image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Jerawat Whitehead

Cara Menghilangkan Jerawat Whitehead di Hidung

Eva MuliaJerawat whitehead atau komedo putih, terbentuk karena adanya pori-pori yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, makeup, dan kotoran. Biasa jerawat putih kecil-kecil ini sering muncul di hidung dikarenakan oleh stres, kebiasaan memencet jerawat, hingga kulit kering akibat menggunakan terlalu banyak produk anti jerawat.

Umumnya, komedo putih terjadi pada masa puber atau perempuan yang sedang haid. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat whitehead?

Cara Menghilangkan Jerawat Whitehead

Untuk kasus jerawat whitehead yang masih tergolong ringan dapat diatasi dengan berbagai cara rumahan seperti dengan terapi uap, masker madu, hingga masker tanah liat. Berikut penjelasannya.

1. Madu manuka

Dr. Eva Mulia - Cara Menghilangkan Jerawat Whitehead di Hidung - obat alami menghilangkan komedo - cara menghilangkan komedo di wajah - ciri jerawat whitehead

Madu manuka mempunyai pH rendah dan agen antibakteri yang menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat whitehead. Manfaat madu Selandia Baru juga memiliki kandungan asam amino, mineral dan sejumlah vitamin yang baik untuk tubuh (terutama mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan pH pada kulit.

Caranya, ambil satu sendok sedikit madu dan oleskan langsung ke permukaan kulit hidung, dengan tangan yang juga bersih. Lalu diamkan selama 15-30 menit, dan bilas dengan air hangat. Lakukan pemakaian madu manuka beberapa kali dalam seminggu sampai hasilnya terlihat memuaskan.

2. Terapi uap

Dr. Eva Mulia - Cara Menghilangkan Jerawat Whitehead di Hidung - obat alami menghilangkan komedo - cara menghilangkan komedo di wajah - ciri jerawat whitehead

Uap hangat dapat membantu membuka pori-pori wajah agar segala macam kotoran yang menyumbatnya bisa terlepas keluar. Caranya, kalian hanya perlu menyiapkan air yang sudah direbus hingga mendidih. Lalu tuangkan pada baskom atau wadah.

Tundukkan kepala kemudian dekatkan wajah setidaknya 5-10 centimeter di atas permukaan baskom, tutupi bagian kepala dengan kain atau handuk tipis agar uap air tidak merembes keluar. Uapkan wajah selama 5-10 menit. Lakukan cara ini setiap minggu sekali

3. Scrub oatmeal

Dr. Eva Mulia - Cara Menghilangkan Jerawat Whitehead di Hidung - obat alami menghilangkan komedo - cara menghilangkan komedo di wajah - ciri jerawat whitehead

Mungkin selama ini Anda tahu bahwa oatmeal hanya untuk sarapan. Ternyata, gandum juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk menghilangkan jerawat whitehead di hidung. Oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kulit karena kandungan lemak dan gulanya.

Lemak dan gula polisakarida dari oatmeal bisa membantu melembapkan kulit kering dan membantu mengurangi rasa gatal pada kulit akibat jerawat.

Caranya:

  • Campurkan gandum dan yogurt dengan perbandingan 1:1.
  • Lalu oleskan masker ke hidung Anda.
  • Diamkan selama 10-15 menit
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat
  • Ulangi penggunaan scrub oatmeal beberapa kali setiap minggunya.

Mencegah timbulnya jerawat whitehead di hidung

  • Rutin mencuci muka sehari dua kali
  • Gunakan make-up nonkomedogenik
  • Eksfoliasi kulit secara teratur
  • Hindari memegang-megang area hidung ketika beraktivitas
  • Jangan menggosok terlalu berlebihan di bagian hidung.

Mengatasi jerawat whitehead yang membandel di dokter kulit

Apabila perawatan rumahan tidak cukup untuk memberantas komedo pada wajah kalian, kalin bisa langsung datang dan berkonsultasi pada dokter kulit. Akan tetapi, perawatan dermatology ini membutuhkan wahtu satu hingga dua bulan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Apa saja perawatan jerawat whitehead di dokter kulit?

*Asam glikolat

Asam glikolat merupakan bentuk lain dari AHA yang bekerja mengelupas sel kulit mati sekaligus membantu menghilangkan kotoran yang tersumbat di pori-pori hidung, yang menyebabkan timbulnya jerawat whitehead.

Produk perawatan kulit yang mengandung asam glikolat tidak dianjurkan dipakai setiap hari, melainkan beberapa kali saja dalam seminggu.

*Asam mandelic

Asam mandelic merupakan asam alfa hidroksi (AHA) yang terkandung dalam bentuk peeling atau masker untuk mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Perawatan ini juga dapat dilakukan pada kulit sekitar hidung yang kering. Untuk lebih spesifik dan berhasil, kalian juga bisa membaca seputar informasi perawatan wajah dan kulit dari Klinik Eva Mula.

Leave a Reply