image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Kecantikan - Asam Lemak Esensial Untuk Merawat Wajah - Perawatan Wajah - Kulit membutuhkan berbagai nutrisi agar selalu sehat dan bersinar. Ini bisa didapat dari makanan, minuman atau produk perawatan yang kalian gunakan. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah asam lemak esensial, seperti omega 3 dan omega 6.

Asam Lemak Esensial Untuk Merawat Wajah

Eva Mulia Klinik KecantikanAsam Lemak Esensial Untuk Merawat WajahPerawatan Wajah Kulit membutuhkan berbagai nutrisi agar selalu sehat dan bersinar. Ini bisa didapat dari makanan, minuman atau produk perawatan yang kalian gunakan. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah asam lemak esensial, seperti omega 3 dan omega 6.

Asam lemak esensial (essential fatty acid/EFA) adalah lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari luar. Asam lemak ini terdapat dari ikan, kacang-kacangan dan bisji-bijianSelain makanan, ternyata asam lemak esensial juga tersedia dalam bentuk minyak, pada produk perawatan kulit.

Pada kulit, asam lemak esensial memiliki peran penting, yaitu mencegah terjadinya TEWL (Transepidermal Water Loss) yaitu hilangnya air yang mengalir dari dalam tubuh melalui epidermis (lapisan kulit luar). Selain itu, asam lemak esensial juga memiliki snyawa aktif yang bersifat antimikroba dan antiperadangan.

Asam Lemak Esensial Untuk Merawat Wajah

Menggunakan asam lemak esensial memang bisa menjaga tampilan kulit tetap sehat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua orang perlu menambahkan asam lemak esensial dalam perawatan kulit. Karena nutrisi ini bisa didapat dengan mudah dari makanan.

Sebagian besar asam lemak esensia pada minyak tertentu belum diuji efektititasnya untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Untuk lebih lanjutnya kalian bisa berkonsultasi dengan dokter.

Ini berbeda kasus pada orang yang kekurangan EFA. Kondisi mengarah pada kondisi kulit kering, meradang, dan rentan berkomedo. Untungnya, kondisi kulit ini jarang terjadi. Selain perawatan kulit umum, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan asam lemak esensial dokter untuk mengurangi timbulnya gejala.

Perawatan ini lebih efektif bila disertai dengan pengobatan dokter dan gaya idup sehat.

Sumber Asam Lemak Esensial

Pada makanan kalian bisa mendapatkan asam lemak esensial ini dari ikan salmon, sarden, kembung, kacang kenari, kedelai, biji rami dan telur yang diperkaya dengan omega 3. Makanan ini bisa kalian olah menjadi berbagai menu sesuai keinginan.

Ingat cara memasaknya harus benar agar nutrisinya tidak rusak. Jika tertarik mendapatkan manfaat asam lemak esensial untuk wajah, kalian bisa memilih beberapa minyak esensial seperti:

  • Minyak Biji Bunga Matahari
  • Minyak Safflower
  • Minyak Biji Rami
  • Minyak Borage Dari Tanaman Borago Officinalis
  • Minyak Evening Primrose Dari Tanaman Oenothera Bienise

Sebelum menggunakan minyak asam lemak esensial ini, amannya lakukan uji sensitivitas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi parah setelah digunakan.

Caranya, teteskan sedikit minyak tersebut ke kulit tangan. Kemudian diamkan dalam satu jam untuk melihat reaksinya. Jika muncul sensasi menyengat, gatal dan kemerahan, sebaiknya segera cuci muka dengan air mengalir dan urungkan niat anda untuk menmakai minyak dengan asam lemak esensial pada kulit wajah.

Leave a Reply