image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

jenis obat jerawat

Kenali 6 Kandungan dalam Obat Jerawat, Sebelum Digunakan

Eva Mulia Klinik– Jerawat yang muncul tiba-tiba tentu sangat mengganggu penampilan. Sehingga banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan jenis-jenis obat jerawat. Namun, sebaiknya ketahui terlebih dahulu obat yang akan digunakan. Sebab, setiap obat mempunyai kandungan yang berbeda-beda. tergantung kondisi jerawatnya. Berikut adalah beberapa kandungan obat jerawat yang bisa mengatasi jerawat.

Jenis Kandungan Obat Jerawat

jenis obat jerawat

Biasanya, apotek menjual obat yang bisa digunakan sebagai perawatan wajah untuk mengatasi jerawat. Perawatan tersebut biasa disebut dengan Over The Counter (OTC). Perawatan ini memiliki kandungan utama yang sudah teruji aman untuk kulit.

1. Benzoyl peroxide

Kandungan benzoyl peroxide dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan ini juga bekerja melembabkan kulit kering setelah melakukan exfoliating yang biasa digunakan untuk jerawat ringan. Selain itu, kandungan ini juga menghambat penuaan dini dan membersihkan pori-pori di wajah.

2. Salicylic Acid

Kandungan obat jerawat yang aman kedua adalah salicylic acid. Kandungan ini dapat  memperbaiki sel kulit abnormal. Untuk kategori jerawat sedang, salicylic acid ini dapat membantu membuka sumbatan pori-pori dan meminimalisasi luka bekas jerawat. Asam salisilat ini harus digunakan secara terus menerus agar hasilnya maksimal. Sebaiknya, hindari obat ini pada ibu hamil dan menyusui. Biasanya asam salisilat bisa ditemukan pada berbagai macam produk pengobatan jerawat seperti losion, krim, dan kompres jerawat.

3. Sulfur

Kandungan obat jerawat yang aman berikutnya adalah sulfur. Cara kerja sulfur sendiri mirip dengan benzoyl perioxide dan asam salisilat. Sulfur berguna untuk mengeringkan permukaan kulit dan menyerap kelebihan minyak (sebum) yang memicu munculnya jerawat. Sulfur juga mengeringkan sel kulit mati sehingga pori-pori yang tersumbat bisa terbuka.

Bahan ini banyak digunakan dalam krim jerawat, masker, hingga sabun. Biasanya obat berbahan sulfur dikemas dengan bahan lain untuk menutupi baunya yang tajam.

4. Resorcinol

Kandungan obat jerawat yang aman berikutnya adalah resorcinol. Kandungan ini diklaim dapat menghilangkan blackheads (komedo) dan whiteheads. Resorcinol juga sudah teruji ampuh untuk meredakan ketombe, eksim, dan psoriasis.

5. Azelaic Acid (Asam azelaic)

Kandungan ini terbukti baik untuk menjaga sel-sel baik pada wajah dari serangan mikroba dari luar dan menghambat produksi minyak berlebih pada wajah. Azelaic berguna bagi pasien yang mempunyai kulit gelap untuk meredakan flek hitam di wajah.

6. Retin-A

Kandungan Retin-A digunakan sebagai metode peeling wajah alami karena mempunyai kandungan Tretinoin. Nah, tretinoin sendiri adalah bentuk asam dari vitamin A yang jika dioleskan pada wajah bisa menimbulkan reaksi seperti peeling pada wajah.

Baca juga: Jerawat: Gejala, Penyebab dan Penanganannya

Leave a Reply