatan pori-pori yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri inilah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Oleh karena itu, pencegahan jerawat harus dimulai dengan perawatan kulit yang tepat.

Cara mencegah jerawat dengan perawatan kulit yang tepat

Meski terdengar sederhana, perawatan kulit wajah luar yang teratur dan tepat bisa membuat jerawat sulit muncul kembali.

Berikut beberapa cara mencegah jerawat yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan wajah secara teratur

Langkah pertama dan terpenting dalam mencegah jerawat datang kembali adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Jika wajah jarang dibersihkan, kotoran, sel kulit mati, dan minyak atau sebum dapat menumpuk di wajah, sehingga menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan wajah 2 kali sehari dengan sabun wajah atau sabun wajah bebas bahan kimia untuk menghindari iritasi kulit. Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk bersih.

2. Gunakan pelembab

Kondisi kulit wajah yang terlalu kering dapat memicu produksi minyak berlebih dan membuat jerawat lebih mudah muncul. Karena itu, setelah membersihkan wajah, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga wajah tetap lembab dan elastis.

Selain itu, Anda juga dapat memilih pelembab berlabel non-comedogenic yang telah diformulasikan secara khusus dan tidak akan menyumbat pori-pori. Pelembap jenis ini membuat komedo dan jerawat tidak mudah muncul.

3. Gunakan tabir surya

Selalu gunakan tabir surya sebelum pergi keluar untuk menghindari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit dehidrasi. Dehidrasi pada kulit akan memicu produksi sebum lebih banyak dan membuat jerawat lebih mudah muncul kembali.

Pastikan juga tabir surya yang Anda gunakan dapat memblokir sinar UVA dan UVB untuk melindungi kulit dari kerutan dan mengurangi risiko kanker kulit.

4. Batasi penggunaan riasan

Beberapa orang mungkin mencoba mencari jerawat dengan menggunakan riasan berlebihan. Bahkan, bisa menyebabkan pori-pori dan memicu timbulnya jerawat di wajah.

Karena itu, untuk mencegah jerawat muncul kembali, batasi penggunaan riasan. Jika ingin memakai riasan, gunakan produk yang bebas pewangi dan bebas minyak.

5. Jangan sentuh wajahmu

Pastikan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh wajah. Jika Anda sering menyentuh wajah dengan tangan kotor, bakteri dari tangan dapat berpindah ke wajah dan memicu pori-pori dan jerawat.

Cegah jerawat dengan gaya hidup sehat

Selain menjaga kebersihan dan merawat kulit dari luar, Anda juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Cara mencegah jerawat dalam hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

Batasi konsumsi makanan tinggi gula dan kalori

Batasi konsumsi makanan yang digoreng, makanan cepat saji, produk susu dan minuman manis. Jenis makanan dan minuman tersebut dapat memicu munculnya jerawat. Sebaliknya, tingkatkan asupan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, karena mengandung nutrisi yang sehat untuk kulit.

Latihan rutin

Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan suplai oksigen ke kulit, dan mengontrol keseimbangan hormonal tubuh. Dapat mencegah dan mengurangi munculnya jerawat di wajah.

Tingkatkan konsumsi air

Kulit dehidrasi dapat memicu produksi sebum berlebih yang menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Mengatasi stres

Saat stres, kondisi jerawat di wajah bisa semakin parah karena tubuh memproduksi lebih banyak kortisol atau hormon stres yang bisa memicu produksi sebum berlebih.

Untuk menghilangkan stres, Anda dapat mencoba beberapa cara, seperti berolahraga secara teratur, melakukan relaksasi atau aktivitas favorit, mendengarkan musik favorit, atau bermeditasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.