Campuran skincare menyebabkan breakout

Perbedaan Serum dan Face Oil Dan Kapan Waktu yang Tepat Pemakaianya

Evamuliaclinic Perbedaan Serum dan Face Oil – Saat ini, semakin banyak produk perawatan kulit yang muncul dalam bentuk serum dan face oil. Keduanya dipercaya mengandung bahan aktif yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit, tergantung bahannya. Beberapa dari Anda mungkin bingung untuk apa dan kapan harus menggunakan kedua jenis perawatan kulit ini, bukan? Padahal, keduanya cukup berbeda, agar tidak bingung, langsung saja ke penjelasan tentang perbedaan serum wajah dan face oil dan kapan menggunakannya selanjutnya, yuk kita mulai!

Serum Memiliki Bahan Aktif yang Menargetkan Masalah Kulit Tertentu

Fungsi : Sebagai perawatan khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Tekstur: Dari ringan dan encer seperti air, hingga agak kental seperti lendir. Perbedaan tekstur ini dibuat agar sesuai dengan jenis atau masalah kulit tertentu.

Bahan: Mengandung bahan aktif sebagai bahan utama yang berfokus pada pemecahan masalah kulit ini. Misalnya untuk menghilangkan komedo atau mencerahkan wajah, melawan penuaan, memperbaiki tekstur kulit, melembabkan kulit.

Formula: Bahan aktif yang dikandungnya, seperti vitamin C, jenis asam, galactomyces, snail, ekstrak teh hijau, dll.

Face Oil, menghidrasi, melembapkan dan mengatasi masalah kulit

Fungsi: Minyak menargetkan masalah kulit tertentu, sekaligus bertindak sebagai penghalang alami bagi kulit untuk melindungi, melembabkan, menyembuhkan, dan memeliharanya. Sifatnya sebagai garis pertahanan terakhir terhadap berbagai elemen dan lingkungan.

Tekstur: kental, seperti minyak.

Komposisi: Face oil umumnya mengandung ekstrak tumbuhan dan minyak esensial yang menambah lemak pada kulit. Contohnya termasuk jojoba, rosehip, seabuckthorn, dan argan. Lemak nabati ini membantu memperkuat penghalang kelembaban dan menjaga keseimbangan kulit. Ini juga melindungi Anda dari kerusakan lingkungan yang dapat memicu jerawat dan penuaan dini.

Formula: Sebagian besar minyak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan hidrasi kulit, tetapi bukan berarti tidak penting dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Ingatlah bahwa minyak juga membantu meningkatkan hidrasi, yang merupakan komponen penting untuk kesehatan kulit.

Aplikasikan dulu Serum atau Face Oil?

Pertama, Anda perlu menerapkan produk dengan tekstur paling ringan. Jadi, jika Anda ingin menggunakan serum dan face oil, Anda harus mengoleskan serum terlebih dahulu yang bahan bakunya larut dalam air.

Oleskan serum langsung setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner. Jika Anda menggunakan essemce, oleskan esensi sebelum serum. Setelah hanya mengoleskan produk yang lebih terkonsentrasi, seperti face oil, untuk memastikan bahwa produk dapat diserap ke dalam kulit dan bekerja secara efektif. Kemudian pastikan untuk mengunci semuanya dengan pelembab.

Jika kulit Anda tidak terlalu kering atau bahkan bertanya-tanya bagaimana cara menggunakannya, lebih baik Anda tidak menggunakan  face oil dan serum secara bersamaan. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Face oil juga bisa jadi pengganti atau teman pelembap

Untuk face oil sendiri agar tidak terlalu berat, umumnya banyak orang menggunakan face oil ini sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit mereka, juga dikenal sebagai pengganti pelembab. Selain itu, ada juga yang mencampurkan face oil dengan pelembab yang mereka gunakan untuk mencapai hidrasi yang maksimal namun tidak terlalu ribet.

Ya, kamu bisa mencampurkan 2-3 tetes face oil dengan moisturizer yang biasa kamu pakai lalu mengaplikasikannya sebagai step terakhir skincare routine kamu di malam hari.

Apakah Anda tidak lagi bingung dengan perbedaan antara serum dan face oil? Putuskan mana yang akan dibeli setelah mengetahui masalah dan jenis kulit Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *