image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

peppermint essential oil

Manfaat Peppermint Oil untuk Kulit dan Rambut

Eva Mulia Klinik – Peppermint oil adalah salah satu jenis essential oil yang punya banyak manfaat. Bisa digunakan untuk keperluan medis, aromaterapi, kuliner, hingga perawatan tubuh. Maka tak heran jika produk ini banyak ditemukan pada berbagai macam produk kecantikan. Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat peppermint oil, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa manfaat peppermint essential oil dan cara menggunakannya untuk kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat Peppermint Essential Oil

peppermint essential oil

1. Mengotrol Produksi Minyak Berlebih

Manfaat peppermint essential oil yang pertama adalah bisa mengontrol produksi minyak berlebih. Minyak ini cocok digunakan pada kulit berminyak atau kombinasi. Peppermint memiliki kandungan astringent yang berguna untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit. Cara menggunakannya, tuangkan 2-3 tetes peppermint oil pada kapas, kemudian lalu usapkan perlahan pada keseluruhan wajah. Selanjutnya, gunakan pelembap dan skin care lainnya.

2. Mencegah Jerawat

Jika saat ini Anda sedang mengalami jerawat yang membandel, salah satu solusinya Anda bisa menggunakan peppermint essential oil. Kandungan antiseptik dalam peppermint essential oil mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, minyak ini juga bisa mengurangi peradangan pada jerawat, mengontrol sebum pada kulit, serta mengecilkan jerawat.

Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung pada wajah yang berjerawat atau bisa membuat campuran menggunakan gel lidah buaya. Caranya menggunakannya, campurkan 1/4 cangkir gel lidah buaya dengan 3 tetes peppermint oil, dan 3 tetes tea tree oil, Lalu aduk hingga merata dan segera aplikasikan pada wajah.

3. Mengatasi Bibir Kering

Manfaat peppermint oil yang ketiga yaitu bisa mengatasi bibir kering. Selain itu, peppermint oil bisa dijadikan sebagai lip balm untuk menenangkan, mendinginkan, serta menyebuhkan bibir yang pecah-pecah. Minyak ini juga bisa melancarkan peredaran darah pada bibir. Bahkan minyak ini bisa memperlancar peredaran darah pada bibir sehingga Anda bisa mendapatkan bibir yang merah alami. Cara membuat DIY lip balm cukup mudah, campurkan 3 sendok makan cocoa butter, 2 sendok makan minyak kelapa, dan 10 tetes peppermint essential oil. Kemudian gunakan pada bibir setiap diperlukan.

4. Stimulasi Pertumbuhan Rambut

Ketika Anda mulai menyadari rambut yang rontok semakin banyak, kini waktunya untuk mulai merawat rambut menggunakan peppermint oil. Minyak ini bisa meningkatkan aliran darah pada kulit kepala sekaligus menstimulasi folikel rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara menggunakannya campurkan 5 tetes peppermint oil dengan 90 ml minyak kelapa, kemudian aplikasikan pada rambut sambil dipijat selama 3 menit. Tunggu selama 1 jam sebelum dibilas dengan menggunakan sampo. peppermint oil ini juga mampu menutrisi rambut dan memperkuat rambut dari akarnya.

5. Melembapkan Rambut

Manfaat peppermint oil yaitu mampu melembapkan rambut. Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut kering dan rusak, Anda bisa menggunakan peppermint oil untuk melembapkan rambut secara alami. Minyak ini memiliki kemampuan untuk mengunci kelembapan rambut sehingga rambut terlihat lebih sehat.

Cara menggunakannya, campurkan peppermint oil dengan carrier oil, kemudian aplikasikan pada rambut. Lalu  bungkus rambut menggunakan shower cap atau handuk hangat selama 20-30 menit hingga minyak meresap dengan baik.

Baca juga: 4 Manfaat Neroli Oil untuk Kecantikan Kulit

Leave a Reply