image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Bercak Merah Pada Kulit - perawatan wajah - Munculnya bercak merah pada kulit bisa jadi tanda satu permasalahan kesehatan. Untuk mengetahui penyakit apa saja yang memiliki gejala berupa bercak merah pada kulit dan cara bagaimana cara mengobatinya.

Bercak Merah Pada Kulit

Eva Mulia Klinik Evamulia Bercak Merah Pada Kulit perawatan wajah – Munculnya bercak merah pada kulit bisa jadi tanda satu permasalahan kesehatan. Untuk mengetahui penyakit apa saja yang memiliki gejala berupa bercak merah pada kulit dan cara bagaimana cara mengobatinya.

Dalam istilah medis, bercak merah pada kulit disebut sebagai plak kulit, yaitu perubahan warna kulit menjadi merah dengan tekstur permukaan yang halus. Akan tetapi pada beberapa jenis bercak merah, permukaannya dapat terasa kasar. Bercak merah pada kulit juga bisa disertai dengan keluhan seperti gatal, iritasi dan perih.

Penyebab Bercak Merah Pada Kulit

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami bercak merah pada kulit:

Biduran

Bercak merah pada kulit akibat urtikaria atau biduran biasanya disertai bentol-bentol yang terasa gatal, perih dan menyengat. Bercak bisa timbul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti: wajah, bibir, lidah, leher dan telinga.

Faktor penyebab biduran adalah reaksi alergi, infeksi, udara panas atau dingin, stres dan obat tertentu seperti antibiotik atau antiflamasi.

Dermatitis

Dermatitis kontak adalah reaksi yang muncul ketika kulit bersentuhan dengan zat yang iritatif atau bahan yang dapat memicu alergi seperti sabun, sampo, deterjen, perhiasan logam, debu, lateks atau produk kosmetik. Gejalanya berupa bercak merah pada kulit disertai iritasi, melepuh, gatal dan perih.

Hindari zat penyebab iritasi atau alergi dan jangan menggaruk area kulit yang mengalami keluhan. Kalian bisa mminum obat antihistamin atau mengoleskan krim kortikosteroid.

Dermatitis Atopik

Ini merupakan salah satu penyebab bercak merah pada kulit yang umumnya terjadi. Penyakit ini berkaitan dengan asma, dan umumnya diturunkan dari orang tua ke anak. Dermatitis atopik atau eksim muncul di leher, tubuh bagian atas, tangan, lipatan siku, pergelangan kaki dan tungkai.

Faktor penyebab dermatitis atopik adalag kulit kering, infeksi kulit dam alergi, faktor lingkungan seperti cuaca, debu, bulu hewan juga menjadi penyebab timbulnya eksim.

Pitiriasis Rosea

Penyakit pityriasis rosea ditandai dengan bercak merah pada kulit yang berbentuk oval, bersisik dan sangat gata dibagian dada, punggung, perut, leher, lengan atas atau paha. Di sekitar bercak oval tersebut akan muncul ruam kemerahan.

Sebelum timbul bercak, penderita dapat merasakan gejala awal berupa demam, penurunan nafsu makan, nyeri tenggorokan, nyeri sendi serta sakit kepala. Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti.

Kurap

Kurap adalah bercak merah yang timbul dikulit. Dalam hal ini, bercak merah dapat meluas dan melingkar seperti cincin, biasanya disertai dengan kulit gatal, bersisik dan kadang melepuh. Bercak kurap terlihat lebih merah dibagian tepi.

Kurap disebabkan oleh jamur trichophyton, microsporum dan epidermophyton. Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita yang telah terkontaminasi jamur.

Leave a Reply