AHA dan BHA, Apakah Boleh di Gabung?

Eva Mulia Clinic – AHA dan BHA – Kulit glowing menjadi impian banyak orang, terutama kaum muda dewasa yang ingin tampil segar dan menarik. Tapi bagaimana cara mendapatkan kulit yang glowing tanpa menghabiskan banyak uang? Salah satu rahasianya adalah dengan perpaduan AHA dan BHA. Kedua bahan ini sering kali dianggap sebagai pahlawan dalam perawatan kulit karena efektivitasnya yang luar biasa.

Apa Itu AHA dan BHA?

Apa Saja Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam ?

Rahasia Kulit Glowing dengan Perpaduan AHA dan BHA
Apa Saja Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam ?

AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah jenis asam yang berasal dari buah-buahan dan susu. AHA bekerja dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Beberapa contoh AHA yang umum digunakan dalam produk perawatan kulit adalah asam glikolat, asam laktat, dan asam mandelat.

BHA (Beta Hydroxy Acid), di sisi lain, merupakan jenis asam yang larut dalam minyak dan mampu menembus pori-pori kulit yang tersumbat. BHA membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat. Asam salisilat adalah contoh BHA yang paling umum digunakan dalam produk perawatan kulit.

Mengapa Menggabungkan AHA dan BHA?

Menggabungkan AHA dan BHA dalam rutinitas perawatan kulit kamu bisa memberikan manfaat maksimal. AHA bekerja di permukaan kulit untuk mengelupas sel-sel mati, sedangkan BHA menembus lebih dalam ke dalam pori-pori untuk membersihkan kotoran. Perpaduan ini tidak hanya membantu mengurangi tampilan pori-pori yang besar dan jerawat, tetapi juga membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Namun, penting untuk mengetahui cara menggunakan kedua bahan ini dengan benar. Kamu harus memulai dengan konsentrasi rendah untuk menghindari iritasi kulit. Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan sensitif.

Baca Juga:  Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Bisa Ganggu Kulit Wajah

Cara Menggunakan AHA dan BHA dengan Aman

  1. Mulai dengan Konsentrasi Rendah: Jika kamu baru pertama kali menggunakan AHA atau BHA, pilih produk dengan konsentrasi rendah (sekitar 2-5%). Ini akan membantu kulit beradaptasi dengan bahan aktif tanpa menyebabkan iritasi.
  2. Gunakan di Malam Hari: AHA dan BHA dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya digunakan di malam hari dan selalu menggunakan tabir surya di pagi hari.
  3. Jangan Campur dengan Bahan Aktif Lainnya: Hindari menggunakan AHA atau BHA bersamaan dengan bahan aktif lainnya seperti retinol atau vitamin C pada waktu yang sama. Ini bisa menyebabkan iritasi berlebih pada kulit.
  4. Gunakan Pelembap: Setelah menggunakan AHA atau BHA, pastikan untuk mengaplikasikan pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu. Ini membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko iritasi.
  5. Perhatikan Reaksi Kulit: Setiap kulit memiliki reaksi yang berbeda terhadap produk perawatan. Jika kamu mengalami kemerahan, gatal, atau iritasi yang berlebihan, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan ahli dermatologi.
  6. Berikan Waktu untuk Kulit Beradaptasi: Jangan terlalu sering mengubah produk perawatan kulit. Berikan waktu setidaknya beberapa minggu untuk melihat bagaimana kulitmu bereaksi terhadap AHA dan BHA sebelum menambahkan produk baru ke dalam rutinitasmu.
  7. Jangan Lupa Eksfoliasi Lembut: Meskipun AHA dan BHA adalah eksfolian kimia, penting juga untuk melakukan eksfoliasi fisik dengan lembut sekali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati secara efektif.
  8. Konsultasikan dengan Profesional: Jika kamu memiliki masalah kulit tertentu atau kondisi kulit sensitif, konsultasikan dengan dermatolog sebelum memulai penggunaan AHA dan BHA. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Kesimpulan

Menggunakan AHA dan BHA dalam rutinitas perawatan kulit dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari mengelupas sel-sel kulit mati hingga membersihkan pori-pori. Dengan penggunaan yang tepat dan konsisten, kamu bisa mendapatkan kulit yang glowing dan sehat. Ingatlah untuk selalu memulai dengan konsentrasi rendah dan memperhatikan reaksi kulitmu.

Baca Juga:  Manfaat Kandungan Vitamin C pada Cream Malam

Untuk kamu yang ingin mencoba, jangan terburu-buru. Lakukan secara bertahap dan perhatikan bagaimana kulitmu bereaksi. Kulit glowing bukan hanya soal produk yang kamu gunakan, tetapi juga soal bagaimana kamu merawatnya dengan sabar dan konsisten.