image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

cara mengatasi kemerahan di wajah

5 Cara Mengatasi Kemerahan di Wajah Secara Alami

Eva Mulia– Wajah kemerahan bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari gaya hidup, penyakit kulit kronis, dan penggunaan produk perawatan kulit. Wajah merah bisa membuat seseorang jadi tidak percaya diri saat berdahapan dengan orang lain. Lalu, bagaimana cara menghilangkan merah di wajah? Yuk, simak cara mengatasi kemerahan di wajah di bawah ini.

Cara Mengatasi Kemerahan di Wajah

Pada dasarnya kemerahan di wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, sehingga langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum melakukan perawatan di rumah adalah konsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu.

Penyabab umum merah di wajah adalah karena paparan sinar matahari, dermatitis kontak, kulit kering, rosacea, hingga eksim. Berikut ini adalah cara mengatasi kemerahan di wajah secara alami:

1. Air Dingin

cara mengatasi kemerahan di wajah

Cara mengatasi kemerahan di wajah paling mudah adalah membilas wajah dengan air dingin. Meskipun cara menghilangkan kemerahan di wajah ini sangat mudah, ternyata cara ini adalah yang paling efektif untuk mengatasi muka merah. Manfaat mandi air dingin atau mengompres dengan air dingin bisa meredakan kulit sensitif dan mengurangi kemerahan di wajah.

2. Lidah Buaya

cara mengatasi kemerahan di wajah

Biasanya kemerahan di wajah merupakan tanda peradangan atau iritasi, seperti pada kasus rosacea atau jerawat yang meradang. Cara mengatasi kemerahan di wajah yang kedua adalah dengan mengoleskan krim, salep, atau gel lidah buaya secara rutin. Lidah buaya memiliki komponen aktif yang dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menenangkan kulit, mengurangi rasa sakit dan merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit. Anda bisa mengambil gel lidah buaya atau menggunakan produk perawatan yang mengandung Aloe Barbadensis.

3. Masker Colloidal Oatmeal

cara mengatasi kemerahan di wajah

Selain dikenal sebagai asupan yang baik untuk penderita kolesterol, ternyata colloidal oatmeal bisa digunakan untuk mengatasi kemerahan pada wajah. Colloidal oatmeal mempunyai efek pelembap pada kulit sekaligus menyerap minyak di wajah. Colloidal oatmeal sudah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan menyejukan. Sehingga potensi mengalami iritasi dan alergi sangat rendah.

4. Madu

cara mengatasi kemerahan di wajah

Madu merupakan bahan alami yang punya sifat antibakteri. Hal itu menjadikan madu sebagai cara menghilangkan merah di wajah yang disebabkan oleh rosacea dan dermatitis seboroik. Madu juga mempunyai kemampuan untuk menjaga kulit tetap lembap.

5. Teh Hijau

cara mengatasi kemerahan di wajah

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa teh bisa dijadikan sebagai cara mengatasi kemerahan di wajah. Ada beberapa jenis teh yang bisa digunakan seperti green tea, chamomile tea dan peppermint tea.

Green tea memiliki kandungan polifenol yang mampu meremajakan sel kulit, terutama pada penderita rosacea. Sedangkan Chamomile dan peppermint tea bisa memberi manfaat pada semua jenis kemerahan pada wajah.

Itulah cara mengatasi kemerahan di wajah yang bisa Anda coba. Jika beberapa cara mengatasi kemerahan di atas sudah dilakukan namun kemerahan di wajah tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Bekas jerawat kemerahan

Leave a Reply