image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Kelainan Pigmen - Penyebab Kulit Berubah Warna - Pigmen adalah zat pewarna tubuh manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Banyak atau sedikitnya pigmen mempengaruhi warna kulit seseorang.

Kelainan Pigmen, Kulit Berubah Warna

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Kelainan Pigmen – Penyebab Kulit Berubah Warna – Pigmen adalah zat pewarna tubuh manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Banyak atau sedikitnya pigmen mempengaruhi warna kulit seseorang. Akan tetapi ada kalanya kulit berubah karena penyakit kelainan pigmen.

Jenis warna kulit pada manusia dipengaruhi oleh zat pigmen tubuh yang disebut melanin. Melanin juga berperan dalam memberi warna rambut dan mata. Jika melanin dalam tubuh terlalu banyak, maka tubuh kalian akan semakin gelap. Begitu juga sebaliknya, jika melanin sedikit, maka warna tubuh akan pucat.

Kelainan Pigmen Yang Biasa Terjadi

Melanin dihasilkan oleh sel-sel yang disebut melanosit. Ketika melanosit rusak, atau tidak sehat, produksi melanin dapat terganggu, yang kemudia akan mempengaruhi warna kulit akibat gangguan pigmentasi. Ada gangguan pigmentasi yang hanya mempengaruhi sebagian kecil area kulit, seperti tanda lahir.

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Kelainan Pigmen - Penyebab Kulit Berubah Warna - Pigmen adalah zat pewarna tubuh manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Banyak atau sedikitnya pigmen mempengaruhi warna kulit seseorang.

Namun ada juga masalah pada pigmentasi yang menyerang seluruh tubuh. Berikut adalah beberapa gangguan pigmen yang biasanya terjadi:

Kelainan Pigmen Albinisme

Albinisme adalah kelainan genetik akibat mutasi gen yang membuat tidak berfungsinya sel-sel yang memproduksi melanin. Mutasi genetik ini membuat kulit, rambut, atau mata pada albinisme menjadi tidak berwarna, serta memunculkan masalah pada mata. Albinisme tidak bisa diobati, dan penderita kelainan pigmen ini harus menggunakan tabir surya. Karena tanpa melanin, kulit penderita albinisme lebih berisiko rusak akibat paparan sinar matahari atau bahkan menderita kanker kulit.

Kelainan Pigmen Vitiligon

Vitiligo adalah penyakit autoimun yang menyerang sel penghasil pigmen. Kondisi ini membuat hilangnya warna kulit hingga timbul bercak-bercak putih di kulit. Vitiligo terjadi karena berkurangnya melanin didaerah kulit tertentu. Biasanya, perubahan warna terlihat pertama kali pada daerah yang terpapar sinar matahari, seperti tangan, lengan, kaki, wajah dan bibir.

Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi

Merupakan keadaan berubahnya warna kulit menjadi lebih gelap atau lebih terang setelah mengalami peradangan atau iritai. Kondisi ini bisa diawali oleh infeksi pada kulit, luka bakar atau paparan zat iritatif yang merusak kulit. Biasanya hal ini akan membaik dalam waktu beberapa bulan.

Kelainan Pigmen Melasma

Melasma adalah masalah kulit yang timbul bercak-bercak hitam di kulit pipi, dahi, batang hidung, dagu, leher, dan tangan. Melasma bisa muncul di aarea tubuh yang sering terkena sinar matahari, dan lebih umum terjadi pada wanita, meskipun juga juga terjadi pada pria. Jika terjadi pada wanita hamil, melasma juga disebut chloasma. Chloasma dapat hilang dengan sendirinya setelah masa kehamilan selesai ataubisa juga diobati dengan krim kulit.

Leave a Reply