image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia Clinic - fakta pori pori

5 Fakta Tentang Pori-Pori yang Wajib Anda Ketahui

Eva Mulia – Melihat ukuran pori-pori yang terlihat jelas, tentu sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika munculnya disekitar hidung, pipi, dan kening. Beberapa orang mengira bahwa hal ini terjadi akibat kotoran yang masuk ketika pori-pori sedang terbuka. Sedangkan ada juga yang bilang karena terlalu sering menggunakan makeup sehingga membuat pori-pori bertambah besar. Nah untuk mengetahui seperti apa pori-pori itu. Yuk simak 5 fakta mengenai pori-pori berikut.

Fakta Tentang Pori-Pori

fakta pori pori

1. Pori-Pori Akan Membesar, Saat Kotoran Tersumbat Didalamnya

Terkadang banyak orang yang tidak menyadari bahwa ukuran pori-pori bisa membesar saat adanya kotoran dan minyak yang terjebak di dalamnya. Itulah yang membuat pori-pori di bagian hidung, pipi, dan kening terlihat lebih besar dibanding area lain. Bagian tersebut memiliki produksi sebum cenderung lebih banyak. Saat debu menempel di wajah, tentu ini berpotensi menyebabkan penyumbatan yang mengakibatkan penampakan pori-pori yang lebih besar.

2. Pori-Pori Membesar Seiring Bertambahnya Usia

Proses penuaan pada kulit juga bisa menyebabkan pori-pori membesar. Mengapa demikian? Karena, saat Anda menua, maka produksi kolagen semakin menurun dan kinerjanya semakin melambat. Kolagen merupakan jaringan protein yang menjaga kekencangan kulit. Nah, kulit yang mengendur, tentu akan membuat pori-pori tampak semakin nyata.

3. Menyamarkan Pori-Pori dengan Rutin Eksfoliasi

Pori-pori yang terisi kotoran dan minyak tentu akan terlihat besar. Untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan deep cleansing dan membersihkan wajah dengan maksimal. Agar kotoran dan minyak di pori-pori keluar, Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah dengan alat kecantikan yang tepat.

Dengan menggunakan alat kecantikan maka Foam Cleansing akan lebih mudah membentuk foam atau busa dengan partikel yang kecil sehingga mudah masuk ke pori-pori.

Baca juga: Jenis-jenis jerawat

4. Jerawat Dapat Menyebabkan Pori-Pori Semakin Besar

Diantara Anda pasti pernah memencet jerawat. Tahukah Anda, bahwa kebiasaan ini bisa memberikan efek yang kurang baik. Mulai dari munculnya bekas hitam dan pori-pori yang semakin besar. Nah, jika jerawat meradang dipencet sebelum waktunya maka akan mempengaruhi ukuran pori-pori. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan memencet jerawat dan atasi dengan perawatan yang tepat agar jerawat tidak makin parah.

5. Pori-Pori Bisa Dibersihkan Dengan Bahan Alami

Sebenarnya pori-pori tidak dapat dibersihkan. Nah yang harus Anda lakukan yaitu dengan menjaga kebersihan agar kotoran pada wajah tidak terlihat. Selain itu, menjaga kebersihan sejak dini sangat penting dilakukan. Hal ini agar kotoran dan sebum tidak menumpuk di dalam pori-pori wajah.

Salah satu cara untuk membersihkan pori-pori besar diwajah yaitu dengan menggunakan clay atau charcoal. Kedua bahan ini memiliki bahan aktif yang mampu meluruhkan dan menarik minyak serta kotoran dari dalam pori-pori.

Baca juga: Jerawat di hidung

Leave a Reply