Apakah bruntusan di wajah bisa hilang dengan sendirinya?

Eva Mulia – bruntusan di wajah – Jerawat atau benjol adalah jerawat yang ditandai dengan bintil-bintil kecil, biasanya hampir tidak terlihat. Namun, jenis jerawat ini terasa kasar saat disentuh.

Meski nyaris tak terlihat, breakout pasti mengganggu kepercayaan diri sebagian orang. Itu sebabnya, ada beberapa cara menghilangkan jerawat di wajah dalam semalam.

Berikut beberapa tips mengatasi jerawat agar tidak mengganggu penampilan Anda.

1. Gunakan es batu

Salah satu cara alami menghilangkan jerawat di wajah dengan cepat adalah dengan menggunakan es batu wajah. Selain menyegarkan minuman Anda, es batu juga bisa dijadikan alternatif untuk mengobati jerawat pasir.

Menurut Klinik Cleveland, menggunakan es batu dapat membantu mengobati jerawat, terutama yang berwarna merah dan bengkak. Ini karena efek dingin es dapat meredakan peradangan untuk sementara, meski efeknya cepat hilang.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tidak mencoba es batu sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Ada juga cara menghilangkan jerawat di wajah dalam semalam dengan es batu, yaitu sebagai berikut.

  • Bungkus es batu dengan kain tipis atau gunakan kompres dingin.
  • Pegang kain di atas jerawat selama satu menit.
  • Lakukan 1-2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

Ingatlah bahwa es batu tidak harus menghilangkan jerawat dalam semalam. Namun, cara ini setidaknya bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit wajah dengan cepat.

2. Gunakan Tea Tree Oil

Selain es batu, cara lain untuk menghilangkan jerawat di wajah saat tidur adalah dengan menggunakan tea tree oil. Minyak jenis ini sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai jenis jerawat, mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Nah, penelitian yang dipublikasikan di Australasian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa sedikit Tea Tree Oil dapat melawan jerawat. Sayangnya, metode ini berlaku untuk mereka yang tidak bereaksi hanya terhadap minyak ini.

Baca Juga:  Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berjerawat yang Efektif: Rahasia Kulit Bersih dan Sehat

Jika tea tree oil dioleskan ke wajah yang memicu alergi, tentu bisa menjadi masalah kulit baru. Oleh karena itu, selalu uji bahan-bahan alami pada kulit tangan Anda dengan tes alergi kulit sebelum menggunakannya pada wajah Anda.

3. Oleskan teh hijau

Bukan rahasia lagi bahwa minum teh hijau menawarkan segudang manfaat kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa pengaplikasian teh hijau secara langsung juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat?

Berkat kandungan flavonoid dan taninnya, teh hijau dipercaya dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of investigative dermatology.

Para peneliti melaporkan bahwa teh hijau kaya akan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Jenis antioksidan ini sebenarnya dapat membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk jerawat dengan cara:

  • melawan peradangan
  • mengurangi produksi sebum, serta
  • menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (P. acnes).

Kabar baiknya, olahan teh hijau untuk jerawat dengan mengaplikasikannya pada wajah banyak tersedia di pasaran. Bahkan, Anda juga bisa membuat olesan teh hijau di rumah dengan mudah.

4. Buat masker madu

Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu yang kaya akan manfaat juga bisa dimasukkan dalam salah satu cara menghilangkan jerawat di wajah dalam semalam.

Madu adalah zat alami yang dihasilkan oleh aktivitas enzim, materi tumbuhan, dan bakteri hidup. Ketiganya bersatu dan menghasilkan proses yang unik, yang membuat madu sangat bermanfaat, terutama untuk memerangi jerawat.

Ini mungkin karena madu, terutama madu mentah, membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit. Salah satu jenis madu mentah yang sering digunakan dalam pengobatan jerawat alami adalah madu manuka.

Anda bisa mengolah madu menjadi masker yang bermanfaat untuk wajah berjerawat. Beberapa langkah membuat masker dari olahan madu untuk jerawat adalah:

  • campur madu dengan kayu manis,
  • hangatkan campuran dalam microwave,
  • oleskan pada kulit,
  • diamkan selama 8-10 menit, dan
  • Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan kulit.
Baca Juga:  Sunscreen yang Aman Untuk Ibu Hamil: Melindungi Kulit dan Kehamilan

Jika Anda alergi terhadap madu atau kayu manis, hindari menggunakan keduanya untuk mencegah terjadinya reaksi alergi. Jika Anda tidak yakin, pastikan Anda melakukan patch test (uji tempel) pada madu dan bahan lain yang ingin Anda gunakan.

5. Melembabkan wajah dengan lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen (batang dan daun tebal) yang telah lama menjadi obat alami jerawat. Bahkan, tanaman hijau ini konon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat di wajah dalam semalam.

Kandungan gel bening dari daun lidah buaya menjadi jawaban atas penemuan tersebut. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas obat jerawat.

Salah satu studi tersebut berasal dari Journal of Dermatological Treatment. Studi ini membandingkan dua kondisi, satu menggunakan tretinoin tropis dan gel lidah buaya, sedangkan yang lain menggunakan tretinoin dan plasebo.

Hasilnya, kelompok yang menggunakan tretinoin dan lidah buaya memiliki lebih sedikit jerawat merah. Meski tidak bisa menghilangkan jerawat dalam semalam, setidaknya lidah buaya bisa meredakan peradangan dengan cepat.

Sebenarnya, tidak ada cara untuk sepenuhnya menghilangkan jerawat di wajah Anda dalam semalam. Namun, Anda selalu dapat mencoba berbagai langkah di atas untuk meredakan kondisi yang Anda alami, selama Anda telah berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply