image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

evamulia clinic - jerawat di pipi

5 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Menghilangkannya

Klinik Eva Mulia – Munculnya jerawat secara tiba-tiba memang sangat mengganggu penampilan, apalagi jika munculnya di pipi. Jerawat di pipi sulit untuk di tutupi, karena kita tidak diperbolehkan untuk menggunakan make up yang terlalu tebal saat jerawat sedang meradang. Nah, agar rasa percaya diri Anda kembali, yuk cari tahu apa saja penyebab munculnya jerawat di pipi dan bagaimana cara mengatasinya! Berikut ulasannya.

Penyebab Jerawat di Pipi

evamulia clinic - jerawat di pipi

Biasanya jerawat di pipi disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor eksternal maupun faktor internal. Nah, berikut ini penyebab jerawat pipi yang sering terjadi!

1. Indikasi Penyakit Dalam

Penyebab jerawat di pipi yang pertama adalah adanya penyakit dalam tubuh seperti gangguan pada paru-paru. Jika Anda merasakan gejala aneh pada pernapasan dan disertai dengan munculnya jerawat di pipi, maka segera periksakan pada dokter kulit.

2. Sarung Bantal yang Kotor

Penyebab jerawat di pipi yang kedua adalah kurang menjaga kebersihan lingkungan salah satunya sarung bantal. Apa hubungannya sarung bantal dengan jerawat? Sarung bantal bisa menjadi salah satu penyebab utama tumbuhnya jerawat. Meskipun terlihat bersih, namun ternyata sarung bantal bisa menjadi tempat dimana bakteri, kuman, minyak, kotoran, hingga sel-sel kulit mati berkumpul dan menyebabkan masalah jerawat. Jika Anda sering menempelkan wajah pada sarung bantal yang kotor sepanjang malam, maka tentu resiko terkena jerawat akan meningkat.

3. Pengguanaan smartphone

Smartphone merupakan salah satu sumber berkumpulnya bakteri, debu dan kotoran yang menempel pada handphone setiap hari. Selain itu, jarang mencuci tangan setelah memegang handphone, akan membuat bakteri lebih mudah berpindah. Jika Anda merasa jerawat pada pipi semakin banyak, bisa jadi handphone yang Anda gunakan menjadi salah satu penyebabnya. Untuk selalu sempatkan untuk membersihkan layar handphone sehari sekali

4. Konsumsi Makanan yang Salah

Penyebab jerawat di area pipi selanjutnya yaitu karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Ada beberapa makanan penyebab jerawat yang bisa menimbulkan jerawat. Contohnya makanan yang bisa meningkatkan gula darah yang kemudian bisa memicu meningkatnya insulin. Nah, dengan meningkatnya tingkatan insulin di dalam tubuh, maka produksi minyak di kulit akan meningkat. Sehingga lebih mudah menyebabkan jerawat.

5. Membersihkan Wajah Kurang Maksimal

Jerawat di pipi juga bisa terjadi karena kurang maksimal membersihkan wajah. Terkadang kita merasa sudah membersihkan wajah dengan baik dari debu dan polusi, tetapi bagaimana dengan sisa make up? Biasanya sisa makeup akan lebih sulit untuk dibersihkan dan berpotensi tertinggal di kulit wajah. Make up yang tebal tentu memerlukan usaha keras untuk bisa benar-benar bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat Pipi

1. Mengunakan Masker Wajah

Cara menghilangkan jerawat di pipi adalah dengan menggunakan masker wajah. Anda bisa mencoba berbagai jenis masker wajah yang beredar di pasaran atau dengan membuat masker alami sendiri di rumah. Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang mudah didapat, seperti tomat, lemon, lidah buaya, yang sudah dipercaya mampu mengatasi jerawat.

2. Menjaga Kebersihan

Selalu menjaga kebersihan lingkungan, hal ini untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat di sekitar Anda. Bersihkan layar smartphone Anda secara rutin, rutin mengganti sarung bantal selama beberapa hari sekali dan pastikan bahwa tangan Anda selalu bersih ketika menyentuh wajah.

3. Gunakan Obat Jerawat

Jika jerawat tidak kunjung sembuh, meskipun sudah menggunakan masker wajah, Anda bisa mengobatinya dengan obat jerawat. Ada beberapa obat jerawat yang bisa Anda temui di apotek. Mulai dari obat minum hingga obat berbentuk salep.Tapi, jika jerawat semakin membandel sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar bisa ditangani dengan metode lainnya.

4. Bersihkan Wajah Dengan Maksimal

Cara menghilangkan jerawat yang terakhir yaitu selalu membersihkan wajah dengan maksimal. Bersihkan wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari. Jangan biarkan ada sisa make up, debu, dan kotoran di wajah. Lakukan proses exfoliating wajah paling tidak seminggu sekali untuk membersihkan kotoran yang masih tersisa di pori-pori.

Baca juga: Inilah Tanda Wanita Mengalami Jerawat Hormonal yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply