image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

probiotik untuk jerawat

Apakah Benar Probiotik Untuk Jerawat Sangat Ampuh?

Probiotik untuk jerawat- Jika mendengar kata probiotik, pasti banyak yang langsung  ingat dengan bakteri baik yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan kita. Tetapi, apakah Anda tahu bila probiotik juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit kita? Bahkan, bakteri yang satu ini juga dipercaya bisa menjadi solusi dari permasalahan jerawat. Nah, penasaran bagaimana caranya? Sebelumnya, kita harus tau dulu nih apa yang itu probiotik!

Apa Itu Probiotik?

probiotik untuk jerawat

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup berupa bakteri yang dapat ditemukan di sistem pencernaan manusia. Fungsi utama probiotik adalah melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia. Kemampuan probiotik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia juga berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, karena turut membantu menguatkan sistem imum tubuh.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, probiotik juga memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat inilah yang membuat probiotik bermanfaat bagi kulit karena dapat membantu meredakan masalah kulit akibat peradangan, seperti eksim, rosacea, penuaan, hingga jerawat.

Manfaat Probiotik Untuk Kulit

Ada beberapa manfaat yang diberikan probiotik untuk kesehatan kulit. Beberapa di antaranya adalah:

    • Mengurangi inflamasi pada kulit: Probiotik dapat memberikan efek menenangkan pada kulit, sekaligus meredakan peradangan yang terjadi pada kulit. Efek menenangkan pada kulit ini juga mencegah sistem imun untuk menyerang mikroorganisme lainnya pada kulit yang bisa menyebabkan flare-up.
    • Memperkuat skin barrier: Probiotik mampu mengurangi ancaman infeksi dan memperkuat daya tahan kulit terhadap bakteri buruk, polusi, dan radikal bebas. Dengan begitu, skin barrier pun akan bebas dari gangguan dan menjadi semakin kuat dengan sendirinya.
    • Anti-aging: Penggunaan probiotik secara topikal dapat membantu penyerapan kelembapan pada kulit dan membantu memperlambat penuaan pada kulit. Kerutan garis halus, dan tampilan pori-pori pada kulit dapat tersamarkan. Selain itu, probiotik juga membantu meminimalisir kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari.

Cara Menggunakan Probiotik untuk Mengatasi Jerawat

probiotik untuk jerawat

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat probiotik bagi kulit. Kini saatnya kita membahas cara menggunakan probiotik untuk mengatasi jerawat. Anda bisa merasakan manfaat probiotik melaui dua cara, yaitu dengan cara dikonsumsi dan secara topikal. Agar hasilnya lebih maksimal, akan lebih baik kalau Anda melakukan dua cara ini secara bersamaan.

  • Konsumsi: Probiotik banyak ditemukan pada makanan-makanan fermentasi, seperti yogurt, kefir, tempe, kombucha, dan sup miso. Seimbangkan juga dengan makanan kaya probiotik, seperti pisang, bawang putih, bawang bombay, atau oat, agar hasilnya maksimal. Nah, kalau Anda merasa asupan probiotik dari makanan dan minuman saja tidak cukup, bisa dibantu dengan konsumsi suplemen dengan kandungan Lactobacillus paracasei, Enterococcus faecalis, Lactobacillus plantarum, dan Streptococcus salivarius.
  • Skin care: Probiotik akan membantu merawat kulit Anda dari luar. Skin care dengan kandungan probiotik akan memperkuat skin barrier dan membuat kulit Anda menjadi lebih terhidrasi, terhindar dari infeksi, jerawat, serta iritasi. Ada beberapa produk skin care dengan kandungan probiotik yang bisa Anda.

Probiotik dapat menjadi solusi dari permasalahan jerawat Anda. Namun, perlu diingat juga kalau pencegahan jerawat ini perlu diseimbagi dengan gaya hidup yang sehat. Tak hanya itu, untuk jerawat yang disebabkan faktor hormon atau genetik, mungkin tidak terlalu merasakan khasiat dari probiotik. Kalau sudah mengalami jerawat dalam kondisi yang parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, ya!

Baca juga: Sebelum Traveling, Ikuti 5 Tips Wajah Bebas Jerawat Saat Traveling

Leave a Reply