image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

5 DIY Face Mist Alami, Segarkan Kulit Wajah

Eva Mulia Clinic – Biasanya face mist menjadi salah satu produk yang digunakan sebagai rutinitas skin care harian. Selain cara pemakaiannya yang mudah dan praktis, beberapa orang tertarik menggunakan face mist karena kandungannya yang mudah meresap lebih cepat ke kulit wajah.

Nah, bila Anda rutin menggunakan face mist sebagai salah satu produk skin care favorit. Ada beberapa bahan alami yang bisa menjadi alternatif untuk membuat face mist sendiri. Selain mudah di dapatkan, tentu Anda bisa membuat face mist sesuai dengan aroma dan manfaat kecantikan yang bisa Anda pilih sendiri. Apa saja ya? Berikut rekomendasi DIY face mist dengan bahan yang mudah Anda dapatkan untuk dipraktikkan di rumah.

1. Lidah Buaya & Minyak Lavender

Kedua bahan ini mampu menenangkan kulit yang terbakar matahari. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang baik bagi kulit. Sedangkan, minyak lavender mempunya sifat antiseptik yang bisa membantu menyembuhkan breakout pada kulit wajah.

Siapkan satu botol sprey, isi dengan ¾ bagian botol dengan air. Selanjutnya tambahkan 2 sampai 3 tetes minyak lavender dan jus lidah buaya sampai penuh. Face mist buatan sendiri ini cocok digunakan jika Anda terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama atau sebelum tidur.

2. Air Kelapa & Lidah Buaya

Kelapa dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Air kelapa mengandung sitokinin, yang mampu meregenerasi sel dan mencegah tanda penuaan. Perpaduan air kelapa dan lidah buaya menjadikan face mist ini dapat melawan penuaan pada kulit sekaligus menenangkan iritasi kulit.

Cara membuatnya pun mudah, campurkan air kelapa dan jus lidah buaya dengan takaran yang sama ke dalam botol spray. Semprotkan face mist ini kapan saja diperlukan atau pada waktu sebelum tidur.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengadung  polifenol yang sudah terbukti memiliki sifat anti-oksidan dan anti-bakteri. Oleh karena itulah face mist ini cocok digunakan bagi Anda dengan jenis kulit berjerawat dan bagi kulit yang teriritasi.

Masukkan 2 kantong teh hijau celup ke dalam air mendidih selama satu jam. Biarkan hingga dingin. Tuangkan ke dalam botol spray dan face mist teh hijau siap digunakan.

4. Air Mawar & Minyak Jojoba

Air mawar bisa digunakan oleh semua jenis kulit, baik itu berminyak, kering, atau kombinasi. Sifat astringent yang dimiliki oleh air mawar bisa membantu membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat sekaligus mengencangkannya. Air mawar juga mampu mengurangi kemerahan dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit wajah. Minyak jojoba menjaga kulit Anda tetap terhidrasi karena sifatnya yang bisa mengunci kelembapan pada kulit.

Campurkan setengah cangkir air mawar dan 1 sdm minyak jojoba ke dalam botol spray. Semprotkan face mist ini pada wajah pada saat sebelum tidur.

5. Mentimun

Mentimun dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat melembapkan kulit karena kandungan kadar airnya yang mencapai 95%. Tak hanya itu, mentimun juga memiliki sifat astringent yang mampu mengontrol kelebihan minyak pada kulit dan mengurangi peradangan. Mentimun juga mengandung phytochemical yang membantu dalam produksi kolagen, yang sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit wajah Anda.

Kupas 1 atau 2 buah mentimun, lalu blender hingga halus. Saring larutan untuk menghilangkan ampasnya, lalu tuangkan air mentimun ke dalam botol spray. Gunakan face mist kapan saja jika diperlukan.

Sangat mudahkan cara membuatnya. Agar kesegaran face mist dengan bahan alami ini tetap terjaga, simpanlah di dalam lemari es dan disarankan untuk menggunakannya tidak lebih dari 10 hari.

Baca juga: Waspada 5 Bahan Skin Care yang Memiliki Kandungan Comedogenic!

Leave a Reply