image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva mulia - Klinik eva mulia - Klinik kecantikan - Tips perawatan kulit - Tanning kulit - Kebanyakan orang melakukan tanning untuk mendapatkan warna kulit yang lebih gelap dan merata sempurna.

Tanning Kulit, Apakah Aman Untuk Kulit?

Eva muliaKlinik eva muliaKlinik kecantikan – Tips perawatan kulit – Tanning kulit Kebanyakan orang melakukan tanning untuk mendapatkan warna kulit yang lebih gelap dan merata sempurna. Tanning bisa dilakukan dengan dua cara, secara Indoor dan outdoor.

Tanning indoor biasanya dilakukan di salon khusus tanning menggunakan alat khusus, sedangkan tanning outdoor hampir sama dengan berjemur di bawah sinar matahari, dan terkadang dengan menggunakan lotion khusus agar warna yang dihasilkan lebih bagus dan merata.

Jenis-Jenis Tanning Kulit

Eva mulia - Klinik eva mulia - Klinik kecantikan - Tips perawatan kulit - Tanning kulit - Kebanyakan orang melakukan tanning untuk mendapatkan warna kulit yang lebih gelap dan merata sempurna.

Indoor Tanning

Seiring dengan perkembang teknologi, terciptalah sebuah alat khusus untuk menggelapkan warna kulit tanpa harus berjemur di bawah sinar matahari. Salah satu alat ini adalah tanning bed. Alat ini berbentuk seperti tempat tidur yang dilengkapi penutup. Tanning bed ini bekerja dengan cara melepas radiasi sinar UV. Tidak seperti sinar matahari, sinar UV yang diradiasikan pada tanning bed ini adalah sinar UVA. Tanning bed dipercaya lebih aman karena sinar UVA tidak bersifat membakar kulit seperti sinar UVB yang terdapat pada sinar matahari.

Namun, ternyata sinar UVA memiliki bahaya yang bisa masuk lebih dalam ke jaringan kulit jika dibandingkan dengan sinar UVB. Sinar UVA bisa merusak jaringan dan pembuluh darah pada kulit.

Eva mulia - Klinik eva mulia - Klinik kecantikan - Tips perawatan kulit - Tanning kulit - Kebanyakan orang melakukan tanning untuk mendapatkan warna kulit yang lebih gelap dan merata sempurna.

Outdoor Tanning

Beberapa orang senang malakukan berjemur di pinggir pantai untuk mendapatkan kulit kecokelatan. Meskipun sinar matahari baik untuk pembentukan vitamin D, namun berjemur terlalu lama dengan tujuan menggelapkan warna kulit bukanlah ide yang bagus. Meskipun Anda sudah menggunakan lotion ber-SPF dan berbagai jenis produk mengandung sunscreen, namun sinar ultraviolet yang ada dalam sinar matahari masih bisa merusak kulit. Sinar UV ini akan menstimulasi produksi pigmen sehingga membuat kulit lebih gelap.

Ada dua jenis sinar UV yakni sinar UVA dan sinar UVB. Secara spesifik, sinar UVA dapat bekerja menstimulasi sel pigmen di kulit untuk menggelapkan warna kulit, dan sinar UVB bisa menebalkan jaringan epidermis kulit dan menyebabkan kulit terbakar atau sunburn. Selain itu, outdoor training juga bisa meningkatkan risiko terhadap melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

Efek Tanning Kulit

Efek tanning, terutama indoor tanning,  tidak akan langsung terlihat setelah melakukan tanning. Tentu kulit akan berwarna lebih kecokelatan, dan jika dilakukan dalam jangka waktu lama bisa merusak penampilan kulit. Beberapa tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV yaitu:

  • Timbul bintik-bintik cokelat.
  • Timbul kerutan-kerutan halus dan tanda-tanda penuaan lain lebih cepat dari seharusnya karena sinar UVA yang merusak jaringan kulit hingga ke bagian dalam.
  • Tumbuhnya bisul, jerawat, atau ruam-ruam kasar pada kulit.
  • Terbakarnya kulit atau sunburn, yang diakibatkan oleh tingginya paparan sinar UVB.

Cara Melakukan Tanning Kulit yang Aman

Jika Anda ingin memiliki warna yang lebih eksotis pada kulit, cahaya matahari alami jauh lebih baik dibandingkan tanning bed di salon. Namun, yang perlu Anda ingat, jangan coba-coba berjemur di bawah sinar matahari tanpa menggunakan sunblock atau suncreen. Batasi pulaa waktu berjemur agar tak terlalu lama.

Untuk mengurangi efek tanning yang membahayakan bagi kesehatan, Anda bisa mencoba sunless tanning, yang tidak melibatkan sinar UVA maupun UVB. Biasanya Sunless tanning berupa produk-produk yang bisa menggelapkan warna kulit. Bentuknya berupa lotion, krim, dan spray yang diaplikasikan ke kulit sehingga menciptakan efek seperti sehabis tanning. 

Baca juga Antioksidan Alami Untuk Mencegah Penuaan atau Manfaat Beras Merah Dan Cara Membuat Maskernya.

1 Comment

Leave a Reply