image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia Clinic - rice bran oil

Manfaat Rice Bran Oil yang Terbuat Dari Kulit Ari Padi untuk Kecantikan

Eva Mulia Clinic – Kini banyak orang memilih  memakai produk-produk kecantikan dari bahan-bahan alami untuk perawatan kulitnya. Salah satu produk berbahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan adalah essential oil atau minyak alami. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan minyak alami untuk perawatan kecantikan mungkin sudah akrab dengan beberapa jenis essential oil.  Seperti avocado oil, grapeseed oil, atau olive oil. Tetapi pernahkah Anda mengetahui tentang rice bran oil?

Di Indonesia rice bran dikenal dengan nama bekatul atau dedak. Biasanya orang Indonesia menggunakan bahan ini sebagai bahan makanan untuk ternak mereka. Tetapi di negara Asia lainnya, seperti Korea, cina dan jepang memanfaatkan rice bran untuk melakukan perawatan kecantikan. Caranya adalah dengan mengekstrasi lapisan terluar (kulit ari) padi sampai mengeluarkan minyak.

Minyak alami yang kerap disebut sebagai worlds healthiest edible oil ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan, lho! Berikut beberapa manfaat minyak alami yang diklaim kaya akan anti-oksidan ini, untuk kecantikan kulit.

Manfaat Rice Bran Oil

rice bran oil

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti, flek dan keriput pada kulit. Anti-oksidan merupakan kandungan yang efektif untuk mencegah efek buruk yang disebabkan oleh radikal bebas, baik dari sinar UV maupun polusi.

Rice bran oil sendiri memiliki kandungan anti-oksidan alami, yang terdiri dari oryzanol, tokoferol, tokotrienol, serta phytosterols yang diklaim punya kandungan anti-oksidan 10 kali lebih tinggi dari vitamin E. Kandungan oryzanol dalam rice bran oil berguna untuk menghambat produksi pigmentasi melanin dengan menahan aktivitas enzim tirosinase yang bisa mencegah munculnya flek-flek hitam pada kulit wajah.

Menghaluskan Kulit

Rice bran juga memiliki kandungan vitamin E dan fatty acid (omega 3, 6 dan 9) yang bermanfaat untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, rice bran oil juga mampu memperlambat proses munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus dan keriput.

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan protein, Vitamin E, Vitamin B, dan magnesium, yang mampu menjaga elastisitas pada kulit wajah, kulit menjadi kencang dan tidak mudah kendur. Selain itu, karena dapat menghambat proses pembentukan melanin berkat kandungan oryzanol-nya, sehingga rice bran oil dalam ritual kecantikan bisa mencegah warna kulit menjadi bertambah gelap.

Mengontrol Produksi Minyak pada Wajah

Bagi Anda pemilik kulit berminyak dan kombinasi penggunaan rice bran oil mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Kandungan squalane yang ada pada rice bran oil bisa membantu mengontrol produksi sebum, sehingga Anda tetap bisa melembapkan kulit wajah tanpa takut kulit akan menjadi semakin berminyak.

Hal ini karena rice bran oil memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap oleh kulit, sehingga sangat cocok diguanakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak sekalipun.

Menjaga kesehatan rambut

Selain mampu merawat kecantikan kulit, rice bran oil juga bisa digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Kandungan lemak alami didalam minyak ini bermanfaat untuk perawatan rambut, seperti linoleic acids yang bisa membuat rambut menjadi halus dan lembut. Omega 9 didalam minyak ini juga memilki manfaat untuk merangsang pertumbuhan dan menguatkan rambut, dan stearic acid yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada rambut.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai menambahkan rice bran oil dalam ritual perawatan kulit sehari-hari?

Baca juga: Apakah Suntik Vitamin C Efektif Mencerahkan Kulit Secara Instan?

Leave a Reply