Garis Halus di Sekitar Mata

Muncul Garis Halus di Sekitar Mata? Ternyata Ini Penyebabnya!

Eva Mulia Clinic – Garis Halus di Sekitar Mata – Munculnya keriput pada sekitar area mata memang akan menghampiri setiap orang. Namun terdapat beberapa kebiasaan yang bisa membuat kulit keriput sebelum waktunya. Hal tersebut diakibatkan oleh kebiasaan menggosok mata terlalu sering atau terlalu keras.

Pasalnya, hal tersebut dapat membuat serat elastin dan kolagen menjadi rusak. Jika sudah terjadi, maka tak heran saja jika kulit disekitar area mata cepat berkeriput.

Selain itu, masih ada beberapa kebiasaan lain yang bisa menjadi penyebab keriput dibawah mata dan sekitarnya. Lantas apa saja kebiasaan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Menyipitkan Mata

Tanpa kau sadari, kebiasaan ini dapat membuat garis halus di sekitar mata muncul. Bahkan, hal ini bisa menjadi penyebab kerutan mata di usia muda.

Hal tersebut dikarenakan menyipitkan mata dapat membuat otot-otot disekitar mata berkontraksi. Jika kebiasaan ini terlalu sering kamu lakukan, maka otot-otot di sekitar mata tersbut bisa semakin besar dan kuat. Jika sudah seperti ini, maka dapat dipastikan keriput disekitar mata tidak bisa kamu hindari.

Terlalu Sering Menggosok Daerah Sekitar Mata

Kulit disekitar mata merupakan salah satu kulit yang cukup sensitif. Jika kamu sering menggosok sekitar area mata, kulit pada sekitar area mata tersebut bisa kendur.

Hal tersebut dikarenakan elastin dan kolagen mengalami kerusakan. Jika serat tersebut mengalami kerusakan, maka kulit akan kehilangan keelastisannya dan menyebabkan garis halus. Sebagai upaya mengatasinya, kamu bisa melakukan perawatan menghilangkan kerutan dengan bahan alami seperti minyak zaitun.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari tak hanya bisa membuat kulti menjadi kusam. Pasalnya, sinar matahari bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya dan kulit menjadi kering, tak terkecuali di sekitar mata. Jika hal ini sampai terjadi, maka elastisitas kulit menjadi berkurang dan kulit menjadi cepat keriput. Bahkan, hal ini bisa menyebabkan kerutan di bawah mata.

Salah satu cara efektif untuk mengurangi bahaya sinar matahari adalah memakai sunblock. Meskipun kamu bekerja di ruangan sekalipun, kamu tetap harus menggunakan sunblock.

Hal tersebut dikarenakan sinar matahari tetap bisa menjangkau kulitmu meskipun kamu berada di dalam ruangan. Jika kamu selalu melupakan sunblock maka tidak heran saja jika garis halus di sekitar mata atau kulit dapat dengan mudah timbul.

Salah Menggunakan Kosmetik

Tidak akan lengkap rasanya jika tidak menggunakan kosmetik atau make up. Tapi, tahukah kamu, jika kosmetik bisa membuat wajah termasuk  kulit di sekitar mata cepat mengalami keriput. Pasalnya, berbagai bahan kimia berbahaya dalam kosmetik bisa mengendap didalam kulit.

Jika hal ini sampai terjadi, kulit akan mengalami kerusakan dan sulit melakukan proses regenerasi. Selain itu, berbagai masalah kulit akan rentan muncul, tak terkecuali keriput.

Merokok

Jika kamu punya kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan mulai sekarang. Pasalnya nikotin yang terkandung dalam rokok bisa membuat pembuluh darah di kulit, termasuk di sekitar mata.

Alhasil aliran oksigen dan berbagai nutrisi jadi terhambat. Bahkan asap rokok juga mengandung sekitar 4000 bahan kimia yang berbahaya yang bisa merusak kolagen dan serat elastisitas. Sehingga tak heran saja jika kulit perokok lebih cepat keriput, khususnya kulit tipis disekitar mata.

Setelah membaca ulasan diatas, banyak juga kebiasaan yang tanpad disadari bisa menjadi penyebab munculnya garis halus disekitar mata. Selain menghindari berbagai kebiasaan buruk tersebut, kamu juga harus melakukan perawatan untuk memperlambat munculnya kerutan di sekitar mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published.