image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil - Ibu hamil mungkin pernah mendengar selentingan yang mengatakan jika minuman air kelapa bisa membuat kulit si kecil menjadi putih atau rambutnya menjadi lebih hitam dan lebat. Hal tersebut bisa menjadi sekedar mitos, tetapi berbagi manfaat air kelapa untuk ibu hamil bisa dibuktikan khasiatnya.

Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Ibu hamil mungkin pernah mendengar selentingan yang mengatakan jika minuman air kelapa bisa membuat kulit si kecil menjadi putih atau rambutnya menjadi lebih hitam dan lebat. Hal tersebut bisa menjadi sekedar mitos, tetapi berbagi manfaat air kelapa untuk ibu hamil bisa dibuktikan khasiatnya.

Sekarang ini banyak minuman kemasan yang mendompleng manfaat air kelapa. Bahkan banyak yang mengatakan sebagai minuman hidrasi super. Jika kalian sedang hamil dan ingin mengkonsumsi air kelapa, pastikan kalian meminum air kelapa asli, bukan air yang memiliki rasa kelapa.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Selama mengalami dan menjalani masa kehamilan, ibu hamil bisa mengkonsumsi air kelapa karena memiliki sejumlah manfaat untuk ibu dan janin, Manfaat tersebut antara lain:

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil - Ibu hamil mungkin pernah mendengar selentingan yang mengatakan jika minuman air kelapa bisa membuat kulit si kecil menjadi putih atau rambutnya menjadi lebih hitam dan lebat. Hal tersebut bisa menjadi sekedar mitos, tetapi berbagi manfaat air kelapa untuk ibu hamil bisa dibuktikan khasiatnya.

Membantu Mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa baik dalam merubah cairan tubuh yang hilang hingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang mengurangi kandung kemih. Air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Beberapa wanita terbantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dengan mengonsumsi air kelapa.

Sumber elektrolit dan antioksidan

Air kelapa mengandung elektrolit, minum air kelapa bisa merubah asupan elektrolit yang terbuang saat muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness. Air kelapa juga mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah air kelapa segar, bukan air kelapa kemasan.

Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang dikarenakan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Kalium dan magnesium yang ada dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung. Kalium juga membantu gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah.

Mengingat bahwa banyaknya manfaat kelapa untuk ibu hamil, hal ini dianjurkan untuk mengonsumsi kelapa di tiap trimester, dari trimester kesatu, kedua, sampai ketiga.

Perlu di Ingat Dalam Mengkonsumsi Air Kelapa

Manfaat Air kelapa untuk ibu hamil memang sangat berkhasiat, akan tetapi perhatikan beberapa hal ini jika ingin mengonsumsinya:

Jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan mungkin saja tidak baik. Meski enak dan bermanfaat, jangan sampai air kelapa menggantikan air putih. Tetap saja air putih adalah minuman utama. Pastikan air kelapa yang diminum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar. Jika bisa, pastikan pemotongan kelapa dilakukan di depan kalian.

Usahakan untuk mengonsumsi air kelapa segera setelah dipotong agar lebih segar dan nutrisi di dalamnya masih utuh. Ibu hamil tidak perlu memaksakan untuk mengonsumsi air kelapa jika tidak suka rasanya atau malah membuatnya tidak nyaman.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil memang banyak, tetapi semuanya masih perlu bukti dan penelitian lebih lanjut. Jika para ibu ingin minum air kelapa saat mengandung, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Leave a Reply