Inilah Penyebab Jerawat Ada Matanya

Inilah Penyebab Jerawat Ada Matanya

Eva Mulia Clinic – Penyebab Jerawat Ada Matanya – Siapa yang tidak kesal jika di wajahnya muncul jerawat? Selain menimbulkan rasa sakit, eksistensinya sendiri bisa membuat kita gemas ingin cepat-cepat menghilangkannya. Tetapi, apakah kamu tahu jika jerawat tersebut sebenarnya memiliki beberapa macam seperti jerawat putih atau komedo putih, komedo hitam, jerawat papula, jerawat pustula dan lain sebagainya. Diantara berbagai macam jerawat tersebut, salah satunya adalah jerawat bermata.

Jerawat bermata itu sendiri pada dasarnya merupakan jerawat nanah atau tampak menonjol, sehingga bisa membuat kita gemas untuk memencet jerawat. Jerawat ini juga dapat muncul dikarenakan beberapa penyebab. Nah, berikut ini penyebab jerawat ada matanya yang perlu kamu tahu.

Inilah Penyebab Jerawat Ada Matanya

Infeksi

Penyebab yang pertama adalah infeksi. Indikasi ini yang sering menjadi salah satu penyebab utama jerawat bermata. Ketika tubuh kita terdapat infeksi, maka reaksi pertama pada tubuh adalah berusaha melawan infeksi tersebut.

Sel darah putih yang tugasnya melawan infeksi kemudian tercampur dengan cairan pada kulit yang sudah terinfeksi kuman dan bakteri sehingga menimbulkan benjolan. Bahkan, dapat menimbulkan nanah yang tumbuh dibawah kulit atau pori-pori dan sering kali menjadi jerawat batu bernanah. Timbulan cairan nanah tersebut, umumnya terbentuk menjadi jerawat bermata.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Apakah kamu tahu, ketika memasuki masa pubertas, merupakan hal yang lazim jika menadpaatkan hadiah berupa jerawat bermata di wajah.

Biasanya, hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Selain pubertas, wanita yang sedang hamil juga sering kali mengalami perubahan hormon tersebut yang memicu timbulnya jerawat dan wanita yang hendak menstruasi, karena hormon berubah ketika datang bulan.

Genetis

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan, bahwa salah satu penyebab jerawat yang ada matanya adalah karena genetis atau keturunan. Cobalah perhatikan apakah orang tua atau saudara kamu ada yang mengalami hal serupa.

Jika ya, maka ada baiknya segeralah konsultasikan dengan dokter terkait. Dokter kulit akan memberikan beberapa resep atau mungkin saran apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat tersebut.

Makanan dan Minuman Tinggi Gula dan Karbohidrat

Selain tidak baik bagi jantung, menimbulkan karies gigi, dan lemak berlebih, ternyata gula juga dapat menyebabkan jerawat bermata. Konsumsi makanan seperti keripik, roti, minuman bersoda dan gorengan juga bisa menjadi penyebab jerawat yang ada matanya.

Lemak yang berlebih ini dapat memicu sebum atau produksi kelenjar minyak pada kulit wajah. Efeknya terinfeksi dengan kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

Konsumsi obat-obatan

Terkadang kita tidak menyadari jika obat atau zat apapun yang masuk kedalam tubuh menjadi salah satu penyebab jerawat. Contohnya obat yang memiliki kandungan kartikosteroid, yang umumnya sering digunakan pada obat penambah massa otot. Kandungan ini ternyata dapat menjadi penyebab jerawat yang ada matanya. Oleh karena itu, maka berhati-hatilah jika mengonsumsi obat atau suplemen. Alih-alih mendapatkan tubuh yang ideal, justru wajah yang mulus kamu bisa berubah menjadi kasar dan berjerawat.

Mulai sekarang, perhatikan dengan baik penyebab jerawat yang ada matanya tersebut. Pasalnya, akan lebih baik mencegah dibandingkan harus melakukan beberapa rangkaian perawatan dan pengobatan jika jerawat sudah timbul. Belum lagi ketika jerawat meradang. Namun, jika jerawat bermata tetap muncul, kamu bisa mencoba beberapa rangkaian perawatan menggunakan masker wajah yang cukup ampuh dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *