Tips Mengecilkan Pori-pori

Tips Mengecilkan Pori-pori yang Tampak Besar

Eva Mulia – Perawatan Wajah Tips Mengecilkan Pori-pori Pada dasarnya, pori-pori sendiri tidak memiliki otot yang dapat membuatnya menjadi membesar ataupun mengecil, tetapi lubang pori-pori ini dapat membesar dan terlihat kotor apabila tersumbat. Maka dari itu, kamu perlu memastikan agar pori-pori di wajahmu tetap bersih dan terbebas dari bahan-bahan yang dapat menyumbatnya seperti produksi sebum yang berlebih, kotoran, sel kulit mati dan bahan lainnya yang dapat menyumbatnya.

Tampilan pori-pori yang besar pada wajah, bagi sebagian orang dapat menganggu penampilan. Sehingga, tak aneh lagi apabila banyak orang yang mencoba berbagai produk kecantikan serta metode skincare yang dapat menyamarkannya. Nah, dari sekian banyaknya cara, terdapat 5 tips sederhana dalam mengecilkan pori-pori yang tampak besar seperti berikut ini.

Tips Mengecilkan Pori-pori yang Tampak Besar

Tips Mengecilkan Pori-pori

Hindari Penggunaan Makeup Comedogenic

Makeup yang sifatnya comedogenic dapat menyumbat pori-pori atau menimbulkan komedo. Pori-pori tersebut inilah yang kemudian akan terlihat besar. Maka dari itu, hindarilah produk makeup terutama complexion (foundation, BB/CC cream, primer, concealer dan bedak) yang sifatnya comedogenic.

Hal tersebut dikarenakan biasanya, makeup yang sifatnya comedogenic mengandung bahan minyak berat atau beewax dan silikon. Maka dari itu, pastikan periksa terlebih dahulu kandungan pada produk makeup complexion yang hendak kamu beli agar tidak mengandung beberapa bahan tersebut.

Wajib Double Cleansing

Apabila kamu menggunakan makeup dan sunscreen, maka kamu wajib melakukan double cleansing pada malam harinya. Hal tersebut dikarenakan kandungan pada makeup dan sunscreen ini tidak dapat terangkat dengan sempurna jika hanya dengan mencuci wajah saja.

Alhasil, kotoran yang masih tersisa akan menyumbat pori-pori, sehingga dapat membuatnya menjadi terlihat besar dan kotor. Apabila didiamkan, maka bisa jadi meradang dan akhirnya menimbulkan banyak jerawat.

Karena itulah, maka lakukanlah double cleansing. Apabila kamu memang memiliki pori-pori yang cenderung besar, kulit berminyak serta cenderung memakai full makeup setiap harinya, maka cleansing oil dan cleansing balm bisa menjadi salah satu pilihan yang pas untuk langkah pertama dibandingkan dengan micellar water atau wipes.

Hal ini dikarenakan formula minyak pada cleansing oil dan balm dapat masuk kedalam pori-pori untuk melarutkan sisa kotoran serta makeup. Sehingga, ketika kamu mencucinya, sisa kotoran yang terdapat didalam pori-pori akan luruh. Selain itu, minyak pada cleansing oil dan balm tidak akan menyumbat pori atau kulitmu, karena formulanya dapat meleleh dan luruh bersama air.

Pastikan Wajah Terhidrasi dengan Baik

Ketika kulit wajah tidak terhidrasi dengan baik, maka kelenjar minyak pada kulit akan dipaksa untuk memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan kekurangan cairan yang dapat melembabkan kulit. Hasilnya, kulit akan menjadi berminyak atau kelebihan sebum.

Kelebihan sebum inilah yang selanjutnya akan menyumbat pori dan menjadi komedo. Karena kelenjar minyak yang terus-menerus memproduksi sebum melalui pori-pori dan menimbulkan komedo ini, maka tentu saja akhirnya akan membuat pori-pori wajah terlihat besar.

Nah, untuk itu maka pastikan kulitmu terhidrasi dengan baik, dari luar maupun dalam. Perbanyak minum air putih, konsumsi sayur lalu hidrasi skincare yang tepat. Lalu gunakan sabun pencuci wajah yang bebas dengan detergan dan pH-nya seimbang agar kulit tidak menjadi kering.

Selain itu, gunakan juga toner dengan pH seimbang dan non-alkohol untuk mengembalikan kondisi pH ideal dan kelembaban kulit yang hilang karena mencuci wajah. Apabila kulitmu cenderung kering dan dehidrasi, maka kamu bisa memakai hydrating serum atau essence untuk membantu memberikan hidrasi lebih baik pada kulitmu.

Setelah itu, wajib mengunci semua skincare yang kamu kenakan dengan mengaplikasikan pelembab. Selain itu, kamu juga bisa memberikan hidrasi lebih pada kulit dengan memakai masker yang dapat menghidrasi seperti sheet mask sekitar dua kali dalam seminggu.

Rutin Eksfoliasi Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sel kulit mati merupakan salah satu kotoran yang dapat menyumbat pori-pori serta membuatnya terlihat ebsar. Maka dari itu, kamu perlu membersihkan sel kulit mati alias melakukan eksfoliasi kulit wajah dengan rutin.

Nah, buat kamu yang memiliki masalah dengan pori, akan lebih baik apabila mengeksfoliasi wajah menggunakan exfoliating toner yang mengandung BHA atau glycolid acid. Pasalnya, kedua jenis acid tersebut dapat mudah larut dalam minyak sehingga bisa masuk kedalam pori untuk membersihkan sebuh serta kotoran yang berlebih. Setelah menggunakan exfoliating toner. Jangan lupa gunakan hydrating toner agar kulit tidak iritasi serta kembali terhidrasi.

Dengan demikian, maka sel kulit mati tidak akan lagi menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga kulit wajah akan meregenerasi dengan baik dan kulit menjadi tampak lebih sehat dan cerah.

Jangan Memencet Pori-pori

Ketika kamu melihat pori-pori yang besar dan terisi komedo, pastinya kamu ingin segera mengeluarkannya. Bisa dengan cara memencetnya langsung, menggunakan pore pack atau mungkin facial.

Meskipun ketiganya ampuh dalam hal mengangkat komedo, tetapi jika dilakukan dengan asal dan salah. Maka hasilnya, pori-pori wajah kamu bisa terlihat lebihbesar dan komedo dapat mudah datang kembali.

Maka dari itu, jangan sembarangan memencet pori untuk mengeluarkan komedo. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat kulit mejadi iritasi serta dapat menimbulkan luka. Sehingga kulit menjadi bopeng sama halnya jika kamu memencet jerawat.

Apabila kamu menggunakan pore pack, pastikan kamu mencuci bersih kulit setelahnya, dan aplikasikan toner serta pelembab. Jika memungkinkan, aplikasikan aloe vera atau pelembab gel lainnya yang sudah didinginkan untuk meredakan pori-pori stress akibat dibersihkan secara paksa. Ada baiknya, sebelumnya uap terlebih dahulu wajah agar komedonya lebih mudah terangkat.

Terakhir, untuk facial jangan melakuka facial sendiri jika memang kamu tidak mengetahui caranya. Hal ini dapat menyebabka kulitmu menjadi rusak, pori-pori tambah besar bahkan muncul jerawat. Nah, akan lebih baik lagi apabila kamu melakukan facial klinik di klinik kecantikan terpercaya yang sudah terjamin kualitasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *