image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

masalah kulit mirip jerawat

5 Jenis Masalah Kulit Mirip Jerawat yang Perlu Anda Ketahui

Eva Mulia – Pernahkah Anda menemukan bintik kemerahan seperti jerawat pada kulit wajah? Tunggu, jangan langsung dioleskan dengan obat jerawat. Karena  belum tentu apa yang Anda kira sebagai jerawat tersebut benar-benar adalah jerawat. Jerawat sendiri memiliki beberapa jenis dengan bentuk yang berbeda-beda. Apalagi jika ditambahkan dengan munculnya bintik merah tersebut yang hampir mirip dengan jerawat. Beda permasalahannya, tentu berbeda pula penanganannya. Agar tidak salah menanganinya, yuk, kenali dulu 5 jenis masalah kulit mirip jerawat berikut ini!

Masalah Kulit Mirip Jerawat

1. Rosacea

masalah kulit mirip jerawat

Masalah kulit mirip jerawat pertama adalah Rosacea. Rosacea adalah inflamasi kulit kronis yang sering dianggap sebagai jerawat. Hal ini karena tampilannya yang berupa kemerahan dengan sedikit benjolan-benjolan pada area pipi. Gejala utama dari rosacea adalah munculnya bercak merah kecil yang terkadang berisi nanah.

Meskipun sebenarnya kondisi kulit rosacea tidak hanya muncul pada area pipi saja, namun rosacea akan tampak jelas pada area pipi. Berbeda dengan jerawat, rosacea adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh zat kimia histamin yang diproduksi oleh tubuh, bisa juga dipicu oleh makanan pedas, kafein, dan alkohol.

2. Folliculitis

masalah kulit mirip jerawat

Masalah kulit mirip jerawat kedua adalah folliculitis. Masalah kulit ini terjadi karena adanya inflamasi pada folikel rambut, yang terlihat seperti jerawat kecil dan biasanya berisikan nanah seperti whitehead. Folliculitis juga terjadi akibat dari beberapa jenis bakteri yang berasal dari barbershop atau air yang kurang bersih seperti pada kolam renang umum.Anda bisa menemukan folliculitis pada seluruh area kulit, seperti pada area paha, bokong, leher, dan ketiak. Karena disebabkan oleh bakteri, Anda bisa menggunakan obat jerawat yang mengandung anti-bakteri seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk mengatasi folliculitis.

3. Keratosis Pilaris

masalah kulit mirip jerawat

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang berbentuk bintil-bintil (yang berwarna merah, putih atau sewarna kulit). Bintil-bintil tersebut muncul karena folikel rambut yang tersumbat oleh keratin, namun kondisi ini tidak berbahaya dan mengganggu kesehatan. Biasanya, keratosis pilaris akan Anda temukan pada area lengan atau kaki.

4. Hyperplasia Sebasea

masalah kulit mirip jerawat

Perioral dermatitis merupakan ruam wajah yang terjadi pada area mulut. Penyebab utama kondisi kulit ini adalah karena penggunaan steroid, namun masalah kulit ini bisa juga disebabkan oleh kandungan fluoride pada pasta gigi.

Ciri-ciri dari munculnya perioral dermatitis ditandai dengan munculnya bercak dan ruam kemerahan pada area mulut, Nah, solusi untuk mengatasi kondisi kulit ini adalah dengan mengentikan penggunaan steorid baik untuk konsumsi maupun dalam produk topikal seperti krim wajah atau menghindari pengguaan pasta gigi dengan kadar fluoride yang tinggi.

5. Ingrown Hair

masalah kulit mirip jerawat

ingrown hair

Ingrown hair adalah rambut yang tumbuh di dalam kulit (ingrown) sehingga memicu tumbuhnya benjolan yang tampak seperti jerawat. Ciri-ciri dari ingrown hair yaitu terlihat seperti kemerahan dan benjolan putih yang berisikan rambut.

Biasanya, ingrown hair muncul pada area dimana bulu sering dihilangkan, seperti ketiak atau dagu (saat mencukur janggut). Meskipun kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya, tidak jarang juga folikel rambut yang terperangkap di bawah kulit tersebut menyebabkan infeksi dan perlu ditangani oleh dermatologis.

Baca juga: 5 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Menghilangkannya

Leave a Reply