image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat jahe untuk jerawat

Mau Bebas Jerawat? Yuk Cari Tahu Manfaat Jahe untuk Jerawat

Penggunaan bahan herbal sering dipilih karena aman untuk digunakan, dibandingkan bahan kima yang membutuhkan pengawasan dosis pemakaian. Bahan herbal ini bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat dan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berlubang ialah dengan memanfaatkan jahe.

Manfaat dan Kandungan Jahe

Jahe mempunyai segudang manfaat, baik sebagai bumbu rempah-rempah maupun sebagai bahan herbal. Tanaman ini sering dipakai pada masakan maupun minuman sebagai penambah rasa, dimana bisa memberikan rasa pedas yang unik. Jahe juga sering digunakan untuk mengobati bau badan.

Tanaman jahe mempunyai beberapa vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Selain itu, ada juga senyawa zingeron, gingerol, lemonin, shogaol, dan minyak atsiri. Kandungan pada jahe inilah yang memiliki manfaat untuk tubuh, termasuk kulit di wajah, yakni dalam menghilangkan jerawat.

Manfaat Jahe untuk Jerawat

Salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal yaitu dengan menggunakan jahe. Jahe terbukti secara ampuh bisa mencegah munculnya jerawat, mengatasi jerawat yang timbul, bahkan jerawat meradang. Lantas, bagaimanakah caranya jahe bermanfaat untuk kulit? Yuk simak ulasannya berikut ini:

  1. Kandungan minyak atsiri pada jahe, yakni zingiberana, zingiberol, bisabolena, kukumen gingerol, filandrena, dan resin pahit merupakan senyawa yang berperan dalam mencegah dan mengatasi jerawat.
  2. Apabila jerawat yang muncul sudah meradang, jahe juga terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan dan infeksi. Kandungan senyawa gingerol, shagaol dan enzim singiban pada jahe dapat meredakan peradangan, rasa gatal, serta meredakan sakit akibat peradangan.
  3. Jahe mengandung senyawa antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas akibat polusi udara, sehingga membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan mencegah infeksi bakteri jahat penyebab jerawat.
  4. Jahe bersifat anti bakteri dan anti septik, sehingga membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah.

Cara Memanfaatkan Jahe untuk Jerawat

Jahe bisa dikonsumsi sebagai bahan herbal dalam berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa cara yang cukup mudah dan bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Teh Jahe

manfaat jahe untuk jerawat

Minuman teh adalah salah satu minuman populer yang disukai banyak orang. Teh yang terbuat dari jahe bisa menjadi alternatif yang cukup mudah. Caranya cukup mudah yaitu:

  • Ambil jahe secukupnya, cuci sampai bersih.
  • Kupaslah jahe, lalu potong menjadi ukuran yang cukup kecil.
  • Masukkan potongan tersebut ke dalam teh anda.
  • Minuman teh jahe dapat anda minum setiap pagi hari secara teratur untuk manfaat maksimal.

Jika Anda memilih cara ini, tak disarankan untuk meminum dalam jumlah berlebihan sebab jahe yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, seperti gejala gastrointestinal seperti kembung dan bersendawa.

2. Masker Jahe

manfaat jahe untuk jerawat

Masker alami untuk wajah berjerawat merupakan salah satu alternatif perawatan dan pengobatan kulit yang mudah untuk dilakukan sehari-hari. Kebanyakan wanita biasanya menggemari penggunaan masker yang menyegarkan kulit. Untuk masker jahe, cara menyiapkannya ialah sebagai berikut:

  • Ambil jahe secukupnya, cuci hingga bersih.
  • Tumbuklah jahe hingga halus.
  • Sebelum pemakaian, jangan lupa untuk membersihkan wajah anda dengan menggunakan sabun atau milk clenaser, lalu keringkan dengan handuk.
  • Setelah kulit wajah kering, oleskan jahe yang telah ditumbuk ke bagian jerawat di wajah.Sambil dioleskan, pijat-pijatlah wajah dengan lembut.
  • Diamkan selama 30 menit, selanjutnya bilaslah wajah dengan air hangat. Kemudian, bilaslah kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.
  • Keringkan kembali wajah dengan menggunakan handuk.

Untuk hasil yang maksimal dalam mencegah jerawat muncul serta sebagai cara mengobati jerawat, gunakan masker jahe sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu secara rutin.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Manfaat Cuka Apel untuk Jerawat di Wajah

Leave a Reply