Sunscreen Dulu atau Serum Dulu Ya? Ini Jawabannya, Jangan Sampai Salah Urutan!

Seiring dengan berkembangnya industri kecantikan, banyak perempuan yang semakin peduli dengan perawatan kulit. Sunscreen dan serum menjadi dua produk yang sering digunakan, tetapi seringkali muncul pertanyaan, “Sunscreen dulu atau serum dulu ya?” Jawabannya sebenarnya tergantung pada langkah-langkah perawatan kulit yang tepat. Mari kita bahas dengan lebih rinci untuk menghindari kesalahan dalam urutan penggunaan produk.

Sebelum membahas urutan penggunaan, penting untuk memahami fungsi masing-masing produk. Sunscreen adalah langkah terakhir dalam rutinitas perawatan pagi karena bertindak sebagai perisai terhadap paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen sebelum serum dapat mengurangi efektivitas serum karena lapisan sunscreen dapat memblokir penyerapan bahan aktif dalam serum.

Di sisi lain, serum umumnya mengandung bahan-bahan seperti vitamin, antioksidan, atau peptida yang memberikan manfaat tambahan pada kulit. Menggunakan serum sebelum sunscreen memungkinkan bahan aktif tersebut diserap dengan lebih baik tanpa hambatan oleh lapisan sunscreen.

Urutan yang Tepat

Pertanyaan utama adalah, “Sunscreen dulu atau serum dulu ya?” Jawabannya sederhana: serum dulu, baru kemudian sunscreen. Ini karena penggunaan serum terlebih dahulu memberikan kulit nutrisi yang diperlukan, dan lapisan sunscreen yang diterapkan kemudian akan bertindak sebagai pelindung.

  1. Bersihkan Wajah: Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bersihkan dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan minyak.
  2. Gunakan Serum: Aplikasikan serum dengan mengusapkan atau menepuk-nepuk secara lembut ke seluruh wajah. Biarkan serum meresap sebelum melangkah ke langkah berikutnya.
  3. Sunscreen sebagai Tahap Terakhir: Setelah serum meresap, aplikasikan sunscreen dengan merata di seluruh wajah. Pastikan untuk memilih sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Detail Penggunaan Produk

Mengapa Serum Dulu?

Serum mengandung bahan aktif yang dapat memberikan manfaat langsung pada kulit. Penggunaan serum terlebih dahulu memungkinkan bahan-bahan tersebut lebih mudah meresap dan bekerja efektif tanpa terhalang oleh lapisan sunscreen.

Mengapa Sunscreen Terakhir?

Sunscreen bertindak sebagai perisai pelindung terhadap sinar UV yang merusak kulit. Jika sunscreen diterapkan lebih awal, ia dapat menghalangi penetrasi bahan aktif dalam serum dan mengurangi efektivitas perawatan kulit Anda.

Pemilihan Produk yang Tepat

Pastikan untuk memilih serum dan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Serum dengan kandungan vitamin C atau retinol dapat memberikan kecerahan dan meningkatkan tekstur kulit, sementara sunscreen dengan SPF yang tepat memberikan perlindungan maksimal.

Kesimpulan

Dalam perawatan kulit, urutan penggunaan produk memiliki peran penting. Jadi, jawaban atas pertanyaan “Sunscreen dulu atau serum dulu ya?” adalah serum dulu, diikuti oleh sunscreen. Ini memastikan bahwa kulit Anda menerima manfaat maksimal dari bahan aktif dalam serum, sambil tetap dilindungi dari sinar UV berbahaya.

Selalu perhatikan kebutuhan khusus kulit Anda dan pilihlah produk dengan cermat. Dengan mengikuti urutan yang tepat dalam rutinitas perawatan kulit, Anda dapat mencapai kulit yang sehat, terawat, dan terlindungi.