10 Kesalahan Ketika Mencuci Wajah!

Eva Mulia – Kesalahan Mencuci Wajah – Pernahkah Kamu merasa bingung kenapa wajah kita selalu terlihat kusam, jerawat tidak kunjung hilang, komedo, dll ? Padahal kita sudah terbiasa membersihkan wajah setiap hari. Hm, coba dicek lagi apakah sudah benar atau tidak cara membersihkan wajahnya?

Apakah Salah Mencuci Wajah dapat Menjadi Penyebab Munculnya Komedo dan Jerawat?

Eva Mulia Clinic - Manfaat Daun Pepaya - Pepaya adalah buah kaya beta-karoten yang juga mengandung enzim kuat dan fitokimia ramah kulit. Enzim pepaya akan memperlambat pembentukan garis-garis halus dan kerutan dengan melawan radikal bebas. Bahan rahasia kecantikan yang terdapat dalam pepaya adalah papain, enzim yang memiliki sifat memutihkan dan dapat mengurangi munculnya bekas jerawat dan noda warna kulit. Dikombinasikan dengan asam alfa hidroksi, papain bertindak sebagai agen pengelupasan yang dapat memecah protein tidak aktif dan sel kulit mati.
Eva Mulia Clinic – Manfaat Daun Pepaya – Pepaya adalah buah kaya beta-karoten yang juga mengandung enzim kuat dan fitokimia ramah kulit. Enzim pepaya akan memperlambat pembentukan garis-garis halus dan kerutan dengan melawan radikal bebas. Bahan rahasia kecantikan yang terdapat dalam pepaya adalah papain, enzim yang memiliki sifat memutihkan dan dapat mengurangi munculnya bekas jerawat dan noda warna kulit. Dikombinasikan dengan asam alfa hidroksi, papain bertindak sebagai agen pengelupasan yang dapat memecah protein tidak aktif dan sel kulit mati.

Kesalahan saat mencuci muka ini dapat menyebabkan masalah kulit wajah, sehingga kamu perlu mengetahui cara mencuci wajah yang benar. Disarankan untuk mencuci muka minimal dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel di wajah, terutama setelah seharian beraktivitas.

Mencuci wajah adalah salah satu cara termudah untuk membersihkan wajah dari kotoran atau debu. Tentunya, kamu sudah terbiasa melakukan kebiasaan ini, namun masih banyak orang yang melakukan berbagai kesalahan saat mencuci muka. Kesalahan mencuci wajah dapat merusak kulit Kamu dan bahkan menyebabkan jerawat.

Apa Saja Kesalahan Ketika Mencuci Wajah?

Berikut kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci muka, yaitu:

1. Cuci muka dengan telapak tangan yang kotor

Setiap hari, telapak tangan merupakan bagian kulit yang paling sering bersentuhan dengan berbagai benda. Kita tidak tahu bahwa benda yang kita pegang mengandung segala macam kotoran dan bakteri dan semuanya terkumpul di telapak tangan kita.

Jika Kamu membersihkan wajah tanpa terlebih dahulu membersihkan telapak tangan, sama saja dengan memindahkan semua kotoran dan bakteri dari telapak tangan ke wajah Kamu. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan telapak tangan sebelum membersihkan wajah.

2. Asal pilih produk

Banyak orang yang tidak memperdulikan produk pencuci muka apa yang mereka gunakan. Kebanyakan dari mereka menggunakan produk yang diiklankan di televisi atau sekadar rekomendasi dari teman. Namun, memilih produk yang ceroboh dan tidak tepat dapat menyebabkan masalah kulit wajah seperti minyak berlebih, flek hitam, jerawat, dll.

Oleh karena itu, Kamu perlu mengenali jenis kulit Kamu dengan baik kemudian mencari produk pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Kamu. Pembersih wajah yang baik adalah yang dapat menghilangkan sisa make up, debu yang menempel, dan kotoran di wajah. Inilah kesalahan ketika Kamu sembarangan mencuci muka dengan sabun.

3. Gunakan pelembab untuk kulit kering

Pelembab dapat membuat kulit Kamu menjadi penghalang terhadap radikal bebas, partikel asing, dan racun yang merusak kulit. Kamu bisa mengoleskan pelembap setelah mencuci muka agar lebih terhidrasi. Pijat wajah Kamu dengan lembut dan dengan gerakan memutar untuk hasil yang maksimal.

Gerakan pemijatan bisa dimulai dari gerakan ke atas untuk menghindari tarikan kulit. Namun, sebelum menggunakan produk kecantikan sebaiknya menunggu hingga wajah benar-benar kering setelah mencuci muka, agar manfaat produk bisa lebih aktif, tidak berminyak dan tidak lengket.

4. Menggunakan suhu air yang salah

Kebanyakan orang menggunakan air panas untuk membuka pori-pori dan air dingin untuk menutupnya. Namun, pada kenyataannya pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup, sehingga tidak perlu dilakukan karena menggunakan air panas justru dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit wajah. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan ini dan ganti dengan cara mencuci muka yang benar, yaitu mengganti air panas dengan air hangat suam-suam kuku agar lebih aman bagi kulit wajah Kamu.

5. Cuci muka terlalu sering atau hanya sekali sehari

Manfaat mencuci muka yang dapat membersihkan kotoran dari wajah membuat sebagian orang sering mencuci muka, bahkan lebih dari tiga kali. Memang, mencuci muka yang baik hanya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Padahal, bagi Kamu yang tidak melakukan aktivitas di luar ruangan, berkeringat atau memakai riasan, cukup bilas wajah dengan air hangat di malam hari. Sering mencuci muka dapat mengencerkan kulit wajah dan tidak baik untuk kesehatan kulit.

6. Lakukan eksfoliasi terlalu sering

Secara umum, pengelupasan kulit dilakukan sekitar satu hingga tiga kali seminggu. Jangan lakukan ini secara berlebihan dan sembarangan menggosok scrub karena dapat mengiritasi kulit, mengobarkan, menginfeksi dan mengeringkannya. Kerusakan kulit ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Oleh karena itu, ada tips melakukan eksfoliasi sendiri agar lebih efektif dalam mengangkat kulit mati. Gunakan jari Kamu untuk mengoleskan krim pengelupasan dengan handuk basah untuk menghindari goresan atau tarikan pada kulit. Kamu juga bisa memijat lembut dengan gerakan memutar untuk hasil yang maksimal. Ini adalah efek samping dari terlalu sering mencuci muka.

7. Bilas dengan cepat

Lain halnya dengan mandi cepat dan tentunya tidak baik karena tidak akan efektif menghilangkan minyak dan kotoran dari wajah. Agar kulit wajah tetap terlihat sempurna, luangkan waktu setidaknya dua menit untuk mencuci muka secara menyeluruh.

Berikan pijatan lembut pada dahi dan hidung yang biasanya menghasilkan lebih banyak minyak. Saran yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan susu pembersih dengan cara mengoleskannya secara perlahan dan melingkar ke atas ke seluruh wajah Kamu. Lakukan ini selama sekitar tiga puluh detik untuk melarutkan sisa riasan dan minyak.

8. Bahan kimia

Produk kecantikan yang mengandung bahan kimia harus lebih berhati-hati agar tidak salah dalam memilih pembersih wajah. Perhatikan komposisi produknya, apakah komposisinya aman atau tidak, seperti pewarna, pewangi dan paraben. Hindari memilih dengan komposisi deterjen konsentrasi tinggi, sodium lauryl sulfate atau SLS. Kedua bahan ini dapat menghadirkan risiko iritasi dan reaksi alergi pada kulit wajah.

9. Hindari minyak wajah

Kebanyakan orang berpikir bahwa sebum adalah musuh utama kulit berminyak. Dermatologis dan ahli kecantikan menjelaskan bahwa minyak cocok untuk semua jenis kulit dan biasanya larut saat bertemu dengan minyak lain.

Oleh karena itu, keberadaan minyak ini akan mengurai bakteri dan kotoran penyebab jerawat yang sering terjadi pada wajah berminyak. Selain itu, kelembapan kulit juga akan terjaga sehingga terjadi keseimbangan kadar pH pada kulit wajah.

10. Kebiasaan menggosok kulit wajah dengan kencang

Semua jenis kulit harus berhati-hati saat menggunakan masker, pembersih, atau pengelupas kulit. Menggosok kulit wajah secara sembarangan atau terlalu kencang bisa menarik kulit. Oleh karena itu, jangan menggosok kulit wajah dengan keras dalam kondisi kering karena dapat mempengaruhi elastisitas kulit wajah. Tunggu hingga wajah mengering dengan sendirinya setelah mencuci muka atau bisa juga dengan menepuk-nepuknya dengan handuk bersih.

Setelah mengetahui 10 kesalahan saat mencuci muka, Kamu bisa melihat apakah cara yang sering kamu lakukan sudah benar atau belum. Jika tidak, maka kamu perlu mengubah kebiasaan buruk yang sering dilakukan dengan cara yang benar. Cucilah wajah dengan benar atau kulit wajah Kamu akan mengalami masalah seperti jerawat, kusam, dll. Ingatlah untuk memilih produk yang juga sesuai dengan jenis kulit, Jadi kesalahan saat mencuci wajah harus diperhitungkan.