Bahaya Memencet Jerawat di Atas Bibir

Perbedaan Jerawat dan Bekas Jerawat

Evamulia – Banyak orang sering bingung dengan perbedaan antara jerawat dan komedo, perbedaan antara jerawat dan keringat, perbedaan antara jerawat dan bekas jerawat. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perbedaan jerawat dan bekas jerawat yang perlu Anda ketahui agar dapat membantu Anda dalam perawatan atau pengobatan yang tepat. Jerawat dan bekas jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang tidak ingin dihindari oleh kebanyakan orang, tidak hanya wanita tetapi juga pria. Mengapa demikian? Karena sama-sama memiliki efek psikologis akibat jerawat dan bekas jerawat, termasuk menurunnya rasa percaya diri untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Keduanya adalah masalah kulit yang ingin Anda hindari, apa perbedaan antara jerawat dan bekas jerawat? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab

Perbedaan pertama antara jerawat dan bekas jerawat terletak pada penyebab kedua jenis kulit tersebut. Penyebab jerawat adalah karena adanya pori-pori akibat sebum atau produksi minyak berlebih yang berhubungan dengan sel kulit mati yang tidak dibersihkan. Kondisi ini diperparah dengan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat secara berlebihan, sehingga jerawat tidak bisa lagi dihindari. Jerawat juga bisa disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti asupan dan kekurangan lemak yang berlebihan, terlalu sering berlebihan, dll.

Berbeda dengan jerawat, jika dilihat dari namanya saja, penyebab munculnya bekas jerawat sudah jelas, yaitu akibat dari jerawat itu sendiri. Faktanya, bekas jerawat kemungkinan besar disebabkan oleh batu, yang biasanya menyebabkan jaringan parut terbentuk di kulit. Ini karena jerawat batu tidak hanya muncul di permukaan kulit, tetapi di dalam kulit. Jerawat kistik adalah jerawat besar dengan peradangan hebat. Dimana peradangan biasanya meninggalkan bekas di permukaan kulit. Selain jerawat, bekas jerawat juga sering disebabkan oleh kebiasaan jerawat, sehingga jerawat otomatis meninggalkan bekas.

Bentuk

Perbedaan kedua dan bekas jerawat adalah perbedaan bentuk keduanya. Jerawat memiliki bentuk menonjol atau seperti benjolan di permukaan kulit. Selain itu, jerawat juga biasanya berwarna merah, baik pada jerawat maupun pada kulit di sekitar jerawat. Berbeda dengan jerawat, bekas jerawat memiliki bentuk yang tidak menonjol atau bisa dikatakan mengempis, hanya berupa luka di permukaan kulit. Selain bekas jerawat juga akan berwarna hitam dan tidak menimbulkan warna kemerahan di sekitar bekas jerawat. Bekas jerawat juga bisa muncul sebagai pori-pori besar yang terlihat, jaringan parut, atau bintik hitam, dan kasus yang lebih parah akan berupa keloid atau bekas luka yang terangkat.

Efek samping

Perbedaan selanjutnya antara jerawat dan bekas jerawat adalah efek samping yang ditimbulkan oleh jerawat dan bekas jerawat. Dimana jerawat biasanya bisa terasa gatal, kesemutan, atau perih di sekitar kulit, apalagi jika jerawat tersebut meradang atau tidak sengaja membesar, maka akan menimbulkan rasa sakit atau perih yang tidak kunjung hilang. Meski bekas jerawat tidak terasa gatal atau nyeri, hanya saja bekas jerawat bisa membuat kulit terlihat kotor atau kotor karena tidak ada komedo di kulit.

Efek Setelah Menghilang

Menurut beberapa sumber, ketika seseorang memiliki bekas jerawat, kondisi kulitnya tidak bisa kembali seperti semula meskipun bekas jerawatnya sudah hilang, hal ini disebabkan adanya jaringan parut pada kulit. atau luka yang terjadi pada jaringan kulit. Inilah sebabnya mengapa banyak yang bertanya-tanya apakah bekas jerawat bisa hilang sama sekali. Meski begitu, dengan perawatan rutin, kondisi kulit bisa baik dan tidak terlalu keriput akibat bekas jerawat. Berbeda dengan bekas jerawat, jerawat yang sangat umum bisa dirasakan oleh siapa saja, biasanya tidak akan banyak berpengaruh pada kulit setelah hilang, kecuali meninggalkan bekas. ‘jerawat.

Berapa lama Bekas Jerawat Memudar?

Perbedaan dan bekas jerawat selanjutnya adalah waktu yang dibutuhkan agar jerawat dan bekas jerawat tersebut memudar. Bisa hilang atau tidaknya jerawat dan bekas jerawat tergantung rutinitas dan perawatan atau treatment yang dilakukan. Hanya saja jerawat dikenal lebih sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk hilang dibandingkan dengan menghilangkan jerawat itu sendiri. Meski begitu, jerawat dan bekas jerawat dapat diobati dengan bahan-bahan alami yang dibuat secara rutin atau dengan berbagai obat jerawat dan bekas jerawat yang direkomendasikan dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *