image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Cara Mengatasi Jerawat Di Hidung dengan Mudah!

Penyebab Munculnya Jerawat Di hidung

evamulia - cara mengatasi jerawat di hidung - tips mengatasi jerawat di hidung - obat alami jerawat di hidung - bahaya jerawat di wajah - jerawat di dagu

Penyebab Jerawat Di hidung

Jerawat di hidung disebabkan akibat pori-pori yang tersumbat dengan minyak berlebih atau sel-sel kulit mati di dalam hidung. Kondisi inilah yang sering terjadi pada orang yang mempunyai kekebalan daya tahan tubuh rendah atau orang yang memiliki diabetes.

Selain itu, bakteri juga bisa menyumbat pori-pori kulit, iritasi, mengakibatkan kemerahan, serta peradangan yang membuat jerawat di dalam hidung. Dibawah ini, ada beberapa penyebab lain, yaitu:

1. Vestibulitis nasal

Biasanya penyebab terjadinya folikulitis adalah karena adanya Bakteri Staphylococcus (staph). Misalnya terjadi karena kebiasaan tertentu contohya mengupil atau meniup hidung terlalu sering juga bisa menyebabkan folikulitis.

2. Bisul di hidung dan selulitis

Terjadinya bisul dianggap paling serius, karena bisa menyebabkan selulitis, yaitu infeksi kulit yang menyebar dengan cepat yang bisamasuk ke aliran darah Anda. Dimana kondisi ini membuat kulit didalam lubang hidung jadi memerah, bengkak dan meradang.

Pada beberapa kasus, selulitis bisa mematikan. Penyebab dari selulitis juga disebabkan oleh adanya bakteri seperti Staphstreptococcus, dan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) infeksi. Nah infeksi ini sangat  sulit untuk diobati dan kebal terhadap obat-obatan banyak antibiotik.

3. Trombosis sinus kavernosus

Jerawat di hidung yang telah terinfeksi didalam hidung bisa menjadi berbahaya, Hal ini dikarenakan, ada beberapa  pembuluh darah di hidung ada yang mengarah ke otak. Walaupun jarang, namun kondisi yang disebut trombosis sinus kavernosus bisa terjadi.

Kondisi Sinus kavernosus merupakan bagian dari pembuluh darah yang besar yang terdapat di dasar tengkorak. Saat terdapat furunkel atau bisul di dalam hidung, ini bisa membuat gumpalan darah terbentuk dan menghambat aliran darah ke otak.

Bagaimana cara mengobati jerawat di hidung?

jerawat hidung

Mengobati Jerawat Di hidung

Jerawat di dalam hidung ini bisa diobati tergantung dari penyebabnya. Biasanya, jerawat di hidung biasa akan hilang dalam beberapa minggu. Jaga kebersihan dalam hidung, dan gunakan masker ketika berpergian keluar rumah. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya;

1. Pakai antibiotik

Meskipun jerawat yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri, tapi masih bisa diobati dengan antibiotik. Pemakaiannya bisa berupa salep antibiotik, seperti bacitracin atau mupirocin. Apabila infeksi yang terjadi berkepanjangan, ada baiknya segera melakukan perawatan lebih untuk menghubungi dokter kulit.

2. Minum obat antinyeri

Anda juga bisa menggunakan beberapa perawatan dirumah. Pakai atau minum obat antinyeri yang bisa dibeli di apotek. Dengan mengonsumsi pereda nyeri bisa membantu meringankan rasa sakit adanya jerawat di dalam hidung Anda. Obat antinyeri yang bisa Anda minum misalnya ibuprofen dan acetaminophen.

3. Kompres hidung

Untuk mengatasi jerawat di hidung, kompreslah hidung dengan kain hangat yang bisa membantu mengurangi rasa sakit karena jerawat. Lakukanlah kompres pada hidung sebanyak tiga kali sehari selama 15 hingga 20 menit setiap kali.

4. Pakai minyak esensial

Pastikan Anda tidak memiliki alergi, sebelum menggunakan minyak esensial. Anda harus bisa memilih minyak yang tidak terlalu keras kandungannya. Disarankan untuk menggunakan tea tree oil dan minyak daun mimba untuk mengobati jerawat.

Leave a Reply