Apa Manfaat Daun Pandan untuk Wajah?

Eva Mulia Clinic Manfaat Daun Pandan – Pandan merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Bagian yang paling banyak digunakan dari tanaman ini adalah daunnya. Daunnya banyak digunakan sebagai bahan tambahan masakan agar masakan lebih enak dan menambah nafsu makan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Pandanus amaryllifolius ini tidak hanya dimanfaatkan untuk makanan, tetapi juga untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, tanaman ini digunakan untuk mengobati sakit kepala dan radang sendi, mengurangi rasa sakit, menurunkan demam dan mempercepat penyembuhan pasca melahirkan.

Apa Manfaat Daun Pandan untuk Wajah?

Daun pandan telah banyak digunakan untuk menjaga penampilan. Daun pandan merupakan salah satu cara untuk menjaga penampilan wanita tetap menarik. Daun pandan efektif digunakan untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok. Anda hanya perlu mencampurkan daun pandan dan mengaplikasikannya pada rambut sebelum keramas untuk mendapatkan rambut yang bebas ketombe dan rontok.

Daun pandan tidak hanya mengandung bahan harum yang selama ini banyak digunakan untuk masakan. Daun pandan juga mengandung beberapa nutrisi penting yang bermanfaat seperti saponin, polifenol, tanin, pigmen dan alkaloid. Salah satu tanaman yang juga mengandung tanin adalah teh hijau.

Daun pandan sangat bermanfaat dalam mengobati masalah kulit berminyak, seperti jerawat, komedo dan komedo. Daun pandan digunakan untuk merawat wajah berminyak. Berikut beberapa resep penggunaan daun pandan untuk masalah kulit tersebut:

1. Daun pandan untuk mengobati jerawat

Jerawat merupakan masalah yang banyak dialami oleh remaja. Namun banyak juga orang dewasa yang menderita jerawat pada waktu-waktu tertentu, seperti menjelang menstruasi, stres, atau mengonsumsi makanan pemicu jerawat. Perawatan tradisional memakan waktu lebih lama daripada perawatan medis seperti mikrodermabrasi. Namun jika Anda rajin, Anda bisa mengurangi jerawat dengan masker ini.

2. Daun pandan untuk mengatasi komedo membandel

Komedo adalah masalah kulit berminyak lainnya. Komedo, baik berupa whiteheads atau komedo hitam, yang biasanya terdapat di area hidung dan dagu, tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari daun pandan berikut ini, Anda bisa berhemat untuk pergi ke salon untuk facial.

3. Menenangkan dan mengurangi stres

Manfaat daun pandan tidak hanya untuk pemakaian luar. Apa yang kita makan terpancar keluar dan mempengaruhi kecantikan kita. Jika dikonsumsi, daun pandan dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi stres. Seperti yang kita ketahui, stres merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penuaan dini. Penuaan dini tentu saja akan mengurangi kecantikan wajah. Berikut ini resep minuman yang menggunakan efek daun pandan untuk menenangkan dan mengurangi stres.

4. Manfaat relaksasi atau sedasi

Untuk membuat teh dengan daun pandan, Anda juga bisa menggunakan campuran daun pandan dengan daun serai. Serai memiliki efek sedatif yang bagus. Selain itu, serai juga memiliki kemampuan detoksifikasi dan antioksidan yang berguna untuk kecantikan.

Daun pandan untuk membuat teh ini harus diikat agar mudah dibuang saat teh sudah matang. Teh daun pandan ini bisa disimpan di lemari es dan tahan hingga sekitar 7 hari. Selain perawatan dari dalam, Anda juga bisa berolahraga untuk mengurangi stres. Tak heran, tanaman yang banyak digunakan sebagai penyedap makanan ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah dan memiliki efek menenangkan.