image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

bekas jerawat kemerahan

5 Cara Mengatasi Bekas Jerawat Kemerahan dengan Mudah

Eva Mulia– Seteleh sukses mengusir jerawat pada wajah, terkadang jerawat sering meninggalkan bekas yang kemerahan dan sangat mengganggu penampilan. Sebelum membahas tentang cara mengatasi berkas jerawat kemerahan, Anda harus tahu bahwa bekas jerawat memiliki tiga kategori, yaitu Atrophic Scars, Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), dan Post Inflammatory Erythema (PIE).

Biasanya bekas jerawat yang sering muncul pada pemilik kulit berwarna terang adalah Post Inflammatory Erythema yang terlihat seperti bekas jerawat kemerahan. Kondisi ini terbilang sulit untuk dihilangkan daripada Post Inflammatory Hyperpigmentation (bekas jerawat kemerahan). Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Kemerahan

1. Menggunakan Skincare yang Mengandung Soothing dan Calming

bekas jerawat kemerahan

Meskipun cukup sulit untuk di hilangkan, Anda masih bisa menggunakan produk yang bersifat soothing dan calming untuk membantu mengurangi kemerahan pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan skincare yang berbahan utama seperti aloe vera, centella asiatica, green tea, serta allantoin.

2. Memakai Sunscreen

bekas jerawat kemerahan

Saat paparan sinar UV secara langsung mengenai bekas jerawat yang kemerahan tentu kulit akan semakin memerah. Bahkan, sinar UV juga bisa mengganggu kesehatan kulit dan membuat proses pemulihan bekas jerawat semakin lama. Sehingga, sangatlah penting untuk Anda menggunakan sunscreen saat ingin beraktifitas di luar ruangan.

3. Menghidrasi Kulit

bekas jerawat kemerahan

Banyak orang yang menganggap bahwa hidrasi kulit hanya bisa dilakukan pada pemilik kulit kering, sepertinya hal tersebut keliru. Kulit dehidrasi adalah permasalahan kulit yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti polusi, cuaca atau over-exfoliating. Saat kulit dehidrasi, maka lapisan kulitpu akan terpengaruh, sehingga membuat kondisi bekas jerawat semakin parah. Oleh karena itu, gunakan produk pelembap wajah dengan tekstur yang ringan agar kelembapan kulit tetap terjaga,

4. Menghindari Iritasi Kulit

bekas jerawat kemerahan

Seiring berjalannya waktu, bekas jerawat kemerahan sebenarnya akan berkurang dengan sendirinya. Akan tetapi, hal tersebut hanya berlaku jika Anda tidak memperparah iritasi yang terjadi pada kulit. Nah, beberapa cara untuk menghindari terjadinya iritasi yang lebih parah adalah dengan:

  • Hindari menggunakan pembersih wajah dengan kadar sulfates atau pH yang tinggi.
  • Tidak memakai toner atau produk skin care lainnya yang mempunyai kandungan astringent atau alkohol .
  • Jangan melakukan ekstraksi seperti memencet jerawat atau komedo di area yang bermasalah.

5. Perawatan Laser

bekas jerawat kemerahan

Cara paling efektif untuk mengatasi bekas jerawat kemerahan adalah dengan melakukan perawatan laser secara khusus. Salah satu treatment laser yang bisa Anda gunakan adalah vascular lasers. Perawatan ini bekerja menembus lapisan kulit paling dalam, hingga mencapai pembuluh darah, Namun, konsultasi pada dokter kulit sebelum melakukan perawatan ini.

Baca juga: Ini Dia 3 Penyebab Tumbuhnya Jerawat di Dalam Hidung

Leave a Reply