image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

pakai makeup saat jerawatan

Apakah Boleh Pakai Makeup Saat Jerawatan?

Eva Mulia – Makeup untuk jerawat – Hampir semua orang menggunakan make up untuk menutupi jerawat yang muncul di wajahnya. Namun, menggunakan make up saat jerawat muncul  bukanlah cara yang tepat. Ini karena make up dan jerawat menjadi sesuatu yang berlawanan. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam menyiasati penggunaan kosmetik, agar tidak membuat jerawat Anda semakin meradang.

Mitos Menggunakan Makeup Bikin Jerawatan

pakai makeup saat jerawatan

Jerawat merupakan salah satu gejala peradangan yang muncul pada lapisan bawah kulit dan disebabkan oleh hormon. Sebenarnya, jerawat tidak tumbuh karena pemakaian make up. Namun, ada beberapa jenis make up yang menyebabkan munculnya jerawat pada area kulit yang memang sudah bermasalah. Inilah yang memicu jerawat semakin parah dan meradang setelah menggunakan makeup. Selain itu, ada beberapa kebiasaan buruk saat menggunakan make up yang bisa memicu jerawat antara lain.

  • Jarang membersihkan make up setelah seharian beraktivitas di luar ruangan.
  • Meskipun sudah rajin mencuci wajah, namun jika Anda salah melakukannya maka sisa make up akan menempel di wajah.
  • Menggunakan brush, atau alat make up yang kotor.

Jadi, make up bikin jerawat hanya mitos yang kini sudah semakin terbukti salah. Kebiasaan tersebutlah yang memicu munculnya jerawat pada beberapa orang.

Tips Aman Menggunakan Makeup Saat Jerawatan

Meskipun Anda bisa menggunakan make up untuk menyamarkan jerawat. Namun, menggunakan make up terlalu tebal saat jerawatan bukanlah sesuatu yang baik. Meskipun make up bisa menyamarkan jerawat, namun, penggunaan make up yang tidak tepat justru bisa memicu munculnya jerawat. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Pilihlah produk kecantikan yang berlabel non-komedogenik, hipoalergenik, tidak mengiritasi, dan bebas minyak. Selain itu, pilih juga komposisi yang mengandung silika, titanium dioxide, dan zinc oxide. Hal ini untuk menyerap minyak dan menyamarkan kemerahan tanpa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

Produk yang Harus Dihindari Saat Membeli Makeup Saat Jerawatan

Hindari kandungan yang mengakibatkan iritasi. Hal ini sangat penting bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Peradangan pada kulit merupakan hasil dari paparan berulang pada penyebab iritasi. Sehingga membuat perlindungan kulit semakin lemah, memperlambat penyembuhan bekas jerawat, menyebabkan kulit menjadi kusam.

Tak hanya itu, peradangan pada kulit juga bisa meningkatkan pertumbuhan jerawat dan produksi minyak. Oleh karena itu, hindari makeup yang berbahan dasar alkohol dan mengandung parfum. Hindari juga menggunakan makeup yang tebal atau berbentuk padat seperti stik dan krim. Biasanya produk tersebut mengandung lilin dan polythylene atau ethylhexyl palmitate. Ketiga bahan tersebut sangat membahayakan kulit yang berjerawat.

Baca juga: 3 Tips Eksfoliasi untuk Kulit Wajah Berjerawat

Leave a Reply