image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

mengajarkan anak merawat kulit

Pentingnya Mengajarkan Anak Untuk Merawat Kulit Sejak Dini

Eva Mulia – Penyesalan memang selalu datang belakangan, terutama menysal karena tidak melakukan rutinitas perawatan kulit sejak dini. Padahal merawat kulit sejak kecil bisa menjadi investasi untuk mendapatkan kulit yang sehat di masa depan. Jika Anda tidak ingin kondisi ini terjadi pada anak Anda, sebaiknya ajari mereka untuk merawat kulit sedini mungkin. Melakukan perawatan kulit sejak dini bisa membantu kulit anak Anda tetap sehat hingga masa tua. Lantas, bagaimana cara yang tepat ajari anak untuk merawat kulitnya? Berikut cara mudah yang bisa Anda ajarkan pada anak Anda.

Ajarkan Anak untuk Mengetahui Jenis Kulit Mereka

mengajarkan anak merawat kulit

Langkah pertama Anda harus ajarkan pada anak mengenai cara merawat kulit sesuai dengan jenis kulit mereka. Jenis kulit anak bisa ditentukan oleh dokter kulit atau oleh Anda sendiri. Ada beberapa tanda yang bisa menjadi panduan Anda.

  • Kulit normal: Memiliki warna kulit rata, teksturnya lembut, tidak tampak adanya pori-pori besar, cacat, noda merah, komedo. Permukaan kulit tidak terlalu berminyak atau kering karena kadar air dan minyak wajah seimbang. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang tidak membutuhkan banyak perawatan.
  • Kulit kering : Kulit menjadi kasar dan bersisik, pori-pori besar, gatal. Anda bisa melihat pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit. Penggunaan sabun dan scrubbing yang berlebihan bisa membuat kulit semakin kering.
  • Kulit berminyak: Kulit tampak mengkilap. Ada pori-pori yang terbuka, komedo dan jerawat. Kulit berminyak membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.
  • Kulit kombinasi: Kulit berminyak di dagu, hidung, kening dan kering di bagian lainnya. Ada pori-pori yang besar dan beberapa komedo.

Ajari Cara Mencuci Wajah yang Tepat

mengajarkan anak merawat kulit

Ajari anak Anda untuk selalu membersihkan kulit secara teratur berdasarkan jenis kulitnya. Cara ini sangat efektif untuk mengangkat kotoran, produksi minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati. Menjaga kebersihan tangan juga cukup penting karena tangan yang kotor bisa menyebarkan kotoran atau kuman. Untuk itu, bersihkan tangan dengan air bersih dan sabun. Mulai dari telapak, pergelangan tangan, dibawah kuku, dan jari.

Gunakanlah facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilih produk yang tidak mengandung pewangi atau warna. Ketika ingin membersihkan tubuh gunakan air hangat, bersihkan tubuh dengan sabun. Berikan perhatian khusus pada wajah Anda. Saat anak Anda memasuki masa pubertas, maka produksi minyak akan berlebih sehingga ingatlah untuk membersihkannya dengan seksama.

Terapkan Penggunaan Tabir Surya Sejak Dini

mengajarkan anak merawat kulit

Tabir surya mampu melindungi kulit dari kerusakan oleh radiasi UV dari matahari. Meskipun kulitnya berwarna gelap, tetapi anak Anda tetap membutuhkan tabir surya untuk menghindari terbakar matahari. Pilihlah tabir surya dengan SPF minimum 30 sampai 45.

Selain itu, gunakan pakaian berlengan panjang dan celana panjang bisa melindungi kulit dengan lebih baik.  Anda juga bisa memberi tahu anak Anda untuk menggunakan masker dan topi. Buat anak mengerti akan efek buruk yang akan dihadapi jika dirinya tidak memakai tabir surya saat berada diluar ruangan.

Bantu Anak Dalam Memecahkan Masalah Kulit yang Dihadapi

mengajarkan anak merawat kulit

Beri tahu anak Anda bahwa jerawat merupakan bagian normal dari masa tumbuh kembang. Anak tidak perlu merasa malu dengan kondisi kulitnya. Banyak remaja lain yang berjerawat pada masa puber. Munculnya jerawat bisa disebabkan karena minyak yang berlebih dan becampur dengan sel-sel kulit mati dan kotoran dikulit, menyumbat pori-pori. Jerawat dapat diobati dengan efektif dengan perawatan sederhana.

Anda juga harus beri tahu anak Anda untuk tidak memakai produk berminyak, terlalu sering mencuci muka, dan menyentuh jerawat. Ada beberapa obat jerawat yang dijual di apotek dapat membantu, seperti benzoil peroksida. Jika jerawatnya tidak kunjung sembuh dan semakin parah, segera konsul ke dokter kulit.

Baca juga: 5 Faktor Utama Penyebab Kerusakan Kulit Wajah

Leave a Reply