image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Fakta Masker Kunyit Ampuh Atasi Masalah Jerawat?

Eva MuliaMasker Kunyit untuk Jerawat Salah satu rempah yang mempunyai  banyak manfaat untuk kesehatan adalah kunyit. Tidak hanya memperkaya rasa masakan, kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk pada kulit.

Penggunaan kunyit pada banyak produk kecantikan seperti masker dirasa mampu membantu mengatasi jerawat. Tapi,  apakah benar penggunaan masker kunyit untuk jerawat terbilang ampuh?

Manfaatnya Kandungan yang Terdapat Pada Kunyit

Dr. Eva Mulia - Fakta Masker Kunyit Ampuh Atasi Masalah Jerawat - masker kunyit untuk jerawat - cara membuat masker kunyit - obat jerawat alami - masker wajah

Manfaat Menggunakan Masker Kunyit

Kunyit sendiri memiliki kandungan yang bernama kurkumin. Bahan yang satu ini dikenal mempunyai banyak manfaat terutama memiliki sifat antiradang, mengandung antioksidan dan sifat antipenuaan yang dapat digunakan untuk mengobati radang sendi, diabetes, dan penyakit Alzheimer.

Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk jerawat. Dibawah ini, khasiat utama dari kunyit untuk mengatasi jerawat :

1. Mencegah Peradangan

Masalah paling sering terjadi pada jerawat adalah peradangan karena penumpukan bakteri pada jerawat. Peradangan ini menyebabkan jerawat menjadi merah dan kadang menimbulkan luka yang menyakitkan. Obat anti-inflamasi atau pencegah peradangan yang terdapat dalam kunyit akan bekerja masalah ini.

Untuk menghindari peradangan jerawat. Hindari hal-hal berikut ini :

  • Bahaya chemical peeling untuk wajah jerawat
  • Bahaya memencet jerawat

2. Sumber Antioksidan

Kunyit memiliki kandungan senyawa aktif yang disebut dengan kurkuminoid. Senyawa inilah yang bekerja untuk mengatasi peradangan dan juga menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk jerawat. Masker yang dibuat dari bahan kunyit  segar dipercaya mengandung senyawa ini dalam jumlah yang masih tinggi dibandingkan kunyit bubuk. Oleh karena itu, masker dari kunyit akan membuat jerawat mengecil atau membantu mengeluarkan kotoran dari jerawat. Sumber antioksidan ini juga berfungsi sebagai :

  • makanan penghilang jerawat
  • menghilangkan jerawat pasir

3. Mengurangi Minyak

Setiap orang yang mempunyai kulit berminyak mungkin akan jenuh dengan jerawat. Produksi minyak yang berlebihan dari pori-pori kulit memicu timbulnya jerawat karena kulit lebih banyak mendapatkan kotoran atau bakteri. Kunyit akan bekerja dalam membersihkan minyak dan semua kotoran yang tertinggal dalam pori-pori. Bagi

Bagi Anda yang mempunyai wajah berminyak, berikut ini perawatan yang bisa dilakukan :

  • Memberikan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak
  • Perawatan wajah berjerawat dan berminyak
  • Scrub alami untuk wajah berjerawat dan berminyak

Efek Samping Pemakaian Masker Kunyit untuk Jerawat

Dr. Eva Mulia - Fakta Masker Kunyit Ampuh Atasi Masalah Jerawat - masker kunyit untuk jerawat - cara membuat masker kunyit - obat jerawat alami - masker wajah

Hindari Menggunakan Masker Kulit Secara Berlebihan

Memang memakai masker kunyit sangat baik untuk kulit. Tetapi beberapa orang juga dapat mengalami masalah karena efek dari kunyit yang bereaksi langsung pada kulit. Berikut ini beberapa efek samping dari memakai kunyit sebagai masker alami :

  • Sebaiknya memakai masker kunyit alami jangan lebih dari 30 menit karena bisa membuat bintik merah pada kulit.
  • Hindari memakai  masker kunyit setiap hari hal ini akan menyebabkan efek terbakar untuk kulit.
  • Setelah memakai masker kunyit sebaiknya bersihkan dengan pembersih wajah dan terapkan pelembab.
  • Bagi Anda yang memiliki kulit kering mencampurkan kunyit dengan air sangat dilarang. Sebaiknya gantilah bahan air dengan yogurt atau susu untuk memberikan kelembapan alami.

Inilah beberapa tips ampuh dari masker kunyit untuk mengatasi jerawat dan termasuk salah satu metode perawatan wajah dengan alami. Kalin juga bisa melihat tips perawatan wajah dari Klinik Eva Mulia.

Leave a Reply