image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Cara Mengatasi Jamur di Kuku - Jika kalian memiliki titik putih atau kuning pada ujung jari kuku atau ibu jari, bisa jadi adalah jamur kuku atau onikomikosis.

Jamur Kuku-Pengobatan Dan Penyebabnya

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan WajahCara Mengatasi Jamur di Kuku Jika kalian memiliki titik putih atau kuning pada ujung jari kuku atau ibu jari, bisa jadi adalah jamur kuku atau onikomikosis. Jika infeksi ini semakin meluas, maka kuku dapat berubah warna, menebal hingga hancur pada bagian ujungnya.

Jamur kuku adalah onikomikosis ini terjadi pada kalian yang tinggal diiklim lembap atau hangat. Penyakit ini juga lebih sering terjadi pada penderita ganguan kekebalan tubuh, sepert mereka yang memiliki penyakit diabetes, kanker serta infeksi HIV. Infeksi ini bisa menyebar keseluruh kuku bahkan hingga akar kuku.

Penyebab Jamur Kuku

Biasanya penyebab penyakit pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu jamur ragi (Candida) terkadang juga ikut bertanggung jawab atas terjadinya jamur kuku. Saat kondisi kuku lembab dan hangat, jamur kuku dengan mudah menjadikan itu sebagai habitatnya.

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Cara Mengatasi Jamur di Kuku - Jika kalian memiliki titik putih atau kuning pada ujung jari kuku atau ibu jari, bisa jadi adalah jamur kuku atau onikomikosis.

Jamur ini sering menyerang jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasanya berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti galap, hangat dan lembab. Selain itu, jamur kuku juga lebih beresiko terjadi pada orang yang memiliki masalah pada sirkulasi darah di kaki.

Beberapa masalah yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Berbagi penggunaan handuk dengan orang lain.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Terlalu sering membersihkan tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki penyakit tertentu, sepertidiabetes, psoriasis, atau kurangnya sistem kekebalan tubuh.
  • Sering beraktivitas tanpa alas kaki.
  • Merokok.

Cara Mengobatai Jamur Kuku

  • Memberi Obat Krim
    Obat Jamur kuku dengan menggunakan krim atau salep antijamur. Pemakaiannya cukup dengan dioleskan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah meresap lapisan kuku, hingga jamur kuku semakin mudah disingkirkan.
  • Obat Anti Jamur Oral
    Untuk mengatasi jamur penyebab jamur kuku, dokter akan memberikan obat antijamur. Proses pengobatan jamur kuku dengan obat jenis ini seringkali memakan waktu selama empat bulan.
  • Operasi Pencabutan Kuku
    Pencabutan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah membuat sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicabutnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru seperti akan tumbuh pada yang sama. Proses pengobatan dengan cara ini memakanwaktu setahun sampai kuku baru tumbuh sempurna. Dan proses ini perlu tindakan bedah minor (bedah kecil).
  • Terapi Laser
    Salah satu metode moderen yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan terapi laser. Beberapa riset terbaru menyimpulkan bahwa penggunaan terapi laser ini efektif untuk menangani jamur kuku. Akan tetapi, pengobatan jenis ini cukup mahal dan belum umum sebagai cara penanganan jamur kuku secara umum.

Meskipun bukan penyakit serius, jamur kuku perlu waktu yang lama untuk mengobatinya. Setidaknya, perlu minimal waktu selama dua hingga empat bulan agar kalian terbebas dari jamur kuku. Selain itu, walaupun kita telah melakukan perawatan dan pengobatan, jamur kuku bisa saja datang kembali jika kalian tidak menjaga kebersihan kuku dengan baik.

Leave a Reply