image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

masalah kulit mirip jerawat

4 Jenis Masalah Kulit Mirip Jerawat yang Wajib Anda Ketahui

Masalah kulit mirip jerawat- Menjaga kesehatan dan merawat wajah adalah sesuatu yang sangat penting yang tidak boleh disepelekan sedikitpun. Karena, wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling  sensitif dan mudah terserang berbagai macam gangguan, salah satunya adalah jerawat.

Dengan adanya gangguan tersebut, tentu saja akan membuat penampilan menjadi menurun dan tidak percaya diri. Hal ini karena wajah adalah faktor utama dalam menentukan penampilan seseorang. Selain itu, wajah juga faktor utama yang terlihat secara langsung di depan mata.

Sebenarnya, ada beberapa masalah pada wajah yang jarang diketahui sebagian orang. Mereka hanya menganggap semua masalah yang muncul pada wajah adalah jerawat, padahal sebenarnya tidak demikian. Ternyata ada beberapa masalah pada wajah yang bukan jerawat, tapi disebabkan masalah lainnya. Untuk itu, yuk simak beberapa masalah yang sering dikaitkan dengan jerawat.

Masalah Kulit Mirip Jerawat

1. Rosacea

masalah kulit mirip jerawat

Hadirnya Rosacea memang sangat mirip dengan jerawat, yaitu muncul benjolan kecil-kecil dan berwarna merah. Padahal sebenarnya rosacea sendiri adalah suatu gangguan inflamasi kronis yang disebabkan oleh beberapa faktor, Seperti penggunaan kosmetik, kafein, alkohol, dan makanan pedas.

2. Folliculitis

masalah kulit mirip jerawat

Folliculitis adalah inflamasi pada folikel rambut, yang terlihat seperti jerawat kecil dan biasanya berisikan nanah seperti whitehead. Folliculitis terjadi akibat dari beberapa jenis bakteri yang berasal dari barbershop atau air yang kurang bersih seperti pada kolam renang umum.  Anda bisa menemukan folliculitis pada seluruh area kulit, seperti pada area paha, bokong, leher, dan ketiak. Karena disebabkan oleh bakteri, Anda bisa menggunakan obat jerawat dengan khasiat anti-bakteri seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk mengatasi folliculitis.

3. Keratosis Pilaris

masalah kulit mirip jerawat

Keratosis pilaris merupakan kondisi kulit yang tampak seperti bintil-bintil pada kulit yang sangat banyak (bisa berawarna merah, mutih, atau sewarna kulit). Bintil-bintil ini muncul karena folikel rambut yang tersumbat oleh keratin, tapi kondisi ini tidak berbahaya dan mengganggu kesehatan. Biasanya, keratosis pilaris akan Anda temukan pada area lengan atau kaki.

4. Hyperplasia Sebasea

masalah kulit mirip jerawat

Selanjutnya adalah hyperplasia sebasia, yaitu masalah kulit yang biasanya dikarenakan faktor genetik. Umumnya, kemunculan masalah kulit ini berupa benjolan dengan warna menyerupai daging pada pipi, dahi, dagu, dan hidung.

Baca juga: 5 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Menghilangkannya

Leave a Reply