Manfaat Santan untuk Kecantikan

Manfaat Santan untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Evamuliaclinic – Manfaat Santan untuk Kecantikan- Santan, merupakan bahan makanan yang terbuat dari sari buah kelapa. Santan sering digunakan sebagai bahan masakan. Karena santan mengandung lemak, orang yang ingin menghindari kolesterol umumnya menghindari santan. Namun, santan juga tinggi protein, zat besi, dan mangan. Perawatan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Santan dikenal berkhasiat untuk merawat rambut dan juga sebagai bahan masakan. Nenek moyang kita dulu berkumur dengan santan untuk pemupukan. Dan ternyata santan tidak hanya baik untuk kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat kecantikan dari santan StyleCraze.

Manfaat Santan untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Menjaga kesehatan rambut

Santan bisa membuat kulit kepala terasa segar. Santan dapat memberikan hidrasi alami dari akar hingga ujung rambut. Anda bisa menggunakan santan dalam krim mandi. Oleskan beberapa tetes ke kulit kepala dan pijat selama 3 hingga 5 menit. Diamkan selama 20 menit lalu bilas seperti biasa. Ini tidak hanya mengembalikan ujung rambut yang kering, rusak, rapuh dan bercabang, tetapi juga meningkatkan folikel rambut yang sehat dan merangsang pertumbuhan.

2. Kondisioner alami

Selain dapat menjaga kesehatan rambut, santan juga bisa berperan sebagai kondisioner alami. Minyak alami dalam santan melembutkan dan menahan rambut. Oleskan santan pada rambut yang telah dicuci untuk melembutkannya. Jika rambut Anda kusut, Anda juga bisa mengoleskan santan pada rambut dan menyisirnya hingga tidak kusut lagi. Rambut akan rontok tanpa patah.

3. Pelembab alami

Karena sifatnya yang mendinginkan, santan juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit. Caranya tambahkan setengah cangkir air mawar dan secangkir santan segar ke air mandi Anda. Gunakan untuk berendam selama kurang lebih 15 menit. Proses ini membantu mengembalikan kelembapan pada kulit yang hilang. Sebagai alternatif, Anda bisa mengoleskan santan segar langsung ke kulit Anda dan biarkan selama 30 menit agar nutrisinya terserap ke dalam kulit Anda. Jika Anda melakukannya secara teratur, kulit Anda akan halus dan bercahaya.

4. Mendinginkan Kulit yang terbakar matahari

Apakah kulit Anda merah atau bersisik di bawah sinar matahari? Yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan santan dingin pada kulit Anda. Lemak dan minyak dalam santan dapat membantu mengurangi kemerahan dan mengembalikan kelembapan kulit yang terbakar sinar matahari. Santan juga dapat meredakan panas dan ruam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

5. Anti-penuaan

Menelan santan atau mengoleskannya ke kulit meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin C yang terkandung dalam santan membuat kulit lebih elastis dan memperlambat proses penuaan kulit.

6. Pengobatan penyakit kulit

Santan memiliki efek melembapkan dan dapat meredakan gejala psoriasis, dermatitis, dan eksim. Asam lemak alami dalam santan membantu merawat kulit kering yang meradang dan menghilangkan bakteri dari permukaan kulit.

7. Penghapus riasan

Santan dapat digunakan sebagai penghapus riasan. Campurkan minyak kelapa dan minyak Santa dalam perbandingan 1: 2 dan gunakan campuran ini untuk menghilangkan riasan mata dengan lembut dan melembabkan kulit.

Itulah 7 manfaat santan untuk kecantikan rambut dan kulit Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *