image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia Clinic - Comedogenic

Waspada 5 Bahan Skin Care yang Memiliki Kandungan Comedogenic!

Eva Mulia Clinic – Punya kulit yang berjerawat memang menjadi masalah tersendiri. Apalagi ketika ingin memilih produk perawatan wajah. Nah, disinilah Anda perlu mencari kandungan yang tepat untuk bisa menyembuhkan jerawat. Bila selama ini Anda menganggap proses perawatan wajah sudah dilakukan dengan maksimal bagaimana dengan produk skin care yang Anda gunakan? Apakah sudah menggunakan bahan yang  aman dan bersifat non-comedogenic? Yuk, simak beberapa kandungan pada skin care yang ternyata bersifat comedogenic dan tidak aman berikut ini!

Bahan Skin Care yang Wajib Diwaspadai

comedogenic

1. Alkohol

Sebenarnya kandungan alkohol ampuh dalam menyerap minyak berlebih diwajah. Tetapi penggunaan alkohol bisa memberikan efek buruk jangka panjang bagi kulit. Karena memiliki sifat comedogenic. pengunaan alkohol sebagai pembersih wajah bisa merusak kelembapan alami kulit. Hal ini memicu pertahanan kulit menjadi lemah dan kulitpun sering terhadap infeksi dan iritasi. Bukannya mengontrol minyak diwajah, yang ada jerawat malah bertambah parah lho.

2. Silicone

Beberapa produk makeup memiliki sifat silicone. Memang benar silikon punya fungsi besar dalam menciptakan kesan kulit tampak lebih halus, bisa dilihat dari penggunaan primer yang mampu menutupi ketidaksempuraan kulit dan membuat lapisan kulit Anda terlihat lebih halus. Namun, bagi Anda yang punya kulit acne-prone perlu hati-hati dalam menggunakan produk berbahan ini.

Silikon memiliki sifat yang bisa menyumbat pori-pori dan menjadikan kulit dehidrasi. Jadi jika Anda terpaksa memakai primer usahakan untuk melakukan pembersihan wajah secara menyeluruh dengan melakukan double cleansing sesudahnya. Rutin juga dalam mengeksfoliasi  kulit setidaknya seminggu 2 kali.

3. Coconut Oil

Banyak yang menggunakan minyak ini untuk menghapus makeup. Tapi ketika sebuah produk kosmetik mengandung minyak kelapa dan dipakai seharian di wajah, justru bisa menyumbat pori-pori Anda. Karena sifatnya sangat comedogenic.

4. Cocoa Butter

Selain coconut oil, ternyata bahan cocoa butter juga tidak cocok digunakan untuk pemilik jenis kulit acne-prone. Meskipun dikenal dengan kemampuannya dalam menghidrasi kulit, tetapi cocoa butter harus dihindari dan dipakai langsung di kulit wajah yang cenderung berjerawat.

Bahan alami ini masuk dalam kandungan comedogenic tingkat tinggi atau tidak aman digunakan. Sebaiknya cukup oleskan cocoa butter sebagai pelembap tubuh, terutama pada area lipatan kulit seperti siku maupun lutut saja.

5. Parfum/Pewarna

Pada dasarnya bahan ini memang mengandung bahan kimia. Pewangi dan pewarna yang dicampur ke dalam produk kosmetik. Efek samping yang akan didapatkan dari penggunaan bahan ini yaitu bisa meningkatkan kesensitifan kulit dan membuatnya mudah iritasi. Tergantung dari kondisi kulit, bahan ini bisa menyebabkan jerawat.

Baca juga: Ternyata ini Perbedaan Mud Mask dan Clay Mask!

Leave a Reply