image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Buah Ceri Yang Jarang di Ketahui - Seperti yang telah kita pahami, buah-buahan memiliki rasa yang beragam dengan manfaat yang beragam pula. Berbagai manfaat baik dari buah-buahan ini sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satunya buah ceri.

Manfaat Buah Ceri

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah – Manfaat Buah Ceri Yang Jarang di Ketahui – Seperti yang telah kita pahami, buah-buahan memiliki rasa yang beragam dengan manfaat yang beragam pula. Berbagai manfaat baik dari buah-buahan ini sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satunya buah ceri.

Meskipun memiliki ukuran dan bentuk yang cukp unik, ada segudang manfaat buah ceri yang mungkin belum kalian tahu. Penasaran seperti apa saja manfaatnya? Berikut adalah pembahasannya. Nutrisi buah ceri per 100 gram: Kalori (kcal), Natrium, Kalium, Karbohidrat, Protein, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B12, Vitamin C, Zat besi, Vitamin B6, Magnesium.

Manfaat Buah Ceri

Sumber Nutrisi

Manfaat buah ceri dari warna merahnya berasal dari anthocyanin yang tinggi, yaitu sejenis antioksidan yang bertugas melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh akibat stres oksidatif. Jenisnya seperti serat, karoten, vitamin C, kalium, tetapi buah ini rendah kalori dan aman dijadikan cemilan.

Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat buah ceri yang kalian bisa dapatkan adalah membantu mengurangi nyeri pada sendi. Sebuah penelitian mengungkap jika meminum jus buah ceri dengan rutin 2 kali sehari selama 3 minggu mampu mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri sendi.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah ceri yang sayang dilewatkan adalah menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian American Journal of Clinical Nutrition, hal ini karena kandungan polifenol sejenis antioksidan yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mnafaat buah ceri selanjutnya dalah menjaga kesehatan jantung, hal ini disebabkan karena kandungan senyawa potasium dan antioksidan polifenol. Buah ceri manis 145 gram memberikan 10% dari asupan kalium, mineral untuk menjaga kesehatan jantung. Buah ceri kaya akan pilifenol, anthocyanin, flavonol dan katekin.

Menurunkan Resiko Asam Urat

Menurut penelitian manfaat buah ceri jika dikonsumsi selama dua hari ( baik ceri segar, ekstrak ceri dan jus) mampu menurunkan resiko 35% lebih rendah terkena serangan asam urat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi ceri sama sekali.

Menurunkan Kolesterol

manfaat buah ceri untuk kesehatan diyakini juga dapat menurunkan kolesterol. Jenis ceri asam dapat membantu menurunkan kolesterol total, termasuk jenis kolesterol jahat (LDL). Mengkonsumsi ceri asam atau minum jus ceri tart bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Manfaat ceri yang manis kaya akan beta karoten, vitamin C, anthocyanin dan quercetin yang diyakini mampu melawan kanker. Kandungan ini mampu mencegah mutasi genetik yang dapat menyebabkan kanker dan menjaga selkanker agar tidak terkendali.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengkonsumsi jus ceri tart selama 7 hari dapat mengalami peningkatan kadar melatonin yang signifikan, durasi tidur dan kualitas tidur dibanding mengkonsumsi plasebo. Manfaat buah ceri dalam meningkatkan kualitas tidur ini masih dalam penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Anthocyanin dalam ceri dapat bermanfaat untuk orang yang menderita glukoma (penumpukan cairan dalam mata yang menyebabkan gangguan penglihatan). Beberapa orang yang melakukan pengobatan dengan anthocyanin menunjukan peningkatan dalam penglihatan.

Sistem Kekebalan Yang Lebih Kuat

Mnfaat buah ceri dari kandungan antioksidan dan anthocyanin dapat melawan bakteri. Sumber alami antimikroba dalam ceri ini bisa membuanuh organisme kecil yang disebut mikroba, seperti bakteri penyebab penyakit. Hal ini membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan melawan penyakit ringan seperti pilek.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah ceri jika dikonsumsi secara rutin mampu menurunkan berat badan. Cocok untuk kalian yang sedang menjalankan diet. Ceri memiliki kalori yang rendah yang berarti satu cangkir ceri kurang dari 100 kalori. Buah ceri mengandung banyak vitamin untuk memperkuat metabolisme dan mengelurkan racun dalam tubuh.

Anti Penuaan

Kandungan buah ceri memiliki antioksidan yang berlimpah. Seprtyi yang sudah kita ketahui jika antioksidan mampu melawan radikal bebas yang membuat kulit tampak kusam. Berkat kandungan antioksidan ini lah yang bisa mencegah masalah kulit kalian.

1 Comment

Leave a Reply