image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat teh hijau untuk jerawat

Benarkah Teh Hijau Mampu Menghilangkan Jerawat?

evamuliaclinic – Selama berabad-abad teh telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi semua masalah kesehatan. Nah, teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang paling terkenal dan punya banyak manfaat. Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, katekin, dan senyawa alami lainnya membuat teh ini punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk kulit. Teh hijau sering digunakan sebagai obat jerawat alami. Tetapi, seberapa ampuhkah teh hijau untuk jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Sekilas Tentang Teh Hijau

Pada dasarnya, semua jenis teh seperti teh hijau, teh oolong dan teh hitam bisa ditemukan pada tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Perbedaannya bisa dilihat dari cara pengolahannya. Sehingga membuat masing-masing teh mempunyai warna dan rasa yang khas.

Pembuatan teh hijau dilakukan dengan cara dikukus dan dikeringkan. Prosesnya pun sangat cepat untuk menghindari berubahnya warna daun menjadi lebih cokelat. Teh ini juga dinilai memiliki potensi kesehatan paling baik karena memiliki kandungan antioksidan polifenol yang paling tinggi.

Manfaat Teh Hijau untuk Jerawat

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kandungan antioksidan polifenol dari teh hijah mampu melindungi kulit dan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Berikut manfaat teh hijau untuk jerawat di wajah.

1. Mengurangi peradangan kulit

manfaat teh hijau untuk jerawat

Teh hijau kaya akan kandungan polifenol atau katekin. Kandungan polifenol merupakan senyawa dalam tumbuhan yang mempunyai manfaat kesehatan bagi manusia. Sedangkan katekin merupakan antioksidan dan antiperadangan. Katekin yang terkandung dalam teh hijau inilah yang dipercaya efektif untuk menguragi peradangan kulit berjerawat, terutama pada bagian T zone.

2. Melawan Bakteri Penyebab Jerawat

manfaat teh hijau untuk jerawat

Teh hijau memiliki sifat antibakteri untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Seperti propionibacteria granulosum, staph, dan propionibacteria acnes.

Bukan hanya dari bakteri saja yang menjadi penyebab jerawat. Kelebihan minyak dan penumpukan sel kulit mati di wajah juga bisa menyebabkan jerawat muncul.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat Penghilang Jerawat yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply