image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

vampire facial

Mengenal Vampir Facial, Perawatan Wajah Menggunakan Darah

Eva Mulia Klinik– Pernahkah Anda mendengar tentang vampir facial? Perawatan wajah satu ini cukup fenomenal karena menggunakan darah manusia sebagai bahan utamanya. Beberapa tahun belakangan ini vampir facial telah menjadi perawatan yang tren di kalangan masyarakat. Lantas, bagaimana prosedur dan apa saja manfaat dari perawatan wajah yang satu ini?  Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Vampir Facial?

Vampir facial merupakan salah satu treatment wajah yang bertujuan untuk meremajakan kulit atau disebut dengan facial rejuvenating. Vampir facial ini menggabungkan dua metode yaitu PRP (Platelet-Rich Plasma) dan microneedling. Perawatan wajah ini menggunakan darah pasien sebagai bahan utama.

Prosesnya yang pertama yaitu dengan mengambil darah pasien, kemudian plasma darah dan sel darah merah akan dipisahkan dengan teknik Platelet-Rich Plasma. Bagian plasma darah nantinya akan diaplikasikan ke wajah, ini karena plasma darah mempunyai kandungan growth factor. Setelah mendapatkan plasma darah, maka bahan tersebut akan diaplikasikan ke wajah menggunakan teknik microneedling.

Saat ini, Anda bisa menemukan treatment ini di beberapa klinik kecantikan di Indonesia. Harga dari vampire facial adalah sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung pada masing-masing klinik kecantikan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka vampire facial ini harus dilakukan secara rutin, yaitu sekitar setiap 4-6 minggu sekali.

Manfaat Vampir Facial untuk Kecantikan Wajah

vampire facial

Sebagai salah satu perawatan kecantikan yang cukup diminati dan harganya yang tidak murah, tentu vampire facial ini menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Berikut ini beberapa manfaat vampire facial!

1. Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit

Manfaat vampir facial yang pertama adalah untuk membuat kulit lebih halus dan kencang. Treatment ini mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen adalah salah satu protein utama yang menyusun kulit manusia. Kolagen berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Setelah kulit mengelupas dan kulit memproduksi kolagen yang lebih banyak, maka kulit lama akan diganti dengan kulit baru. Sehingga kulit akan lebih sehat, halus, dan kencang.

2. Meremajakan Kulit

Manfaat vampir facial yang kedua adalah untuk meremajakan kulit. Sebenarnya kulit bisa beregenerasi secara alami, namun prosesnya bisa lebih maksimal jika dibantu dengan perawatan wajah. Setelah melakukan treatment ini, biasanya kulit akan sedikit memerah selama beberapa hari. Bahkan kulit juga akan mengelupas secara perlahan. Kondisi tersebut merupakan proses pergantian kulit baru yang lebih sehat.

3. Menghilangakan Kerawat

Manfaat vampir facial selanjutnya adalah mampu menghilangkan jerawat. Perawatan kecantikan ini bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat.  Tak hanya itu, proses peremajaan kulit dan pergantiaan kulit yang baru, mampu menyamarkan bekas jerawat di wajah.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat vampir facial untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori besar memang bisa menjadi masalah wajah yang serius. Selain bisa lebih mudah menimbulkan jerawat dan komedo, pori-pori besar juga bisa membuat make up sulit untuk diaplikasikan pada wajah.

Tips Melakukan Vampir Facial Aman?

Vampir facial dipercaya aman karena tidak menimbulkan reaksi alergi. Treatment ini menggunakan darah Anda sendiri sehingga tubuh Anda tidak akan menolak perawatan tersebut. Meskipun aman, tentu ada beberapa hal yang harus diwaspadai sebelum melakukan perawatan wajah yang satu ini. Berikut adalah tips yang bisa diterapkan jika Anda ingin menjalani vampire facial ini!

1. Teliti Memilih Klinik Kecantikan

Tips pertama sebelum melakukan vampire facial adalah memilih klinik kecantikan yang tepat. Harga untuk vampir facial sangat beragam, namun sebaiknya Anda tidak tergiur dengan harga murah. Pastikan bahwa klinik kecantikan tersebut memiliki tenaga profesional yang telah tersertifikasi untuk menangani perawatan ini. Selain itu, pastikan juga bahwa alat yang digunakan untuk perawatan sudah steril dan terjaga kebersihannya.

2. Memastikan Kondisi Kesehatan

Tips sebelum melakukan vampir facial berikutnya adalah memastikan kondisi kesehatan Anda. Treatment ini menggunakan darah kita sendiri sebagai bahan utama, oleh karena itu Anda harus memastikan bahwa Anda tidak mempunyai gangguan atau kelainan pada darah. Jika Anda mempunyai kelainan darah, maka dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Selain itu, jika darah diambil pada saat imunitas tubuh sedang turun seperti pada saat sakit flu atau sedang menstruasi, tentunya growth factor yg terkandung di dalam darah kita fokus terpakai untuk proses penyembuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Sehingga pada saat darah diekstraksi untuk vampire facial, jumlah growth factor yang diharapkan sedikit dan tidak lagi maksimal.

3. Kenali Efek Samping dari Perawatan Ini

Mengetahui resiko dari perawatan kecantikan yang Anda pilih adalah hal yang sangat penting. Meskipun perawatan ini cukup aman, namun masing-masing jenis kulit setiap orang berbeda sehingga reaksi dan hasil yang ditimbulkan dari perawatan ini mungkin dapat berbeda. Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih perawatan kulit dan sebelum melakukannya cobalah untuk berkonsultasi. Perlu dipertimbangkan bahwa perawatan ini bukan perawatan yang murah.

Itulah sekilas informasi tentang vampir facial. Tertarik ingin melakukan treatment yang satu ini? Jangan lupa untuk memerhatikan beberapa tips yang sudah disebutkan di atas. Selama mencoba!

Baca juga: Perbedaan Wajah Breakout dan Purging yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply