image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

poni bikin jerawatan

Benarkah Poni Rambut Bisa Bikin Jerawatan? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Eva Mulia – Akhir-akhir ini rambut berponi kembali menjadi tren. Selain mudah dalam menatanya, rambut berponi akan membingkai wajah Anda sedemikian rupa sehingga membuat penampilan Anda tampak lebih segar dan muda. Namun, benarkah rambut berponi bkin jerawatan, terutama di bagian dahi?

Sebenarnya, poni bikin jerawat bukan hanya sekadar mitos. Ini karena jerawat muncul saat minyak dan sel kulit mati menyumbat pori. Pori yang tersumbat ini kemudian menjadi terinfeksi oleh bakteri.

Faktor Penyebab Poni Bikin Jerawatan

poni bikin jerawatan

Dahi merupakan bagian dari T-zone wajah, yang biasanya akan memproduksi lebih banyak minyak. Ketika poni menutupi dahi, maka minyak alami rambut dan sel kulit mati dari kepala akan terperangkap di area dahi. Minyak dan sel kulit mati yang menumpuk, disertai dengan keringat dan debu dari cuaca luar ruangan yang panas dan lembap, akan memicu jerawat semakin meradang.

Tak hanya itu, penggunaan produk perawatan rambut, seperti shampo, kondisioner, serta produk penataan rambut juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di dahi. Terutama, pada saat mandi, busa dari shampo dan kondisioner akan menetes dan menempel di dahi dan wajah Anda, ini bisa memicu munculnya jerawat.

Selain itu, busa shampo dan kondisioner juga dapat menyebabkan bintik-bintik kecil bernanah yang berwarna kemerahan, folikulitis, bahkan gatal seperti jerawat, di dahi, dada, dan punggung. Begitu juga dengan produk penataan rambut, seperti gel, pomade atau mousse lebih cepat meleleh di kulit wajah, terutama di area garis rambut dan dahi, hingga menyumbat pori dan memicu iritasi.

Baca juga: Jerawat akibat purging

Cara Mengatasi Jerawat Akibat Rambut Berponi

Sebelum mengatasi jerawat, sebaiknya cari tahu dulu jenis jerawat yang muncul di dahi Anda. Ada dua jenis jerawat yang biasanya muncul di wajah mulai dari whitehead (jerawat bintik-bintik kecil) dan milia. Whitehead bisa ditangani dengan cara eksfoliasi (pengelupasan) secara rutin atau dengan memakai obat jerawat topikal.

Sementara, milia terbentuk akibat sel kulit mati yang tersumbat di bawah permukaan kulit, sehingga menyebabkan benjolan kecil dan keras. Benjolan ini bisa diatasi dengan perawatan dari dermatologis Anda. Seperti melakukan peeling, facial, serta retinoid (vitamin A). Untuk menjaga kulit agar tidak berjerawat meski Anda memiliki poni cantik di dahi, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Mencuci Muka yang Benar

Mencuci wajah sebaiknya dilakukan dua kali sehari, disertai dengan menggunakan rangkaian produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah Anda. Pilih produk perawatan yang mengandung salicyclic acid dan glycolic acid. Kedua bahan aktif ini mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan minyak dan bakteri. Aplikasikan juga toner setelah mencuci wajah. Toner bertugas untuk menghilangkan sisa debu, minyak, dan kotoran yang masih menempel di wajah setelah Anda mencuci muka.

Baca juga: Masalah kulit mirip jerawat

2. Jepit Poni Saat Ingin Beraktivitas

Poni bikin jerawatan disebabkan karena kulit wajah yang tertutup poni kesulitan untuk bernapas. Oleh karena itu, jepit atau ikat poni ke atas selama beraktivitas di rumah, agar kulit Anda bernapas sejenak. Atau anda bisa memakai ando saat berolahraga, atau shower cap saat Anda sedang melakukan perawatan rambut mingguan.

3. Ubah Kebiasaan Menggunakan Produk Penataan Rambut

Ketika Anda ingin menggunakan hairspray atau mousse, sebaiknya semprotkan produk ke sisir dan aplikasikan ke rambut. Hindari menyemprotnya langsung ke rambut. Ini dilakukan agar isi dari produk tersebut tidak ikut menempel di wajah. Selain itu, hindari juga mengaplikasikan produk penataan rambut hingga mengenai kulit kepala. Ketika menggunakan kondisioner, gel, pomade, atau mousse, oleskan dari bagian tengah rambut.

Baca juga: Masker jamur untuk jerawat

4. Kurangi Menggunakan makeup

Jika aktivitas Anda tidak mengharuskan menggunakan makeup, sebaiknya jangan pakai makeup, agar kulit bisa bernapas. Penggunaan produk makeup yang berbahan dasar minyak dan bertekstur bubuk bisa meningkatkan risiko penyumbatan pori. Sebaiknya, gunakan produk kecantikan berbahan dasar air dan selalu ingat untuk mencuci wajah di malam hari sebelum tidur.

5. Ganti Seprai dan Sarung Bantal

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, sebaiknya ganti seprai dan sarung bantal secara rutin. Peradangan jerawat bisa disebabkan oleh kain seprai dan sarung bantal guling yang kotor. Kombinasi dari minyak dan debu yang ada di wajah akan berpindah. Oleh karena itu, cuci peralatan tidur Anda dengan air panas dan jemur di bawah sinar matahari, setidaknya dua kali seminggu. Sebenarnya mungkin saja poni bikin jerawatan, tetapi kebersihan lingkungan juga bisa jadi pemicu utamanya.

Baca juga: Sarung bantal menyebabkan jerawat

Leave a Reply