image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat jambu biji

8 Manfaat Jambu Biji untuk Kecantikan Wajah

Eva Mulia – Buah dengan warna kulit hijau dan dagingnya yang merah ini cukup dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang banyak direkomendasikan dalam menyembuhkan demam berdarah. Namun, Apakah Anda tahu bahwa selain buahnya, daun dari jambu biji ini memiliki banyak sekali manfaat untuk mengatasi berbagai masalah? Seperti masalah eksim, jerawat dan mampu mengatasi rambut rontok. Yuk, simak langsung penjelasannya berikut ini.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kulit Wajah

manfaat jambu biji untuk wajah

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Anda bisa menggunakan daging dan biji jambu sebagai scrub dan masker wajah. Penggunaannya sebagai scrub bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah. Sehingga wajah Anda terlihat lebih bersih, cerah dan kenyal. Anda juga bisa menggunakan masker jambu biji dan scrub jambu biji ini seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Toner

Manfaat jambu biji untuk wajah selanjutnya yaitu bisa digunakan sebagai toner. Kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi di dalam jambu biji mampu menjaga kulit tetap kencang, segar, dan bebas dari kerutan. Selain itu jambu biji kuga bisa memperbaiki tekstur kulit yang rusak, mengencangkan kulit, dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Bahkan kualitas astringent dari jambu biji bisa menjaga kulit terbebas dari noda hitam, jerawat, keriput, dan bekas jerawat.

3.  Mencegah Penuaan Dini

Khasiat jambu biji untuk wajah yang ketiga adalah bisa mencegah penuaan dini. Hal ini berkat kandungan vitamin A, B, C, dan potassium yang merupakan antioksidan yang baik sehingga mampu melawan radikal bebas. Sehingga kulit tetap bersinar dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat jambu biji untuk wajah yang terakhir adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Jambu bisa memiliki kandungan likopen yang tinggi. Likopen merupakan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan.

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kulit Wajah

manfaat jambu biji untuk wajah

Selain buahnya, ternyata daun jambu biji juga memiliki manfaat untuk merawat kecantikan wajah. Di dalam daun jambu biji terkandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba, analgesik,  yang bisa membantu merawat kulit. Berikut manfaat daun jambu biji untuk kulit wajah.

1. Menghilangkan Komedo

Anda bisa menghilangkan komedo dengan daun jambu biji. Cara membuat dan mengaplikasikannya juga cukup mudah, antara lain:

  • Siapkan 3 helai daun jambu biji
  • Bersihkan dan rebus sebentar
  • Letakan daun jambu biji ke dalam wadah
  • Campurkan rebusan daun tadi dengan sedikit air dan bubuk kunyit
  • Aplikasikan pada wajah dan gosok secara perlahan
  • Lakukan cara ini dua kali seminggu

2. Mengurangi Jerawat

Manfaat daun jambu biji untuk kulit wajah yang kedua yaitu dapat menghilangkan jerawat. Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri yang mampu membantu menghalau bakteri penyebab jerawat. Daun jambu biji juga bersifat anti-peradangan yang dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi munculnya jerawat, sekaligus membantu mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit.

Cara membuat dan mengaplikasikannya cukup mudah. Siapkan beberapa daun jambu biji muda, lalu bersihan dan tambahkan sedikit air. Kemudian remas-remas daun jambu hingga berbusa. Setelah itu, aplikasikan airnya pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Mengatasi Keriput

Manfaat daun jambu untuk kecantikan wajah lainnya adalah bisa menyamarkan garis-garis dan keriput di wajah. Penggunaan daun ini mampu menangkal radikal bebas, sehingga mencegah penuaan dini, Cara membuatnya cukup mudah, rebus beberapa daun jambu biji untuk mendapatkan ekstraknya. Lalu aplikasikan pada wajah, tunggu selama 10 menit sebelum dibersihkan dengan air bersih.

4. Memutihkan Kulit

Kandungan antioksidan dan zat lainnya bisa membantu mengeluarkan sel kulit mati dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Sehingga kulit terlihat lebih halus dan sehat. Cara membuatnya, cukup campurkan beberapa daun jambu biji dengan kunyit, dan teteskan air mawar secukupnya. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Jika Anda menggunakannya secara rutin, maka Anda akan mendapatkan hasil kulit yang lebih halus dan sehat tentunya.

Baca juga: Mengenal Fungal Acne, Masalah Kulit yang Mirip Seperti Jerawat

Leave a Reply