image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

IPL untuk menghilangkan jerawat

Metode Terapi IPL untuk Menghilangkan Jerawat

Eva Mulia – Saat ini banyak klinik kecantikan yang menawarkan IPL treatment sebagai salah satu cara cepat untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Lalu seberapa efektifkah perawatan ini dan apa saja efek samping yang mungkin muncul? Penasaran? Yuk simak ulasannya disini!

Apa itu IPL treatment?

IPL treatment (Intense Pulsed Light) merupakan terapi perawatan kulit  yang memanfatkan cahaya lampu xenon dalam intensitas yang tinggi untuk meremajakan jaringan kulit.Terapi ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, bekas luka, flek dan noda hitam penuaan, kerutan dan garis halus, dan berbagai permasalahan lainnya.

Banyak orang yang menganggap jika terapi IPL sama seperti terapi laser. Padahal kedua metode perawatan ini memiliki cara dan alat yang berbeda. Terapi laser bekerja menggunakan satu gelombang cahaya yang bersifat terkonsentrasi pada satu sel target saja. Sementara, IPL treatment bekerja dengan memanfaatkan berbagai macam gelombang cahaya sehingga bisa menarget area yang lebih besar. Efek samping yang didapatkan dari perawatan IPL ini juga lebih minim resiko dibandingkan dengan terapi laser.

Apakah IPL efektif untuk menghilangkan jerawat?

IPL untuk menghilangkan jerawat

Anda bisa mempertimbangkan melakukan IPL treatment sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat yang ringan dan sedang. Berkat cahaya ultraviolet atau gelombang cahaya lainnya, terapi IPL ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Terapi ini juga dilaporkan dapat mengurangi ukuran kelenjar minyak sehingga mengendalikan jumlah produksi minyak wajah. Sebum  atau minyak wajah, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat.

Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Menajalani Terapi IPL

Sejauh ini,  terapi IPL cukup aman dilakukan, namun penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter ahli. Untuk itu, sebelum melakukan IPL treatment, jangan lupa untuk lebih dulu berkonsultasi dengan dokter kulit. Sehingga nantinya dokter akan memberi tahu Anda seputar prosedur, dan perawatan yang harus Anda lakukan setelah menjalani terapi ini.

Proses pelaksanaan terapi IPL ini berlangsung antara 20-30 menit, namun tergantung dari besarnya masalah kulit yang dialami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan IPL treatment ini sebulan sekali. Terapi ini membutuhkan sekitar 3-6 kali sesi hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Tentu ini harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing orang.

Efek samping yang akan Anda rasakan setelah beberapa jam menjalani IPL ini adalah kulit wajah akan memerah dan kulit lebih sensitif. Oleh karena itu gunakan air dingin untuk mencuci muka selama beberapa hari pertama setelah terapi.

Baca juga: 5 Treatment Wajah yang Mampu Atasi Masalah Kulit

Leave a Reply