Fakta Suntik Botox Yang Tidak Boleh Terlewat

Eva Mulia Klinik Evamulia Fakta Suntuk Botox Yang Jarang Diketahui Perawatan Wajah – Saat ini, banyak orang telah beralih ke suntik botox untuk menghaluskan keriput atau menyingkirkannya sama sekali, sehingga tampilan wajah tampak lebih kencang dan awet muda.

Botox adalah merk dagang dari toksin botulinum yang dikembangkan oleh Allergan. Ini adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan kerutan wajah dan mengurangi kekejangan otot. Botox diinjeksikan ke dalam kulit melalui suntikan yang sangat kecil dan hanya memerlukan beberapa menit untuk diterapkan.

Efeknya biasanya terlihat dalam beberapa hari dan dapat bertahan selama 3-6 bulan. Botox juga digunakan untuk mengobati kondisi medis seperti migrain, kejang otot, dan kondisi kulit seperti eksim. Namun, seperti dengan setiap prosedur medis, ada risiko efek samping yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan Botox.

18 Fakta Suntik Botox

Harus Segera Suntik Botox Jika Muncul Kerutan

  • Benar, suntik botox dapat digunakan untuk mencegah munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Botox bekerja dengan menghambat kerja saraf pada otot wajah, sehingga otot tersebut tidak dapat bergerak seperti biasa. Ini dapat mencegah munculnya garis-garis yang disebabkan oleh gerakan-gerakan otot seperti cemberut atau mengerutkan dahi. Namun, perlu diingat bahwa botox hanya dapat mencegah munculnya garis-garis baru, bukan menghilangkan garis-garis yang sudah ada. Suntik botox secara dini dapat membantu dalam mengurangi kerutan yang muncul pada wajah dan mengurangi frekuensi perawatan botox yang diperlukan di masa depan.

Wajah Jadi Kaku Setelah Suntik Botox

  • Salah: Botulinum toxin bekerja dengan melemaskan otot yang menyebabkan kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Suntik botox hanya mempengaruhi otot di sekitar area suntikan dan tidak mempengaruhi seluruh wajah. Efek suntik botox akan terlihat dalam 1-2 minggu setelah prosedur dan akan kembali ke kondisi semula setelah efek botox hilang. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan botox yang berlebihan dapat berbahaya dan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan prosedur botox.

Tidak Harus Muda Untuk Suntik Botox

  • Benar: suntik botox tidak direkomendasikan untuk orang yang berusia di bawah 18 tahun, meskipun mereka mungkin belum memiliki garis-garis wajah pada usia tersebut. Beberapa pakar bedah plastik mungkin akan merekomendasikan suntik botox untuk orang yang berusia 18 tahun ke atas jika diperlukan. Namun, Botox juga digunakan pada anak-anak untuk kondisi medis tertentu, seperti kejang otot yang disebabkan oleh kondisi neurologis seperti cerebral palsy. Dalam hal ini, konsultasi dengan dokter anak yang berpengalaman sangat disarankan untuk memahami segala risiko dan manfaat dari penggunaan botox pada anak-anak.

Botox Dapat Mencegah Kerutan Selamanya

  • Salah: Botox tidak menyediakan perawatan yang permanen. Botox digunakan untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada wajah untuk sementara waktu. Efeknya akan menghilang setelah beberapa waktu dan tidak akan bertahan selamanya. Efek dari suntik botox biasanya bertahan selama 3-6 bulan, dan dapat diulang jika diinginkan. Namun, perlu diingat bahwa Botox hanya dapat memperlambat munculnya kerutan dan garis-garis halus, tidak dapat menghilangkan yang sudah ada.

Hanya Orang Tua Yang Memerlukan Botox

  • Salah: Botox bukan hanya digunakan untuk mengatasi kerutan dan garis halus pada wajah yang disebabkan oleh penuaan, tetapi juga digunakan untuk kondisi medis lainnya. Botox digunakan dalam perawatan untuk masalah seperti kedutan mata (blepharospasm), migrain, masalah saluran kemih, dan kondisi kulit seperti eksim. Botox juga digunakan dalam bidang estetika untuk meningkatkan bentuk wajah, meningkatkan tampilan kulit, dan meningkatkan kontur tubuh. Namun, seperti dengan setiap prosedur medis, ada risiko efek samping yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan Botox.
  • Tidak juga: krim anti-penuaan atau serum wajah tidak dapat digunakan sebagai pengganti botox karena cara kerjanya berbeda. Krim hanya dapat mempengaruhi lapisan luar kulit dan tidak dapat menyerap ke lapisan dalam kulit. Krim tidak efektif untuk mengatasi kerutan yang disebabkan oleh kontraksi otot. Botox bekerja dengan cara melemaskan otot yang menyebabkan kerutan, sementara krim hanya dapat melembabkan dan merawat kulit. Namun, krim anti-penuaan dapat membantu dalam mencegah kerutan yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti paparan sinar UV dan polusi.

Botox Adalah Racun

  • Tidak: Walaupun memiliki kata toxin pada namanya, Botulinum toxin yang digunakan untuk prosedur kecantikan medis dan kosmetik melaluia proses penyulingan untuk menghilangkan racunnya. Kadar racun pada suntuk botox sangatlah rendah. Dengan berjalannya waktu, botox pada tubuh akan hilang dengan sendiri.

Botox Berbahaya

  • Salah: Suntik botox pertama kali mendapatkan persetujuan Food and Drug Administration (FDA) untuk kondisi medis pada 1989. Persetujuan pada botox untuk tujuan kosmetik diberikan pada 2002. Saat ini botox banyak digunakan oleh jutaan orang, tetapi diberikan oleh dokter yang terkualifikasi dengan dosis yang dianjurkan.

Tidak Dapat Menggerakan Wajah

  • Betul: Jika suntik botox membatasi pergerakan otot, ini hanya akan mempengaruhi otot yang disuntik dan tidak mempengaruhi seluruh area wajah. Dalam beberapa hari, wajah kalian dapat digerakan dengan normal.

Dapat Menyebabkan Botulisme

  • Tidak: Botulisme adalah keracunan makan atau kondisi yang dipengaruhi sistem syaraf pusat. Akan tetapi suntik botox terbuat dari botulium toxin yang dimurnikan. Ini tidak menyebar dan tetap ada di area suntikan.

Kulit Bisa Kendur Stelah Menggunakan Botox

  • Tidak: Sebaliknya, hal ini akan menjadikan kulit kalian lebih lembut dan lebih sehat. Setelah beberapa waktu, efek botox akan menghilang dan kalian emmelukan suntik lain untuk menjaga penampilan yang sehat. Jika kalian berhenti menggunakannya kulit tidak akan mengendur.

Bikin Ketagihan

  • Tidak: Tidak ada kandungan adiktif pada botox. Beberapa orang dapat terobsesi dengan hasil kulit yang baru dan lebih lembut seta menyalahkannya pada botox.

Menyebabkan Rasa Sakit Dan Bengkak

  • Jika kalian mengalami rasa sakit dan bengkak pada area suntikan, itu adalah hal yang wajar. Biasanya kondisi ini membaik dalam 2-3 hari. Jarum yang digunakan pada prosedur botox sangat tipis dan tidak akan sakit. Banyaknya suntikan tergantung pada setiap orang.

Memiliki Banyak Efek Samping

  • Botox memiliki beberapa efek samping seperti kelelahan, muntah, mual hingga sakit kepala. Jika kalian mengetahui efek samping yang parah, seperti susah bernafas atau pembengkakan tenggorokan, ini mungkin reaksi alergi dan kalian harus menghubungi UGD.

Botox Hanya Untuk Kerutan

  • Botox digunakan untuk operasi medis dan kosmetik. Suntikan ini juga telah digunakan untuk mengatasi migran dengan mengurangi ketegangan otot, membantu pasien mengatasi depresi hingga menghambat kelenjar keringat untuk sementara.

Perawatan Botox Mahal

Dulu memang harga botox begitu mahal, akan tetapi dengan semakin banyak permintaan terhadap prosedur dan perkembangan teknologi, saat ini botox dapat dijangkau oleh banyak orang.

Dapat Menghilangkan Semua Kerutan Dan Garis Wajah

  • Perawatan kecantikan suntik botox mengatasi kerutan yang muncul akibat pergerakan dengan merilekskan otok. Kategori kerutan lainnya adalah kerutan statis yang disebabkan penuaan dan paparan matahari.

Tidak Untuk Wanita Hamil

  • Masih diperlukan banyak penelitian dan riset untuk meyakini penggunaan botox yang aman pada ibu hamil dan menyusui. Jika manfaat yang didapat dari botox melebihi resikonya, kalian dapat menghubungi dokter lebih lanjut.

Kalian juga bisa membaca beberapa info kecantikan atau tips kecantikan yang menarik lainnya seperti Botox Rambut, Suntik Botox, atau Perawatan Microneedling.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *